Manfaat Daun Pandan Yang Luar Biasa

Manfaat Daun Pandan Yang Luar Biasa

Pandan wangi (atau biasa disebut pandan saja) merupakan tumbuhan yang sangat luar biasa manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari. Daun pandan sangat mudah kita jumpai terutama di Indonesia, kemungkinan besar pembaca sudah mengenali jenis tumbuhan daun pandan. Daun pandan termasuk tumbuhan monokotil dari famili Pandanaceae yang memiliki daun beraroma wangi yang khas.

Daunnya merupakan komponen penting dalam tradisi masakan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Tumbuhan daun pandan mudah dijumpai di sekitar pekarangan atau tumbuh secara liar di tepi-tepi selokan yang teduh. Bentuk Akar daun pandan besar, memiliki akar tunggang yang mampu menopang batangnya bila telah tumbuh cukup besar. Bentuk daunnya memanjang mirip dengan daun palem dan tersusun secara roset dan rapat, panjang daun ini dapat mencapai 50cm hingga 70 cm.

Daun pandan ini merupakan jenis komponen yang cukup penting dalam tradisi boga Indonesia dan dibeberapa negara Asia Tenggara lainnya berkat aroma khas yang dihasilkannya banyak dimanfaatkan untuk pewangi makanan. Daun pandan secara umum digunakan untuk campuran dalam pembuatan kue atau masakan lain seperti minuman kolak serta bubur ketan hitam, bubur kacang hijau , dan bubur sumsum.

Untuk mendapatkan aroma harum yang khas ini terdapat pada daun yang masih cukup segar atau sudah agak kering sedikit. Selain sebagai pengharum pada beberapa jenis makanan, daun pandan juga dapat digunakan sebagai sumber pewarna alami pada makanan, hal ini untuk menghindari bahan kimia pada pewarna buatan. Saat ini banyak jenis pewarna buatan yang mengandung bahan kimia berbahaya yang banyak beredar dipasaran.

Kandungan Daun Pandan Untuk Kesehatan
Tanaman Pandan menjadi kegemaran masyarakat nusantara karena populer dengan rasa aromatik yang menggugah selera. Tidak terhitung berapakah masakan nusantara yang menggunakan daun pandan sebagai bahan.

Setelah daun pandan diteliti di dalam laboratoriom maka memberikan kita pengetahuan manfaat luar biasa daun pandan bagi tubuh karena ada kandungan tanin, glikosida dan alkaloid, 3 senyawa ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan.

 

Manfaat Dan Khasiat Daun Pandan Wangi

selain menjadi komponen penting dalam boga indonesia dan asia, ternyata daun pandan mempunyai kandungan senyawa kimia organik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, pada daun pandan terdapat zat Alkaloida, Saponin, Flavonoida, Tanin, dan Polifenol, zat yang ada pada daun pandan ini dapat dimanfaat untuk kesehatan diantaranya sebagai berikut:

 
1. Obat alami penambah nafsu makan

Saat tubuh kita sakit, nafsu makan akan menjadi berkurang.  Padahal, makanan yang bergizi membantu pemulihan. untuk mengatasi hal itu kita bisa memanfaat daun pandan sebagai obat penambah nafsu makan, caranya sediakan 2 lembar daun pandan kemudian rebus dengan 2 gelas air putih sampai tersisa 1 gelas, tambahkan madu atau gula sebagai pemanis. Agar manfaat daun pandan diserap secara maksimal, minum ramuan tersebut secara teratur 2 kali sehari.

2. Menurunkan darah tinggi
Khasiat daun pandan wangi untuk menurunkan darah tinggi bisa anda peroleh dengan membuat ramuan alami 2 lembar daun tumbuhan pandan yang direbus memakai 2 gelas air. Minum setiap pagi dan sore hari supaya darah tinggi anda kembali normal.

3. Obat herbal rematik dan pegal linu

 Sediakan 3 lembar daun pandan wangi lalu iris tipis-tipis, seduh dengan 1/2 gelas minyak kelapa yang sudah dipanasi. Kemudian aduk sampai daun menjadi layu dan tunggu hingga dingin. Campurkan ramuan tadi dengan minyak kayu putih secukupnya lalu oleskan pada bagian tubuh yang terkena rematik atau pun pegal linu.

4. Menenangkan rasa gelisah


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

Manfaat daun pandan wangi untuk kesehatan juga bisa digunakan untuk membuat ramuan tradisional penenang pikiran. Saat anda merasa gelisah, Siapkan 3 lembar daun ini kemudian cuci sampai bersih. Seduh dengan segelas air panas dan tambahkan 1 sendok teh madu manis, minum ramuan selagi hangat.

5. Melawan konstipasi atau Sembelit
Cobalah untuk meminum teh atau jus yang dibuat dari daun pandan pada siang dan malam hari untuk menghentikan konstipasi.

6. Menghentikan kram daerah perut
Secara tradisional, teh ataupun jus daun pandan dimakan untuk mengatasi masalah pencernaan. Satu sajian penuh dapat mengatasi kram ataupun kejang daerah perut. Bisa juga dipakai sebagai minuman setelah menelan makanan yang membuat kembung.

7. Penambah tenaga
Selain menggugah selera makan, pandan dapat juga menambah tenaga yang sangat diperlukan untuk pulih dari penyakit. Pandan juga bermanfaat bagi wanita yang baru saja melahirkan guna pemulihan tenaga sesegera mungkin.

8. Penurun demam
Tabib di Asia Tenggara kerap menganjurkan minum teh atau jus daun pandan pada orang yang sedang demam. Pandan diketahui dapat menurunkan suhu tubuh dan juga melegakan sakit dada yang disebabkan oleh batuk.

9. Peturasan racun tubuh
Minuman teh atau jus daun pandan menguras kotoran yang menumpuk dalam tubuh kita, sekaligus berdayaguna menetralkan zat beracun. Minuman itu juga menekan kanker karena pandan diketahui menghambat aksi karsinogen yang merupakan zat pemicu pembentukan sel kanker.

10. Pemusnah ketombe
Membilas rambut dan kulit kepala menggunakan teh atau jus daun pandan merupakan hal yang baik bagi penderita ketombe. Bahkan ditengarai dapat mengurangi kerontokan rambut.

11. Melegakan rematik
Daun pandan bisa mengurangi rasa sakit jika ditempelkan pada otot dan persendian yang meradang karena rematik. Untuk hasil terbaik, oleskan minyak kelapa pada daun pandan sebelum ditempelkan pada tempat yang sakit.

12. Penyegar nafas
Karena wanginya, mengunyah daun pandan dapat segera membantu mengurangi bau nafas. Khasiat lainnya adalah mengurangi bengkak dan pendarahan gusi.

Tidak ada salahnya mencoba untuk menaruh tanaman ini dipekarangan rumah anda, karena tidak sulit juga menanamnya. Selain mempercantik halaman, daunnya pun bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Namun manfaat daun pandan untuk pengobatan, perlu dilakukan konsultasi oleh tenaga medis untuk mengetahui adanya resiko kesehatan yang bisa terjadi.

Itulah berbagai kegunaaan khasiat daun pandan untuk kesehatan serta pengobatan alamiah yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh kami untuk rutin nasib sehat serta segar. Selamat mencoba serta semoga berguna buat semuanya.

 

Pandan wangi (atau biasa disebut pandan saja) merupakan tumbuhan yang sangat luar biasa manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari. Daun pandan sangat mudah kita jumpai terutama di Indonesia, kemungkinan besar pembaca sudah mengenali jenis tumbuhan daun pandan. Daun pandan termasuk tumbuhan monokotil dari famili Pandanaceae yang memiliki daun beraroma wangi yang khas. Daunnya merupakan komponen penting dalam tradisi masakan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Tumbuhan daun pandan mudah dijumpai di sekitar pekarangan atau tumbuh secara liar di tepi-tepi selokan yang teduh. Bentuk Akar daun pandan besar, memiliki akar tunggang yang mampu menopang batangnya bila telah tumbuh cukup besar. Bentuk daunnya memanjang mirip dengan daun palem dan tersusun secara roset dan rapat, panjang daun ini dapat mencapai 50cm hingga 70 cm.

Source: http://www.firdaus45.com/2015/05/manfaat-daun-pandan-bagi-kesehatan.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Firdaus45.com


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*