Tips Mencegah Keropos Tulang

Tips Mencegah Keropos Tulang

Tulang keropos atau pengeroposan tulang ( osteoporosis ) adalah salah satu penyakit yang perlu di waspadai oleh para orangtua. Faktor usia memang menjadi penyebab utama terjadinya pengeroposan pada tulang . Namun, di zaman sekarang ini osteoporosis tidak hanya menyerang kalangan lansia akan tetapi juga pada kalangan orang – orang yang masih sangat muda . Ini disebabkan karena pola hidup dan pola makan yang tidak teratur yang akan mempengaruhi sel – sel tubuh terutama tulang yang menjadi tombak tubuh manusia.

Tulang merupakan salah satu organ terpenting manusia,oleh karena itu kita harus benar-benar menjaga dan mempelihara kesehatannya.Memiliki tulang yang kuat dan tidak keropos merupakan investasi yang penting di kemudian hari. Tulang keropos dan jalan terlihat bungkuk merupakan salah satu akibat dari kurang menjaga dan mempelihara kesehatan tulang. Kesehatan tulang sangat penting dijaga karena tulang merupakan organ penopang tubuh manusia. Dan tulang bisa dikatakan sebagi organ vital manusia.

Nah pertanyaannya,bagaimana kita menjaga kesehatan tulang kita..?? Berikut adalah 5 Tips Menjaga Tulang Agar Tidak Keropos

1. Memakan makanan yang banyak mengandung kalsium
Cara pertama untuk menjaga tulang agar tidak keropos adalah Memakan makanan yang banyakmengandung kalsium.Memang kalsium merupakan unsur utama untuk menjaga tulang yang kuat. Setiap orang dianjurkan mengkonsumsi 1000 atau 1200 mg kalsium perhari. Kalsium bisa didapatkan dari sayuran hijau gelap, yogurt, keju atau macam-macam makanan yang mengandung keju, susu dan segala produknya, ikan sarden dan ikan lain yang biasanya dapat dimakan bersama tulangnya, sereal, jus jeruk, kedelai dan segala produknya, dan roti yang mengandung biji-bijian.

2. Mencukupi kebutuhan Vitamin D
Cara selanjutnya untuk menjaga tulang agar tidak keropos adalah Mencukupi kebutuhan Vitamin D.Untuk mendapatkan vitamin D, cukup melaui paparan sinar matahari selama 10 sampai 20 menit. Jika kesulitan untuk keluar rumah, bisa mendapatkan vitamin D dari ikan berminyak seperti salmon dan tuna, minyak ikan kod dan sari jeruk.

3. Memiliki Gaya Hidup Aktif dan Mobile
Cara selanjutnya untuk menjaga tulang agar tidak keropos adalah Memiliki Gaya hidup aktif.Beberapa olahraga yang dianjurkan seperti latihan beban, jalan cepat, menaiki tangga, yoga, menari dan olahraga raket. Hanya 30 sampai 45 menit dari salah satu kegiatan di atas akan memenuhi kebutuhan latihan harian kita.

4. Mengetahui Tingkat Risiko Osteoporosis
Cara berikutnya untuk menjaga tulang agar tidak keropos adalah Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati Dengan Mengetahui Tingkat Risiko Untuk Osteoporosis Kita dianjurkan untuk menyelidiki sejarah keluarga yang pernah mengalami patah tulang karena keropos atau osteoporosis. Atau dapat melakukan bone scan untuk mengetahui kesehatan tulang.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

5. Buang Kebiasaan Buruk
Cara yang terakhir untuk menjaga tulang agar tidak keropos adalah mem buang Kebiasaan Buruk.Cobalah untuk menghindari merokok dan minum alkohol serta batasi asupan kopi menjadi 2 cangkir sehari karena berbahaya bagi kepadatan tulang. Tulang melakukan regenarasi dan mencapai puncak massa tulang sekitar 30 tahun. Seusai itu, tulang menjadi lebih tipis dan rapuh tanpa gizi yang cukup dan olahraga teratur. Tidak peduli berapa usianya, orang seharusnya aktif menjaga tulang jika ingin tetap aktif sampai esok.

Untuk mengetahui apakah kita terkena osteoporosis atau tidak, kita kenali gejala – gejala yang biasa terjadi pada penderita tulang keropos/ osteoporosis :
  1. sering merasa sakit pada punggung dan pinggang
  2. kehilangan tinggi badan anda
  3. Terjadi kelainan pada bentuk tulang belakang seperti kyphosis (badan mulai bungkuk)
  4. Postur kaki mulai membengkok biasanya berbentuk seperti O
Osteoporosis dapat terjadi pada setiap tulang Anda , tetapi yang paling umum di pergelangan tangan, pinggul, dan tulang belakang , juga disebut tulang belakang anda .

Makanan Terbaik untuk Mencegah Pengeroposan Tulang

1.Produk susu. Yang pertama adalah produk susu. Sudah menjadi rahasia umum jika produk susu merupakan sumber kalsium terbaik yang sangat baik dikonsumsi untuk mencegah pengeroposan tulang. Beberapa produk susu yang kaya akan kalsium adalah keju, susu, yoghurt dan masih banyak lagi.

2. Seral. Yang kedua adalah seral. Kandungan serat yang ada dalam seral dibutuhkan oleh tubuh untuk membentu proses pencernaan dalam tubuh. Namun tak hanya kaya akan serat, seral juga sumber magnesium dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

3. Telur. Makanan pencegah pengeroposan tulang berikutnya adalah telur. Tak hanya kaya akan kasium, telur juga mengandung vitamin B6, B12 dan juga asam folat yang baik untuk  mencegah pengeroposan tulang. Tak hanya itu saja, telur juga merupakan makanan pembentuk otot tubuh terbaik.

4. Sayuran hijau. Tips mencegah tulang keropos selanjutnya adalah dengan mengonsumsi sayuran hijau. Hampir setiap orang tahu jika sayuran merupakan makanan terbaik untuk menjaga kesehatan. pakar gizi menganjurkan untuk mengonsumsi sayuran hijau dengan takaran yang tepat dalam setiap harinya. Selain berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan sawi kaya akan zat besi serta kalsium yang dapat membantu untuk menjaga tulang dan gigi agar tetap kuat.

5. Hati sapi. Selain dapat diolah menjadi menu masakan yang lezat, hati sapi juga dikenal sebagai sumber vitamin A terbaik dengan konsentrasi yang tinggi. Akan tetapi tak hanya itu saja, hati sapi juga kaya akan mineral, seperti tembaga, zat besi, zink, selenium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang. Kandungan zat besi dalam hati sapi juga dapat mencegah anemia.

6. Kacang-kacangan. Umumnya ada beberapa jenis kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi setiap manusia dan hampir jenis kacang memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. misalnya saja kacang kenari, jenis kacang yang satu ini mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kecerdasan otak atau kacang almond dan kacang kacang tanah yang kaya akan kalsium. Kandungan kalsium dalam kacang tersebut dapat mencukupi kebutuhan kalsium harian Anda.

Nah itulah beberapa tips mencegah tulang keropos lengkap dengan makanan terbaik yang harus dikonsumsi.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*