Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Serai (sereh) yaitu salah satu tanaman berjenis rumput-rumputan yang sering digunakan sebagai penyedap rasa. Seluruh bagian serai bias dimanfaatkan. Serai bias diolah dan menghasilkan minyak serai. Minyak serai adalah minyak yang didapatkan dari penyulingan serai dan kemudian menghasilkan minyak yang kita sebut dengan minyak serai. Aroma serai tidak disukai oleh serangga termasuk nyamuk. Oleh sebab itu minyak serai sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuat obat anti nyamuk dan serangga.

Batang serai berbentuk berbuku-buku. Bagian serai yang dimanfaatkan sebagai bahan penyedap makanan adalah bagian batang serai. Selain sebagai bahan penyedap rasa dan bahan anti serangga, serai juga digunakan dalam dunia kesehatan. Banyak kandungan yang terdapat di dalam serai sehingga serai sering digunakan untuk bahan obat-obatan herbal.

Kandungan Serai / Sereh 
Mengandung  minyak atsiri yang terdiri dari sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen -4-ol, a-terpineol, geraniol, farnesol, metilheptenon, n-desialdehida, dipenten, metil heptanenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-bergamoten, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, elemol, kariofilen oksida. Senyawa lain adalah geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol dan metileugenol.

Berikut Khasiat Manfaat sereh untuk kesehatan

Serai mengandung antioksidan flavonoid, dan senyawa fenolik seperti luteolin, glikosida, quercetin, kaempferol, elimicin, catecol, asam klorogenat, asam caffeic yang berkhasiat obat. Senyawa utama dalam serai adalah lemonal atau citral, yang memiliki sifat anti-jamur dan anti-mikroba, serta menyediakan bau lemon yang berbeda-beda.
 

1. Obat batuk
Jika anda sedang mengalami gangguan kesehatan, seperti batuk. Anda dapat menggunakan bahan serai untuk menyembuhakannya. Hal ini dipastikan akan membantu meredakan batuk yang diderita.
Caranya :

  • cuci 5 gram daun serai.
  • lalu rebus dengan segelas air tunggu selama 15menit.
  • kemudian salin air rebusan tersebut dan bagi mejadi 2 kedalam gelas.
  • Konsumsi pagi dan sore hari.

2. Obat keseleo
Jika anda keseleo atau terkilir anda dapat menggunakan serai untuk bahan sebagai obat untuk menghilangkan rasa sakitnya.
Caranya :

  • siapkan 2batang serai,
  • ambil 3 buah kemiri tuangkan sedikit air lalu tumbuk tidak perlu terlalu halus.
  • Panaskan diatas api lalu tempelkan serai tersebut dibagian yang keseleo.
  • Dan hasilnya rasa sakit akibat keseleo akan berkurang.

3. Obat sakit gigi
Selain itu serai juga bermanfaat untuk mengobati sakit gigi. Karena serai memiliki kandungan antibakteri, jadi jika anda berkumur dengan air serai tersebut akan sangat membantu anda mengatasi masalah sakit gigi anda.

4. Obat sakit maag
Caranya :

  • Ambil 40 gram serai,
  • rebus dengan menggunakan 2 gelas air dan tunggu 10 menit.
  • air dari rebusan serai sangat bermanfaat bagi anda penderita sakit mahg.
  • Untuk hasil yang maksimal konsumsi ar serai 2 kali sehari.

5. Manfaat Serai untuk kesehatan wanita haid
Serai juga biasanya dimanfaatkan oleh wanita untuk meredakan rasa nyeri ketika haid dan meredakan timbulnya rasa mual. Dengan banyaknya fungsi Serai ini, diharapkan bisa memperluas penggunaan Serai sebagai Manfaat, bukan hanya dijadikan sebagai bumbu masakan.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

6. Manfaat Serai dan manfaatnya pada sistem saraf
Minyak esensial yang terkandung dalam Serai juga berguna untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Hal ini disebabkan minyak sereh akan memberikan efek menghangatkan, melemaskan otot-otot, dan meredakan kejang.

7. Serai Bisa Mengobati infeksi kulit
Serai mengandung anti mikroba dan anti bakteri. Konten ini sangat berguna dalam mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kemih dan luka. Kemudian, Serai juga banyak dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti infeksi kulit, tifus, keracunan makanan, juga dapat meredakan bau badan.

8. Manfaat Serai untuk mencegah penyakit kanker
Sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa setiap 100 gram serai mengandung antioksidan untuk mencegah kanker. Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas Gurion di Israel menemukan bahwa dalam Serai ada senyawa yang dapat membunuh sel kanker tanpa merusak sel sehat.

9. Manfaat Serai untuk mengobati gangguan pencernaan
Serai sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, mengurangi gas dari usus, diare.

10. Manfaat Serai Untuk Menurunkan tekanan darah
Serai juga banyak digunakan untuk mengurangi tekanan darah dan merangsang sirkulasi darah. Dengan mengkonsumsi minuman yang mengandung Serai setiap hari akan sangat membantu dalam mengurangi hipertensi.

11. Manfaat Serai untuk detoksifikasi
Serai juga sangat baik untuk detoksifikasi tubuh dengan meningkatkan jumlah buang air kecil. Hal ini tentu sangat berguna untuk membuat seluruh organ pencernaan seperti hati, pankreas, ginjal, kandung kemih serta berbagai bersih dan sehat racun akan dihilangkan.

12. Manfaat Serai sebagai analgesik
Serai juga dapat meringankan semua jenis peradangan dan iritabilitas yang berhubungan dengan rasa sakit dan nyeri seperti nyeri sendi, nyeri otot, sakit gigi, dan lain-lain.

13. Manfaat Serai sebagai diuretik
Serai juga diketahui berkhasit sebagai diuretik, pereda kejang dan antirematik. Salah satu resep sederhana pemanfaatan serai adalah dengan cara merebusnya untuk membantu mengatasi gejala batuk.

  • Sebanyak 5 gram akar serai dicuci,
  • direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit.
  • Lalu minumlah air rebusan serai tersebut dua kali sehari masing-masing seper dua gelas pagi dan sore.

14. Manfaat Serai untuk memperindah kulit
Penggunaan daun Serai juga sudah terjadi dalam bidang kosmetik yang digunakan untuk memperindah kulit. Efek dari penggunaan kosmetik yang mengandung daun Serai adalah dapat menghilangkan jerawat dan berfungsi juga sebagai penyegar.

Manfaat Lain Dari Serai

  • Serai dikatakan untuk meringankan kondisi pernapasan tertentu termasuk radang tenggorokan dan sakit tenggorokan.
  • Serai juga sering digunakan sebagai obat untuk mengurangi demam tinggi.
  • Anti jamur dan anti bakteri, serai dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur. Oleh karena itu, serai dapat diterapkan untuk luka luar.
  • Serai juga dikenal kaya akan antioksidan. Tanaman ini dapat mendorong hati dan pankreas untuk mengeluarkan racun lebih cepat.
  • Serai juga mengobati masalah pencernaan termasuk gastroenteritis dan dapat membantu mengurangi sembelit.
  • Lemongrass memiliki sifat antidepresan. Hal ini bermanfaat bagi mereka yang berada dalam keadaan cemas dan depresi.
  • Vitamin A dalam serai membuatnya bermanfaat bagi masalah kulit seperti jerawat. Hal ini dapat membantu mencerahkan kulit.
  • Lemongrass dapat mengontrol keringat berlebihan, yang dapat mengurangi risiko bau badan.

Tips untuk mengkonsumsi serai
Daun serai adalah salah satu rempah yang begitu populer di indonesia serta dipakai secara luas buat masakan di asia. pemakaian daun serai ini biasanya mampu dengan dihancurkan buat mendapatkan untuk bikin kaldu, sup, kari, teh, saus dan memotong menjadi irisan yang tipis serta di tambahkan dengan salad. batang, umbi, dan daun serai mampu digunakan buat segala manfaat kesehatan tubuh manusia bahkan juga hewan peliharaan.

Buat memaksimalkan manfaat dan khasiat daun serai alangkah baiknya anda bikin dan juga minum teh serai, minyak esensial serta fitonutrien yang lepas pada air mendidih pada teh akan begitu bermanfaat untuk tubuh kita semua.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*