Menu Makanan Bayi Usia 7 Bulan

Menu Makanan Bayi Usia 7 Bulan

Pada usia 7 bulan bayi sudah tumbuh gigi depan (seri) berfungsi untuk memotong makanan. Walaupun sudah memiliki gigi, bukan berarti si kecil sudah mampu melumat makanan selayaknya kita, oleh karena itu tekstur makanan yang diberikan harus halus dan mudah ditelan seperti saat dia masih berusia 6 bulan. Begitu juga dengan jadwal makan, masih tetap sama dengan anak 6 bulan, bedanya hanya terletak pada jumlah yang diberikan. Dimana semakin bertambahnya usia maka kapasitas lambung akan semakin besar, aktivitasnya juga semakin banyak oleh karena itu jumlah makanan yang diberikan juga harus ditambah secara bertahap.

Pada perkembangan usia 7 bulan, bayi Anda sudah dapat mengembangankan gerakan-gerakan ringan, seperti menggerakan badan untuk meraih benda-benda yang didekatkan kepadanya. Selain itu perubahan secara fisik ditandai dengan adanya pertumbuhan gigi (meskipun tidak menutup kemungkinan bayi Anda tumbuh gigi pada usia lebih awal atau tertinggal), pertumbuhan yang semakin pesat diusia 7 bulan membuat Anda berhati-hati agar perkembangan bayi Anda tidak terganggu, termasuk dengan menjauhkan benda-benda yang berbahaya di dekat bayi Anda. Hal yang tak kalah penting adalah pada usia 7 bulan bayi Anda sudah mendapatkan MPASI, makanan bayi pendamping Asi yang tepat akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan sesuai masa perkembangan bayi Anda.

Nutrisi yang Dibutuhkan Usia Bayi 7 Bulan

Pada usia bayi 7 bulan tidak jauh berbeda dengan nutrisi yang dibutuhkan pada usia sebelumnya, pada usia 7 bulan bayi membutuhkan nutrisi yang dapat memberikan pertumbuhan baik bagi bayi Anda. Berikut Nutrisi yang dibutuhkan pada usia 7 bulan :

1. Vitamin
Vitamin yang dibutuhkan bayi dapat terpenuhi dari sayuran dan buah-buahan. Vitamin yang didapatkan dari sayur dan buah adalah vitamin C,K,E dan B . Selain itu kandungan sumber hewani akan memberikan vitamin A, D, B12 dan B6 yang berasal dari hati dan susu.

2.   Karbohidrat
Selain diberikan ASI, makanan pendamping adalah salah satu cara untuk mendapatkan karbohidrat sehingga menghasilkan energi. Anda dapat memberikan karbohidrat kompleks dalam bentuk bubur atau tim saring dengan porsi yang sesuai sehingga tidak mengakibatkan gangguan kesehatan, obesitas.

3.  Mineral
Mineral yang dibutuhkan pada usia 7 bulan adalah zat besi untuk membangun hemoglobin di dalam tubuh, kalsium yang berperan dalam meningkatan pertumbuhan tulang dan gigi,kromium adalah nutrisi yang membantu proses metabolisme insulin di dalam darah.

4. Lemak Sehat
Kandungan lemak sehat yang terdapat pada ikan dan buah alpukat merupakan kebutuhan bagi bayi Anda di usia 7 bulan, dengan asupan lemak sehat sesuai porsi yang dibutuhkan bayi Anda maka akan membantu dalam penyerapan vitamin, seperti vitamin D,A,K dan E.

Jadwal makan bayi 7 bulan sebagai berikut:


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

  1. Pagi hari setelah selesai mandi dan berjemur sebentar bayi diberi ASI,  15 – 30 menit setelah itu beri makan bayi sebanyak 3 – 5 sendok makan. Sebaiknya sebelum makan diberi ASI (susu) terlebih dahulu.
  2. Siang hari setelah bayi bagun dari tidur siang beri sari buah / pisang / pepaya / jeruk yang kulit arinya sudah dibuang. Setelah selesai makan buah ajarkan dia menggenggam biskuit sendiri sebagai makanan selingan.
  3. Sore hari setelah mandi, susui bayi baru diberi makan sebanyak 3 – 5 sendok juga. Kalau kami sering memberi makan anak sebelum mandi, alasannya karena biasanya bayi akan kotor (belepotan) setelah diberi makan, dan setelah mandi kami hanya memberi cemilan berupa biskuit bayi.
  4. Di malam hari biarkan bayi menyusu sepuasnya.
Adapun menu dan resep makan bayi 7 bulan:
  1. ASI masih tetap sebagai makanan utama
  2. Bubur susu.
  3. Nasi tim, Nasi + lauk pauk + sayur ditanak lunak secara bersamaan, jika teksturnya cukup lunak bisa diberi langsung namun jika teksturnya agak kering maka sebaiknya digiling terlebih dahulu sebelum diberi pada bayi.
  4. Makanan selingan; sari buah, potongan pisang/ pepaya dan beerbagai jenis biskuit bayi.
Biasakan variasi lauk pauk dan sayuran setiap kali membuat nasi tim, selain itu sebaiknya diberi dalam keadaan segar (masakan baru). Beberapa jenis lauk sumber protein untuk bayi 7 bulan;
  • Ikan tuna, mengandung protein tinggi sangat disukai bayi karena tekstur dagingnya yang lembut. Bisa disup atau digoreng dengan sedikit minyak.
  • Daging sapi dan ayam sebaiknya dilumatkan, karena tektur serat dagingnya agak sulit ditelan anak.
  • Telur, direbus atau dioseng-oseng. Jika direbus sebaiknya dilumatkan dulu.
  • Tahu disup dapat langsung diberikan pada bayi.
  • Tembe disup tapi harus dilumatkan juga agar mudah ditelan anak.
Jenis sayuran yang cocok untuk bayi 7 bulan:
  • Bayam, dapat langsung ditanak bersama nasi tim. Sayur bayam sangat cocok untuk bayi selain mudah dilunakkna juga sangat bergizi.
  • Wortel, sama halnya dengan bayam.
  • Semua jenis sawi, sebaiknya dicincang halus sebelum ditanak bersama nasi tim karena serat sawi sulit dimasak hingga lunak.
  • Jipang, sama halnya dengan wortel dan bayam.
  • Brokoli dan kol bunga, mudah dimasak hingga lunak.

Resep Menu Bagi  Bayi Usia 7 Bulan

Perlu dibatasi kalau bisa dihindari penambahan garam dan gula pada usia 7 bulan,  sehingga tidak memperberat kerja liver, ginjal dan pankreas bayi Anda. Kebutuhan garam sudah terpenuhi dari ASI, maka dari itu sangat tidak dianjurkan. Mungkin Anda berpikir rasa dari menu yang anda berikan pada bayi anda terasa hambar, akan tetapi respon yang diberikan oleh bayi anda berbeda. Karena langit-langitnya belum berkembang sempurna sehingga rasa asin belum dapat direspon oleh lidahnya.

1.  Bubur Buah Alpukat
Bahan

  1. 1 sdm tepung beras (disarankan beras merah)
  2. 10 ml air minum
  3. 50 gram buah alpukat matang yang dihaluskan

Cara Membuat:

  1. Masukan tepung beras merah ke dalam air aduk hingga rata. Gunakan api sedang, aduk agar tidak menggumpal.
  2. Kemudiam masukan alpukat pepaya sejenak, kemudian aduk-aduk hingga asapnya hilang
  3. Disajikan hangat-hangat.

2.  Menu Nasi Tim Saring Hati Ayam
Bahan :

  1. 20 gram beras putih
  2. 25 gram hati ayam
  3. 25 gram tempe
  4. 50 gram labu kuning
  5. 25 gram tomat
  6. air secukupnya

Cara Membuat :

  1. Campurkan beras dengan air, hati ayam dan tempe. Rebus dan aduk hingga menjadi bubur.
  2. Kemudian masukan labu kuning dan tomat hingga matang, setelah dingin anda dapat menghaluskan menggunakan blender atau saringan kawat.

Itulah beberapa tips menu makanan untuk bayi berusia 7 bulan. selamat mencoba…!!!


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*