Tips Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah

Tips Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah

Kulit kering pada wajah biasanya terjadi pada orang-orang yang bermasalah pada kelenjar minyak yang ada di wajah. Hal ini bisa terjadi karena adanya faktor genetik, iklim cuaca, usia maupun penyebab lainya. Sehingga pada akhirnya produksi minyak tidak maksimal dan mengakibatkan wajah kering. Ada salah satu tips yang efektif yaitu mengatasi kulit wajah kering secara alami dengan bahan tradisional. Selain murah dan aman, penggunaan bahan alami dapat mengurangi efek samping berbahaya yang ditimbulkan oleh produk berbahan kimia, seperti kulit wajah bersisik atau lainya.

Kulit wajah yang kering ini terjadi karena produksi minyak di wajah berkurang, karena minyaknya berkurang wajah menjadi terasa kering dan kasar. Selain karena cuaca yang ekstrim, kulit ajah yang kering bisa juga disebabkan karena kesalahan pemakaian produk kecantikan, terlebih jika Anda menginginkan wajah yang putih dalam waktu yang singkat, sehingga membuat Anda memilih untuk menggunakan krim pemutih wajah. Anda harus berhati-hati kalau memilih krim pemutih wajah, karena tidak semua krim pemutih yang beredar di pasaran aman dan terjamin di BPOM. Krim wajah berbahaya yang mengandung merkuri dan hydroquinon dapat merusak kulit wajah itu sendiri. Alih-alih mendapatkan wajah yang putih dan merona, wajah justru akan rusak oleh karena krim berbahaya ini.

Bagi anda yang memiliki masalah dengan kulit wajah yang kering, cara mengatasinya sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Hal ini tergantung dari bagaimana cara anda membersihkan dan merawat wajah saja.

Akan tetapi sebelum kita melangkah lebih jauh, tahukah Anda apa itu kulit kering?Apakah wajah Anda termasuk wajah dengan tipe kulit kering?
Jika kulit Anda kering pada musim-musim tertentu seperti musim hujan yang udaranya sangat dingin. Atau, pada musim panas ketika malam hari kulit berubah menjadi kering karena udara. Hal tersebut bukan termasuk jenis kulit kering.
Untuk mengetahuinya ada baiknya anda menyimak beberapa ciri-ciri kulit kering berikut ini.

  1. Kulit wajah kasar kusam dan biasanya sedikit bersisik
  2. Pori-pori sangat kecil, hampir tidak terlihat
  3. Banyak terdapat garis-garis halus atau kerutan yang sangat tipis
  4. Kulit terus sering terkelupas karena berbagai hal, misalnya sehabis mandi atau setelah menggunakan sabun pencuci muka.
  5. Seringkali terasa gatal karena iritasi
  6. Banyak terdapat bercak warna merah dan radang pada kulit wajah

Setelah Anda mengetahui ciri-ciri kulit kering. Kini Anda bisa mengidentifikasi jenis kulit yang Anda miliki, apakah kulit wajah Anda termasuk jenis kulit kering atau bukan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit menjadi kering di antaranya adalah faktor keturunan. Faktor keturunan adalah faktor paling umum penyebab kulit wajah kering. Sama halnya seperti warna rambut dan warna mata kulit juga merupakan warisan genetik yang kita wariskan dari orang tua. Jika anda memiliki orang tua yang memiliki kulit wajah kering maka kemungkinan Anda pun akan memiliki kulit wajah kering. Kulit wajah yang kering tidak memiliki sebum atau minyak alami. Kulit jenis ini juga tidak mampu menahan air untuk memberikannya kelembaban. Hal ini disebabkan oleh lapisan terluar kulit yang tidak seimbang atau rusak, serta tidak adanya lemak yang dapat menahan air.
Berikut adalah 5 tips cara efektif untuk mengatasi kulit kering

  1. Hindari pemakaian sabun-sabun berikut ini
    1. Sabun yang mengandung terlalu banyak busa atau detergen
    2. Sabun yang keras, seperti sabun sulfur atau antiseptik
    3. Sabun yang banyak mengandung alkohol, pewangi atau parfum buatan, pewarna dan pengawet

Semua itu dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Hal tersebut karena sabun yang banyak mengandung bahan-bahan yang telah disebutkan diatas dapat mengikis minyak dari wajah. Yang paling berbahaya adalah sabun yang mengandung banyak detergen, detergen dapat menyebabkan kulit mengalami iritasi.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

  1. Saat Anda mencuci wajah, ada baiknya Anda menggunakan air hangat. Hal ini dimaksudkan untuk merangsang produksi minyak pada wajah.
  2. Lindungi wajah Anda dari paparan langsung sinar matahari. Sinar matahari yang panas dapat menyebabkan bagian terluar kulit menjadi rusak dan kering.
  3. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak. Memakan makanan yang banyak mengandung asam lemak seperti:
    1. Ikan
    2. Kenari
    3. Serta makanan makanan yang banyak mengandung omega-3, dapat membantu asupan nutrisi bagi kulit,untuk memberikannya kelembapan.
  4. Manfaatkan masker alami

Lakukan langkah-langkah untuk mengatasi kulit wajah kering dan bersisik secara alami di bawah ini!

Air Putih yang Cukup
Terkesan sepele memang, namun air putih benar-benar dapat berperan besar dalam memperoleh kulit yang lembab dan halus secara alami. Air putih dapat memperlancar sistem tubuh Anda dan memperlancar distribusi nutrisi yang didapatkan oleh tubuh Anda pada kulit bagian wajah Anda. Air putih pun dapat memastikan tubuh Anda terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan, sehingga pembentukan kolagen yang bergantung pada hal tersebut dapat berjalan dengan lancar. Kolagen sendiri adalah salah satu komponen pada kulit yang menentukan elastisitas dan kelembaban pada kulit. Penting sekali kan perannya?

Manfaatkan Jeruk Nipis
Memang banyak sekali khasiat dari jeruk nipis. Selain sangat berkhasiat untuk jenis kulit yang berminyak, jeruk nipis pun menyimpan khasiat yang besar untuk jenis kulit yang kering dan bersisik. Jeruk nipis dapat berperan sebagai peeling atau pengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah Anda. Jeruk nipis pun dapat menghaluskan kulit wajah Anda, sehingga garis halus dan kekeringan yang melanda kulit wajah Anda pun dapat hilang dengan jeruk nipis. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan jeruk nipis, salah satunya adalah dengan mengoleskan air perasan jeruk nipis langsung pada seluruh permukaan kulit wajah Anda.

Manfaatkan Minyak Zaitun
Selain jeruk nipis, Anda juga dapat memanfaatkan bahan alami lainnya untuk melembabkan dan menghaluskan kulit kering serta bersisik Anda. Langkah mengatasi kulit wajah kering dan bersisik dengan minyak zaitun yang satu ini cukup mudah, yakni dengan mengoleskan minyak zaitun secukupnya pada seluruh permukaan wajah Anda sambil dipijat-pijat lembut. Pijatan ini juga dapat berperan untuk memperlancar peredaran darah pada bagian wajah Anda, sehingga nutrisi pun dapat terdistribusi dengan baik dan kulit menjadi lebih lembab. Minyak zaitun yang memiliki kandungan pelembab tinggi sangat cocok untuk Anda gunakan sebagai penutrisi alami kulit kering dan bersisik Anda.

Mengaplikasikan Pelembab
Cara yang satu ini memang bukan merupakan cara yang alami, namun besar juga peranannya untuk menghasilkan kulit yang lembab dan halus. Pelembab berbentuk lotion atau body butter dapat dengan cepat dan langsung memberikan nutrisi serta pelembab pada kulit Anda. Kulit Anda pun dapat terasa halus dan lembut dalam waktu yang singkat setelah pemakaian produk lotion.

Namun ingat, selalu perhatikan kandungan apa saja yang dimiliki oleh produk pelembab tersebut. Sesuaikan bahan atau kandungan lotion dengan kondisi kulit wajah Anda yang kering.  Pastikan Anda selalu menggunakan pelembab sehabis mandi atau mencuci wajah, karena terkenanya sabun pada kulit dapat menyebabkan kulit kering. Oh iya, gunakan juga lotion pada bagian kulit lain, terutama yang sering terpapar oleh sinar matahari.

Anda dapat mengaplikasikan langkah-langkah mengatasi kulit wajah kering dan bersisik dengan cepat tadi dengan mudah di rumah. Untuk poin memanfaatkan bahan alami tadi, Anda juga dapat mencoba bahan lainnya yang tak kalah kaya nutrisi seperti mentimun, lidah buaya, atau alpukat.
Bahan masker haruslah bahan alami yang banyak mengandung air dan dapat melembabkan kulit.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*