Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Secara keseluruhan, sistem daya tahan tubuh (imun) kita melakukan tugas yang luar biasa dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme. Namun ada kalanya sistem tersebut gagal: microba berhasil menembus pertahanan tubuh dan membuat kita sakit.

Daya tahan tubuh adalah sebuah sistem –bukan proses tunggal,– yang berarti dipengaruhi oleh banyak faktor agar dapat berfungsi dengan baik. Lalu bisakah kita meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih kuat? Untuk itu dibutuhkan harmonisasi dan balance. Faktor gaya hidup seperti pola makan, olahraga, istirahat, stres, hingga suplemen yang masuk ke tubuh sangat mempengaruhi tingkat daya tahan tubuh.

Di bawah ini adalah beberapa faktor penting yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

Olahraga teratur
Olahraga merupakan salah satu aspek yang penting dari hidup sehat. Olahraga dengan teratur membantu Anda untuk dapat menjaga berat badan yang ideal, menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan kesehatan jantung. Aktivitas fisik membantu sel-sel darah putih dan antibodi untuk bergerak dengan lebih cepat ke seluruh tubuh, seperti meningkatkan laju sirkulasi darah. Ini juga akan membantu menghilangkan bakteri dan mikroba penyebab penyakit. Olahraga dapat meningkatkan tingkat suhu tubuh yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan patogen merugikan.


Pola makan seimbang
Makanan yang kaya akan vitamin E, vitamin C, bioflavonoid, zinc, karotenoid, selenium, dan asam lemak omega 3, merupakan penguat sistem kekebalan tubuh yang efektif. Tetapi beberapa vitamin dan mineral dapat diserap ke dalam tubuh, hanya dengan dibantu oleh nutrisi lainnya. Vitamin C yang sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh, membutuhkan bantuan kalsium dan magnesium untuk penyerapan. Berikut di bawah ini adalah beberapa daftar makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

  • Buah-buahan

Anggur, apple, jambu, pepaya, kiwi, stroberi, melon, orange, nanas, anggur, stroberi, buah merah, dan alpukat.

  • Sayuran

Kubis, wortel, paprika, bayam, brokoli, ketumbar, bawang merah dan putih, jahe, tomat, jamur, dan asparagus.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

  • Makanan pendukung

Kacang-kacangan, sereal, teh hijau, biji-bijian, daging tanpa lemak – ayam dan kalkun, minyak zaitun, ginseng, madu, lada, dan kunyit.

Yang wajib dihindari

Dehidrasi
Minum banyak air sangat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Air diperlukan untuk memproduksi getah bening, yang akan membawa sel darah putih dan sel-sel tubuh yang lain ke seluruh tubuh. Hal ini juga membantu dalam mengoksidasi darah, sehingga meningkatkan efisiensi sel-sel tubuh.

Merokok
Hal ini adalah salah satu kebiasaan tidak sehat yang dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai organ dan sistem tubuh. Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga tidak luput dari dampak buruknya. Merokok akan membuat sistem kekebalan tubuh melemah dan mengakibatkan tubuh menjadi rentan terhadap infeksi.

Kurang tidur
Kurang tidur dapat dikaitkan dengan penekanan pada sistem kekebalan tubuh. Dapat diamati bahwa orang yang tidak mendapatkan tidur dengan cukup lebih rentan terhadap infeksi, bakteri dan virus. Kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi terhadap mikroba juga menurun. Maka itu cobalah untuk berusaha mendapatkan waktu tidur yang cukup setidaknya 7-8 jam setiap hari.

Makanan cepat saji
Produk makanan cepat saji akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh secara negatif. Tingkat lemak yang tinggi menekan sistem tubuh. Kelebihan gula dapat menghalangi proses fagositosis, di mana sel-sel darah putih bertugas untuk menghancurkan bakteri dan virus.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tikus, kondisi stres dapat mempengaruhi produksi antibodi terhadap infeksi virus. Tikus yang mengalami stres mental memiliki umur lebih pendek, bila dibandingkan dengan tikus yang mengalami stres fisik. Dapat disimpulkan bahwa stres dapat berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh. Berolahraga merupakan cara terbaik untuk menghilangkan stres, bahkan menari dan menyanyi mampu mengalahkan stres sampai batas tertentu. Menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan Anda juga merupakan cara efektif untuk mengatasi stres.

Untuk dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Anda harus menerapkan pola makan yang seimbang, gaya hidup sehat, dan selalu menjaga kebersihan. Selain itu, tes kesehatan rutin juga akan membantu untuk dapat memantau tingkat kesehatan.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*