Manfaat Rebusan Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Rebusan Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh

 

Kayu manis adalah salah satu jenis rempah-rempahan asal Indonesia yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan yang memiliki aroma manis dan sedap. Biasanya orang memakai kayu manis kedalam minuman dan masakan bersantan. Dari rempah-rempah berwarna coklat tua ini ternyata memiliki banyak kegunaan. Manfaat kayu manis dalam penyembuhan berbagai penyakit dipercaya dapat membantu penyembuhan penderita.

Manfaat kayu manis yang merupakan salah satu bahan rempah di Indonesia ini mungkin sudah diketahui oleh banyak orang. Namun ada kalanya pemahaman yang salah akan berbagai kandungan senyawa yang ada dalam kayu manis menjadikan pemanfaaatannya dalam pemeliharaan kesehatan tuubuh menjadi tidak maksimal.

Oleh karena itu ketika anda memiliki berbagai masalah kesehatan, alangkah baiknya jika anda memahami apa saja senyawa yang terdapat dalam kayu manis sehingga anda dapat menggunakannya untuk pengobatan alami dengan baik dan benar. Ada beberapa manfaat kayu manis bagi kesehatan dan kecantikan yang semoga akan menambah pengetahuan anda dan dapat diterapkan saat anda memiliki waktu luang.

Kandungan Nutrisi Kayu Manis

Kayu manis mengandung antimikroba yang kuat, anti-inflamasi, anti-infeksi dan anticlotting (mencegah pembekuan darah). Kayu manis juga sebagai sumber yang potensial untuk antioksidan, polifenol, dan mineral seperti kalsium, mangan, zat besi dan serat makanan – semua zat gizi penting yang membantu menjaga tubuh sehat. Selain itu, itu adalah sumber alami dari gula, karbohidrat, asam lemak dan asam amino. Disamping itu, Kayu manis mengandung komponen aktif yang disebut cinnamaldehyde, cinnamyl asetat dan cinnamyl alkohol.

Penelitian modern menunjukkan bahwa rempah-rempah ini mungkin memiliki beberapa sifat yang sangat menguntungkan. Berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengatur gula darah, membuatnya menjadi pilihan yang cocok untuk penderita diabetes dan hypoglycemica. Dan merupakan kabar baik bagi siapa saja yang ingin meningkatkan energi agar lebih stabil.
  2. Mengurangi kadar kolesterol LDL. LDL juga dikenal sebagai kolesterol berbahaya. Mengurangi kolesterol LDL dapat membantu mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.
  3. Memiliki senyawa anti infeksi alami yang ditemukan dalam studi. Kayu manis efektif terhadap H. pylori yaitu bakteri penyebab borok atau bisul dan patogen lainnya.
  4. Mengurangi rasa sakit terkait dengan arthritis, yang telah ditunjukkan dalam studi di Departemen of Internal Medicine, Rumah Sakit Kangnam Korea. Kayu manis digunakan untuk mengurangi sitokin terkait dengan nyeri rematik.
  5. Penelitian di University of Texas, yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer, menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker dan untuk pencegahan kanker.
  6. Mengandung serat, kalsium, zat besi, dan mangan meskipun dalam jumlah yang kecil untuk dosis khas bubuk kayu manis.
  7. Kayu manis mengandung zat kimia alami yang disebut cinnamaldehyde, yang menurut penelitian meningkatkan hormon progesteron dan menurunkan produksi testosteron pada wanita, sehingga membantu menyeimbangkan hormon yang mempengaruhi kesuburan.
  8. Kayu manis menawarkan perawatan terhadap berbagai penyakit neurodegenerative, termasuk penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, multiple sclerosis, tumor otak, dan meningitis, menurut penelitian di Laboratorium Penelitian sitokin, Departemen Experimental Therapeutics, The University of Texas. Penelitian mereka menunjukkan bahwa kayu manis mengurangi peradangan kronis terkait dengan gangguan neurologis ini.
  9. Penelitian tanaman obat India mengungkapkan bahwa kayu manis dapat berpotensi efektif terhadap HIV4. Menurut penulis penelitian, “ekstrak yang paling efektif terhadap HIV-1 dan HIV-2 masing-masing adalah kayu manis (kulit kayu) dan Cardiospermum helicacabum.
  10. Mencegah penyakit jantung. Dengan berkurangnya LDL, otomatis akan menyehatkan jantung.
  11. Menyehatkan pembuluh darah. Kolesterol LDL dalam tubuh membuat pembuluh darah akan tersumbat, kayu manis dapat mengurangi hal tersebut.
  12. Mengurangi peradangan kronis
  13. Mencegah Parkinson
  14. Mengobati alzheimer
  15. Mengobati tumor otak
  16. Mengobati meningitis
Kayu Manis biasanya tidak menimbulkan efek samping, namun penggunaan kayu manis dapat mengiritasi mulut dan bibir dan menyebabkan luka. Pada beberapa orang, hal itu dapat menyebabkan reaksi alergi. Jika diaplikasikan pada kulit, hal itu dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi.
Risiko konsumsi kayu manis yang berlebihan kemungkinan akan beracun, terutama pada orang dengan gangguan hati. Bahan dalam beberapa produk kayu manis misalnya coumarin, dapat menyebabkan masalah hati. Selain itu, karena kayu manis dapat menurunkan gula darah, sehingga bagi penderita diabetes mungkin perlu menyesuaikan pengobatan mereka jika mereka menggunakan suplemen kayu manis.Mengingat kurangnya bukti tentang keamanannya kayu manis sebagai pengobatan, hal initidak dianjurkan untuk anak-anak atau bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui. Jika sedang mengkonsumsi obat apapun secara teratur, berbicara dengan dokter sebelum menggunakan suplemen kayu manis. Karena kayu manis bisa berinteraksi dengan antibiotik, obat diabetes, pengencer darah, obat-obatan jantung, dan lain-lain.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

Kayu manis merupakan rempah-rempah yang berasal dari cabang-cabang pohon liar yang termasuk dalam genus “Cinnamomum”. Tanaman asli Karibia, Amerika Selatan, dan Asia Tenggara ini ada dua jenis utama yaitu :

  1. Cinnamon Ceylon, Kayu manis yang paling umum digunakan di dunia Barat
  2. Cinnamomum aromaticum, Kayu manis Cina yang berasal dari Cina selatan, biasanya lebih murah daripada Ceylon cinnamon.

Kayu Manis telah dikonsumsi sejak tahun 2000 SM di Mesir Kuno, di mana rempah ini sangat sangat berharga (hampir dianggap obat mujarab). Pada abad pertengahan dokter menggunakan kayu manis untuk mengobati kondisi seperti batuk, radang sendi, dan sakit tenggorokan.

Di Indinesia sendiri, berbagai macam tanaman rempah seperti kayu manis ini digunakan bersamaan dengan bahan-bahan lain seperti manfaat kunyit dan manfaat jahu untuk dijadikan jamu. Hal ini dikarenakan kandungan alami yang kaya di dalamnya seperti minyak atsiri, eugenol, kalsium oksalat, sinamaldehide, tanin, damar dan zat penyamak. Penelitian dari Amerika telah membuktikan dan telah dipublikasikan oleh Dr. Joanna Hlebowicz bahwa batang kulit kayu manis mengandung insulin yang bisa membantu memperlancar proses metabolisme glukosa sehingga bisa membantu menormalisasikan kadar gula dalam darah. Maka dari itu dapat dimanfaatkan untuk pengobatan gejala penyakit diabetes.

Cara Membuat Rebusan Kayu Manis

Menjadikan kayu manis sebagai bahan obat herbal sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun cara yang paling umum dan paling mudah yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat ramuan rebusan kayu manis. Rebusan kayu manis ini sangat mudah dibuat dan bisa anda buat kapan saja. saat cuaca dingin pun anda bisa meminum rebusan kayu manis ini karena bisa menghangatkan badan. Lalu bagiamana cara membuat ramuan rebusan kayu manis? Selengkapnya simak berikut ini.

  • Pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan kayu manis secukupnya kurang lebih 1 ons sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Setelah itu cuci bersih kayu manis dengan menggunakan air bersih tentunya
  • Siapkan juga tiga gelas air putih
  • Rebus kayu manis dengan air yang telah disiapkan sampai mendidih
  • Setelah mendidih, diamkan sebentar hingga agak dingin namun masih tetap hangat
  • Kemudian saring airnya dan anda langsung bisa meminum rebusan kayu manis tersebut
  • Jika anda kurang suka dengan rasaya anda bisa menambahkan gula jawa atau madu serta daun sereh untuk mendapatkan aroma dan rasa yang lebih enak
  • Jika saat cuaca dingin anda bisa menambahkan jahe yang sudah ditumbuk ke dalam rebusan kayu manis untuk mendapatkan rasa hangat
  • Minumlah rebusan kayu manis tersebut secara rutin sebanyak 2 kali sehati untuk mendapatkan hasil yang maksimal


Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Kayu Manis

Utama resep penurunan berat badan adalah kombinasi dari kayu manis dan madu. Untuk ini, Anda perlu bahan bahan berikut:

  1. Bubuk kayu manis – ½ sdt
  2. Madu – 1 sdt
  3. Air mendidih – 1 cangkir

Cara Membautnya

  • Bubuk kayu manis dan madu di aduk dalam gelas
  • Tambahkan air panas secukupnya
  • Tutup dan biarkan campuran selama ½ jam
  • Kemudian, aduk dengan baik dan saring ampasnya
  • Minum setengahnya pada waktu perut kosong sebelum sarapan. Dan sisanya bisa Anda mendinginkan atau diamkan pada suhu kamar dan minum sebelum tidur. Tidak perlu dipanaskan lagi. Ada laporan dari orang-orang yang telah menggunakan resep ini secara teratur dan kehilangan sekitar 3kg dalam seminggu.

Selalu gunakan kayu manis segar. Anda biasanya dapat menemukan tiga jenis kayu manis yang dijual di pasar.

Terlepas dari kayu manis dan madu yang merupakan resep khusus untuk menurunkan berat badan, ada banyak cara bahwa kayu manis dapat dikombinasikan dalam makanan dan bahkan ini bisa membantu menurunkan berat badan. Tambahkan kayu manis persiapan teh herbal, sehingga lebih sehat dan lebih beraroma. Kayu manis bisa ditaburkan di roti panggang, sereal sarapan atau bahkan ditambahkan ke secangkir kopi pagi. Kayu manis sering digunakan untuk produk rasa seperti keju, mentega, dan jus.

Ramuan rebusan kayu manis ini bisa menjadi alternatif minuman herbal bagi anda sebagai pengganti teh atau kopi. Anda tentunya ingin mendapatkan sensasi berbeda dari minuman yang anda minum bukan? Nah, ini salah satu alternatifnya.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*