Manfaat Kencur Sebagai Obat Herbal Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kencur Sebagai Obat Herbal Bagi Kesehatan Tubuh

 

Kencur yang memiliki kulit luar yang berwarna cokelat dengan daging berwarna putih ini adalah salah satu komponen dari apotek hidup yang sering dijadikan obat tradisional maupun jamu, rempah-rempah, penyedap rasa alami, sampai campuran untuk produk kosmetik. Kencur memiliki banyak sekali manfaat karena terdapat lebih dari 23 jenis zat baik yang dikandungnya, seperti methanol yang bermanfaat untuk melawan bakteri yang menjadi penyebab terjadinya infeksi pada mata.Dulu, kencur hanya digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, penawar perut kembung akibat masuk angin, hingga dijadikan bumbu dapur. Namun sekarang, kencur dapat diolah dengan berbagai cara sesuai dengan manfaat kesehatan jenis apa yang kita inginkan dari kencur.

Kandungan Nutrisi Tanaman Kencur
Kencur adalah tanaman yang daging buahnya lunak, tidak berserat, memiliki kulit coklat dan dalamnya putih, serta rimpangnya mempunyai aroma khas yang ditanam di kebun atau pot yang cukup akan mendapat matahari. Kencur juga merupakan tanaman jenis obat-obatan, karena tanaman ini masuk dalam kategori temu-temuan atau zingiberaceae. Nah, sebelum mengetahui akan manfaat kencur untuk kesehatan, berikut akan diberikan kandungan nutrisi yang ada didalam tanaman kencur. Kandungan nutrisinya yaitu:

  1. Mengandung zat besi
  2. Mengandung mineral
  3. Asam metal kanil
  4. Kamphane
  5. Borneol
  6. Ethyl aster
  7. Asam cinnamic
  8. Alkolid
  9. Paraeumarin
  10. Gom dan sebagainya

Nah selain kandungan di atas, masih banyak sekali kandungan nutrisi yang ada pada kencur yaitu asam anisat, pentadekaan, sineol, minyak atsiri dan alkaloid yang memiliki manfaat sebagai stimulan. Kencur mengandung minyak karena tanaman ini masuk dalam rimpang (rhizome) yang memiliki khasiat untuk radang lambung, obat batuk, influenza pada bayi, radang telinga anak, sakit kepala, masuk angin, diare, darah kotor, mata pegal, haid, keseleo, dan juga bermanfaat sebagai alat KB yang tradisional. Agar lebih jelasnya, inilah 6 manfaat kencur yang bagus untuk kesehatan anda.

Manfaat Kencur Untuk Kesehatan

Dalam dunia pengobatan, manfaat kencur telah terbukti dapat mengobati berbagai macam penyakit. Berikut beberapa resep tradisional menggunakan kencur.

1. Obat untuk masuk angin
Cuci bersih satu rimpang kencur, makan kencur bersama garam dapur lalu minumlah air hangat. Lakukan dua kali sehari untuk mencegah masuk angin.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

2. Menghilangkan darah kotor
Siapkan empat rimpang kencur, dua lembar daun trengguli, dua biji cengkeh kering dan adas secukupnya. Cuci bersih semua bahan tersebut, lalu rebus dengan satu liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Minumlah dua kali sehari secara teratur.
3. Mengobati radang lambung
Dua rimpang kencur dicuci bersih. Kupas kencur lalu dikunyah. Telan airnya dan buang ampasnya. Lakukan pengobatan ini hingga sembuh.

4. Mengobati keseleo
Satu rimpang kencur lalu di cuci bersih. Rendam segenggam beras kemudian campurkan rimpang kencur. Tumbuk keduanya hingga halus. Balurkan pada bagian tubuh yang keseleo.

5. Mengobati mulas pada perut
Cuci satu rimpang kencur hingga bersih. Parut kencur tersebut lalu tambahkan dua sendok air masak dan sedikit garam. Lalu saring ramuan tersebut dan ambil airnya. Minum air tersebut 2-3 kali sehari

6. Sebagai obat batuk
Dua rimpang kencur di cuci bersih. Parut kencur lalu campurkan dengan segelah air hangat. Aduk rata dan disaring, lalu ambil airnya. Tambah sedikit garam dapur dan minum air ramuan tersebut sampai habis. Untuk perawatan, lakukan satu kali sehari.

7. Mengobati diare
Tumbuk dua rimpang kencur dengan dua siung barang merah sampai halus. Siapkan daun pisang dan bungkus ramuan yang sudah ditumbuk. Bakar sampai hangat ramuan tersebut. Oleskan ramuan tersebut pada bagian perut.

Selain manfaat di atas, kencur juga dipercaya dapat menjadi salah satu herbal yang berperan penting bagi tubuh manusia seperti

  1. Anti kanker
  2. Baik untuk pencernaan
  3. Bumbu masakan
  4. Baik untuk kulit
  5. Mengobati peradangan usus
  6. Membutuh bakteri dalam usus
  7. Melancarkan peredaran darah
  8. Membuang racun dalam tubuh
  9. sebagai anti oksidan
  10. Menjadi sumber serat

Kencur merupakan jenis tanaman herbal yang dapat dijadikan bumbu berbagai jenis masakan di indonesia, selain itu khasiatnya bagi kesehatan juga tidak kalah baik yang dapat membantu berbagai masalah pengobatan.

Masih ragu untuk meminum jamu yang terbuat dari kencur? Banyak bukan manfaat dari kencur ini, tidak perlu diragukan lagi kencur ini memang salah satu rempah yang kaya akan manfaat karena kandungan mineral dan vitamin yang ada di dalamnya. Tidak salah jika nenek moyang kita selalu memanfaatkan bahan rempah ini untuk bumbu dan obat tradisional. Sebagai rempah kencur sangat mudah untuk didapatkan, Anda bisa menanamnya di kebun rumah sebagai tanaman obat keluarga.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*