Manfaat Tanaman Bungur untuk Mengobati Kolesterol

Manfaat Tanaman Bungur untuk Mengobati Kolesterol

Jangan anggap sepele kolesterol yang Anda derita. Badan kesehatan dunia (WHO) menyatakan bahwa penyakit kolesterol menyumbang pada 20 persen insiden stroke dan 50 persen insiden penyakit jantung. Ketua AMA Therapeutics Committee, Dr. John Gullota, menyebutkan bahwa jalan paling baik untuk turunkan kolesterol baiknya dikerjakan dengan cara alami, umpamanya dengan mengaplikasikan pola makan serta gerak yang baik, atau mungkin dengan konsumsi herbal spesifik yang berbentuk antikolesterol, seperti tanaman Bungur.

Manfaat Tanaman Bungur untuk Mengobati Kolesterol

Tanaman bungur sangat mudah ditemukan diketinggian sampai 800m dari permukaan air laut, selain itu tanaman bungur dapat tumbuh dimana saja bahkan daerah yang kondisi tanahnya gersang sekalipun. Tinggi pohon bungur sekitar 10 meter, batangnya bulat bercabang dibagian pangkal, daunnya tunggal, mempunyai tangkai yang pendek serta helainnya berbentuk lonjong tebal sekitar 9-28cm serta lebarnya 4-12 cm.Bunga dari tanaman bungur mempunyai sifat majemuk, berwarna ungu serta keluar dari ketiak daun, bentuk buahnya seperti bola hingga bulat memanjang.

Daun bungur kaya senyawa alkaloid, saponin, dan fenol. Senyawa fenol dalam tanaman berupa flavonoid dan tanin. Sebuah riset menyebutkan bahwa tanin, cukup besar perannya dalam aktivitas biologis dari daun bungur. Tanin diketahui memacu metabolisme glukosa dan lemak, sehingga timbunan kedua sumber kalori ini dalam darah dapat dihindari. Artinya kolesterol dan gula darah turun.


Asam fenolat, antosianin, fenilpropanoid, falvonoid, falvon, xanton, stilbensen, dan kuinon. Diduga senyawa-senyawa ini juga berperan dalam metablisme glukosa dan lemak.

 

Manfaat Bungur untuk Kolesterol 
Nyaris seluruhnya sisi dari tanaman itu, yaitu biji, kulit kayu, serta daunnya, bisa dipakai untuk penyembuhan bermacam penyakit. Bijinya umpamanya, bisa dipakai untuk turunkan kandungan tekanan darah. 
 
Sedang, kulit tanaman Bungur bisa dipakai untuk penyembuhan disentri, diare, serta pula kencing bernanah. Sisi daunnya dapat untuk menyembuhkan diabetes melitus serta kencing batu. 
 
Dalam tanaman Bungur, terlebih bisa diketemukan senyawa aktif berbentuk flavonoid, saponin, serta tanin. Nyaris seluruhnya tipe tanaman obat yang mempunyai kandungan senyawa-senyawa itu, termasuk juga Bungur, mempunyai dampak farmakologi berbentuk antikolesterol, antihipertensi, serta antidiabetik. 
 
Jadi, tak cuma kolesterol jahat yang bisa dibasmi dengan tanaman Bungur, tetapi pula darah tinggi serta diabetes. Hasil itu terlebih diraih karena fungsi senyawa saponin serta tanin yang menyebabkan metabolisme glukosa serta lemak pada badan. 
 
Penyembuhan kolesterol dengan Bungur dapat dikerjakan dengan menggodok daun Bungur hingga masak. Lalu, tiriskan hasil rebusan daun Bungur itu. 
 
Sesudah dingin, minumlah air rebusan itu sejumlah 2-3 kali dalam satu hari. Anda mesti berkelanjutan meminumnya untuk memperoleh hasil paling baik.
 

Khasiat dan pengobatan
Daun tanaman bungur mengandung saponin, flavonoid, dan tanin. Biji daun, dan kulit batang tanaman ini dapat digunakan untuk pengobatan. Biji bungur dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Jika tidak ada buahnya, hipertensi dapat diobati dengan daunnya. Sedangkan kulit batang untuk mengobati diare, disentri, dan kencing nanah. Penyakit DM dan kencing batu dapat diobati dengan daunnya. Berikut, beberapa cara pengobatan penyakit dengan bungur.

1. Eksim
Gongseng 5 g biji yang telah masak, lalu tumbuk sampai menjadi serbuk halus. Kedalam serbuk tersebut, tambahkan 1/2 sendok teh minyak kelapa, lalu aduk sampai rata. Untuk pengobatan, oleskan ramuan tersebut pada bagian kulit yang terkena eksim.

2. Diare
Cuci kulit kayu sebesar 2 jari sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 1/2 cangkir air masak, lalu aduk sampai rata. Selanjutnya saring dan air saringannya diminum sekaligus.

3. Kencing manis (DM)
Cuci 8 lembar daun bungur segar sampai bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin saring, lalu minum sekaligus pada pagi hari.

Bungur kecil
Berbeda dengan bungur besar, bungur kecil merupakan tumbuhan perdu, tingginya kira-kira 2 meter. Ukuran daunnya juga ekcil, panjang 2-7 cm dan lebar 1-4 cm. Bunga tanaman dari Cina dan Korea ini bergerombol pada pucuk ranting atau di ketiak daun. Warna bunga merah muda.

Akar bungur kecil rasanya agak pahit, sifatnya netral dan astingen. Akar bungur kecil berkhasiat merangsang sirkulasi, menghentikan pendarahan antiradang, peluruh kencing, dan menetralkann racun (detoksikan). Bunga, daun, dan kulit batang berkhasiat sebagai pencahar.

Akar bungur kecil lebih sering digunakan dalam pengobatan dibandingkan dengan daun, bunga, dan buahnya. Akar bungur jenis ini digunakan dalam pengobatan batuk darah, muntah darah, berak darah, luka berdarah dan pendarahan sehabis melahirkan. Akarnya juga dapat digunakan untuk pengobatan hepatitis dan sakit kuning (jaundice). Penyakit astes, edema, disentri, san sakit kepala juga dapat diobati dengan akar bungur kecil.

 

 ——————————————————————————————

Untuk Pemesanan Produk / Pendaftaran member / Afiliasi hubungi 

Yulia Iswati

TEL / WA / SMS : 0877 8800 5562

Kota :Bekasi Suport seluruh kota di Indonesia
https://www.facebook.com/KomunitasCintaOrganik/

Untuk Pemasangan iklan / menjadi pemosok produk sehat organik silahkan Hubungi Kami



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


Organik Detox 15 Hari Rp 1.071.000,-

Hubungi

Yulia Iswati

TEL / WA / SMS : 0877 8800 5562
https://www.facebook.com/KomunitasCintaOrganik/ 

PRODUK SEHAT ORGANIK

gfo melilea greenfield organic Melilea Greenfield Organic 16oz

Harga Special
Rp 539.000,-

gfo melilea greenfield organic Melilea Greenfield Organic 4oz

Harga Special
Rp 157.300,-

Susu kedelai melilea Susu Kedelai Melilea 500gr

Harga Special
Rp 55.000,-

Apple Melilea Melilea Apple Orchard 400gr

Harga Special
Rp 132.000,-

skin care melilea Melilea Skin care , kosmetik melilea
kami berikan Harga Special

Tutorial