Obat Sariawan Bayi Aman dan Alami

Obat Sariawan Bayi Aman dan Alami

Mungkin Anda pernah punya pengalaman saat si kecil menolak makanan. Atau bahkan tidak mau makan sama sekali padahal biasanya lahap. Ini bisa terjadi karena anak tidak suka dengan makanan yang disuguhkan atau bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Bisa juga karena ada faktor lain yang membuat nafsu makan anak Anda hilang.  Untuk mengetahuinya, coba buka mulut si kecil dan perhatikan apakah ada bulatan berwarna putih atau kuning di gusi, bagian dalam bibir atau pipinya. Jika ada, bisa jadi itu sariawan.

Obat Sariawan Bayi Aman dan Alami

Penyakit sariawan atau disebut juga bayi gom bukan saja bisa menyerang orang dewasa namun ternyata sariawan juga dapat menyerang bayi. Mengapa bisa terjadi demikian padahal kondisi sang bayi masih mengkonsumsi ASI dari sang bunda yang tentu keberadaan dari nutrisi ASI itu sendiri bisa mencegah sariawan pada balita ? nah yang bisa mengakibatkan terjadinya sariawan pada bayi karena sang ibu kurang bisa menjaga kebersihan, sebab bisa terjadi sariawan karena tumbuhnya jamur jenis candida albicans lewat puting susu ibu.

Oleh sebab kondisi bayi masih sangat sensitive karena daya tahan mereka yang masih lemah untuk itu sebaiknya bagi para ibu supaya berhati-hati dalam memberikan ASi terhadap putra-putrinya terutama menyangkut dalam masalah kebersihan ketika mau memberikan asupan ASI mereka.
Ketika si kecil lagi rewel karena terkena sariawan maka yang di buat repot juga sang ibu, kondisi demikian si anak biasanya sulit untuk menelan air susu, ataupun asupan makanan lainya sehingga bayi akan lebih cenderung menangis dan rewel.

Penyebab Sariawan Pada Bayi

Sariawan sebenarnya jarang terjadi pada bayi, khususnya bayi berusia 10 bulan ke bawah. Namun tidak menutup kemungkinan bayi Anda mengalaminya. Meski penyebabnya belum bisa dipastikan, namun ada beberapa hal yang mungkin menjadi pemicu timbulnya sariawan pada bayi di antaranya:

  • Trauma pada mulut. Trauma bisa terjadi akibat si kecil tidak sengaja mengigit lidah atau bagian dalam bibirnya. Gigitan itu kemudian bisa berubah menjadi sariawan.
  • Alergi makanan.
  • Terlalu banyak mengonsumsi buah-buah yang asam seperti jeruk dan  tomat.
  • Kekurangan vitamin tertentu seperti asam folat, zinc, dan B12.
  • Terinfeksi virus.
  • Keturunan.

Obat Sariawan Untuk Bayi
Ada beberapa obat sariawan untuk bayi yang aman digunakan dan justru disarankan oleh banyak tenaga kesehatan. Namun sebagian besar ibu masih belum mengetahuinya karena minimnya informasi dan jarangnya pembahasan seputar hal ini di internet. Obat-obat yang tergolong alami tersebut antara lain yogurt, pisang madu, minyak kelapa (VCO), baking soda, air kelapa, dan air garam.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

1. Yogurt

Obat sariawan untuk bayi yang pertama adalah yogurt. Anda dapat menggunakan bahan ini sebagai obat luar maupun obat dalam. Untuk bayi berusia > 10 bulan, yogurt aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan diare, sehingga Anda bisa memberikannya pada bayi Anda. Sedangkan untuk bayi yang berusia < 10 bulan, Anda sebaiknya menggunakan yogurt sebagai pengendali populasi jamur Candida penyebab sariawan dengan cara menempelkannya pada bagian bibir yang sariawan menggunakan kapas butih. Obat Tradisional Sariawan Untuk Bayi

 2. Pisang dan Madu

Untuk mengatasi sariawan pada bayi, Anda juga dapat menggunakan pisang dan madu sebagai obatnya. Obat sariawan untuk bayi yang satu ini selain aman, juga cukup mudah dibuat. Lumatkan pisang matang dan campurkan madu secukupnya sehingga bertekstur seperti pasta. Oleskan pasta tersebut tepat di sekitar bagian yang terserang sariawan. Ulangi pemberian pasta ini 2 kali sehari hingga sariawan si bayi mulai mengering.

 3. Minyak Kelapa atau VCO

Minyak kelapa dan VCO mengandung asam kaprilat, suatu asam yang membantu melawan infeksi jamur penyebab sariawan. Anda bisa menggunakan bahan satu ini sebagai obat sariawan untuk bayi Anda dengan cara menerapkannya ke daerah bibir yang terserang menggunakan kapas bersih. Anda juga dapat mengoleskan minyak kelapa atau VCO pada puting sebelum menyusui bayi. Obat Alami Sariawan Untuk Bayi

 4. Air Kelapa

Air kelapa juga mengandung asam kaprilat. Oleh karena itu, jika sariawan terjadi pada bayi yang usianya di atas 6 bulan, Anda juga dapat mencoba memanfaatkan kandungan ini. Air kelapa sudah dikenal sebagai obat mujarab untuk panas dalam dan sariawan. Minumkan beberapa sendok air kelapa untuk membantu mengatasi sariawan pada bayi Anda.

 5. Baking Soda

Baking soda bersifat basa. Sifat ini sangat tidak disukai jamur Candida si penyebab sariawan. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan sifat ini sebagai pengusir sariawan pada bayi Anda. Meski akan menimbulkan rasa perih pada bayi, namun pengobatan sariawan menggunakan baking soda sudah terbukti ampuh dan sayang jika disia-siakan. Cara penggunaan obat sariawan untuk bayi satu ini cukup mudah. Anda bisa melekatkan pasta soda (dibuat dengan mencampurkan 1 sendok pasta dengan air secukupnya), kemudian melekatkannya pada puting sebelum menyusu. Menggunakan kapas bersih untuk membantu melekatkan pasta pada sariawan bayi juga dapat dilakukan jika bayi masih enggan menyusu.

 6. Air Garam

Jamur Candida tidak menyukai kondisi salinitas yang tinggi. Sifat ini dapat Anda gunakan untuk mengatasi sariawan pada bayi. Caranya yaitu dengan meningkatkan salinitas daerah sekitar sariawan menggunakan air garam. Ambil kapas putih, celupkan pada air garam, kemudian lekatkan pada bibir atau rongga mulut bayi yang terserang sariawan. Lakukan 3 kali sehari sehabis mandi dan lihatlah perubahannya.

Nah demikianlah beberapa obat tradisional sariawan yang aman digunakan untuk bayi. Saat menerapkan beberapa cara pengobatan di atas, bayi Anda mungkin akan menangis karena rasa perih yang ditimbulkannya. Namun, Anda tak usah khawatir. Tangisannya akan terhenti dalam beberapa saat seperti halnya jamur penyebab sariawan yang ikut mati.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*