Manfaat Buah Rambutan dan Kandungan Gizinya

Manfaat Buah Rambutan dan Kandungan Gizinya

Buah Rambutan adalah buah yang diketahui tumbuh mulai dari Indonesia sampai dengan Malaysia pada awalnya. Sehingga bisa dibilang bahwa Rambutan merupakan salah satu buah asli yang berasal dari Indonesia. Hal tersebut menjadikan buah ini digemari oleh semua orang, karena mempunyai rasa yang manis dan menyegarkan.

Pada masa kini buah Rambutan sudah diolah ke berbagai bentuk produk olahan seperti sirup,kue dan minuman. Akan tetapi manfaat buah Rambutan saat di konsumsi secara buah tidak akan tergantikan seperti contohnya menurunkan berat badan secara alami.

Salah satu cara yang diminati oleh orang yang menderita berat badan berlebih adalah dengan cara diet sehat. Diet merupakan jumlah makanan yang telah dikonsumsi oleh seseorang. Kata diet ini sendiri sering diartikan sebagai upaya untuk mengatur asupan nutrisi atau juga menurunkan berat badan. Kelebihan berat badan akan membatasi ruang gerak si penderita dan rentan terkena resiko penyakit diabetes atau gula darah.

Menurut beberapa pakar obat alami, bagian daging buah rambutan memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap. Setiap bobot 100 gram buah rambutan, mengandung 58 mg vitamin C, 69 kalori, dan 18 gram karbohidrat. Kandungan vitamin C juga lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk manis. Karena setiap 100 gram jeruk manis, vitamin C nya hanya terdapat 49 mg. Kadar serat pada buah rambutan juga termasuk ke dalam kategori cukup tinggi, terdapat 2 gram setiap 100 gramnya. Dari komposisi daging rambutan tersebut, pasti Anda sudah bisa menebak apa saja manfaat buah rambutan untuk kesehatan kita.

Kandungan Istimewa Buah Rambutan

  1. Buah rambutan memiliki kandungan karbohidrat sehingga dapat menjadi buah pemberi sumber energi.
  2. Buah rambutan memiliki kandungan protein sehingga dapat mengganti kerusakan sel yang rusak dan sel mati menajdi sel-sel yang baru.
  3. Buah rambutan memiliki kandungan serat pangan sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan saat hendak buang air besar.
  4. Kandungan vitamin A sebagai vitamin larut air ada dalam buah rambutan sehingga dapat menyehatkan mata.
  5. Kandungan vitamin C sebagai vitamin larut air yang akan memberikan antioksidan bagi tubuh.
  6. Kekayaan sumber mineral buah rambutan terdiri dari kalsium, zat besi, fosfor, niacin, potassium, zinc, magnesium.

Manfaat Buah Rambutan Menyembuhkan Penyakit Ringan

Mengkonsumsi buah rambutan maka dapat menjadi obat alami dalam menyembuhkan penyakit ringan yang sedang Anda derita.

  1. Menyembuhkan Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin A

Manfaat vitamin A di dalam buah rambutan tidak hanya dalam menyehatkan mata. Jika Anda mengalami masalah anemia tentu menjadi pertanda tubuh kekurangan vitamin A. Jangan khawatir selama Anda mau mengkonsumsi buah rambutan karena dapat menyembuhkan penyakit anemia yang menyerang. Kandungan mineral zat besi dalam buah rambutan berperan dalam menambah produksi sel darah merah atau eritrosit.

  1. Menyembuhkan Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin C

Anda yang sering mengalami penyakit sariawan, bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan, mengkonsumsi buah rambutan maka akan memberikan kesehatan kembali. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dapat memulihkan daya tahan tubuh yang sempat melemah dan menyebabkan penyakit-penyakit tersebut.

Manfaat Buah Rambutan Menyembuhkan Penyakit Berat

Kehebatan dari manfaat buah rambutan selain dapat menyembuhkan penyakit ringan juga dapat menyembuhkan penyakit berat.

  1. Menyembuhkan Penyakit Hipertensi

Mengalami penyakit hipertensi memang berbahaya. Ketika lingkungan memicu penyakit hipertensi untuk kambuh maka akan membahayakan jantung. Agar penyakit hipertensi dapat diredam maka konsumsilah buah rambutan. Manfaat buah rambutan mampu meredakan penyakit hipertensi yang Anda derita. Sehingga menjadi obat alami yang tidak berhubungan dengan konsumsi obat-obatan dengan dosis yang tinggi.

  1. Menyembuhkan Penyakit Diare

Penyakit diare tentu menandakan bahwa kondisi pencernaan Anda sedang tidak sehat. Kondisi lambung mengalami gangguan akibat bakteri yang masuk ke tubuh melalui makanan ataupun minuman. Dengan mengkonsumsi buah rambutan maka baik lambung maupun usus sebagai organ pencernaan akan selalu terlindungi.

  1. Menyembuhkan Penyakit Kolesterol

Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi maka konsumsi buah rambutan. Buah rambutan memiliki kandungan flavonoid yang dapat memberikan kesehatan tubuh terutama terkait menurunkan jumlah kolesterol jahat.

  1. Menyembuhkan Penyakit Radang

Inflamasi atau peradangan yang terjadi dalam tubuh dapat menyerang bagaian mana saja. Radang sendi, radang otot, radang tenggorokan, radang paru-paru. Jika tidak segera diobati maka akan menjadi berbahaya. Dengan mengkonsumsi buah rambutan maka di dalam buah rambutan selain mengandung beberapa kandungan luar biasa yang sudah disebutkan di atas, juga mengandung antiinflamasi.

Berbagai Manfaat Buah Rambutan Dalam Menjaga Kesehatan

Mengkonsusi buah rambutan maka tubuh Anda akan sehat. Banyak sekali manfaat yang tidak akan membuat Anda jatuh sakit karena mengkonsumsi buah berdaging putih ini.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

  1. Manfaat Buah Rambutan Dalam Menyukseskan Program Diet

Buah diet alami dengan kandungan kalori yang tidak terlalu tinggi ada di buah rambutan. Buah merah berambut ini menjadi buah yang direkomendasikan untuk buah saat menjalankan program diet. Bukan hanya mengkonsumsi buah rambutan namun sebagai buah yang ahrus dikonsumsi saat diet. walaupun dikatakan sebagai buah pemberi sumber energi namun kalori yang ada dalam buah rambutan tidaklah setinggi kalori dalam buah alpukat.

Melalui pemanfaatan biji buah rambutan, tentu saja kekhawatiran mengenai adanya efek samping tidak akan terjadi. Biji rambutan biasanya dibuang begitu saja ketika daging buahnya sudah habis dimakan, padahal disitulah letak khasiatnya. Bijinya akan mengurangi lemak di tubuh melalui cara menguraikan dan mengikatnya untuk selanjutnya dikeluarkan lewat keringat. Makan langsung biji buah rambutan bersamaan dengan daging buahnya adalah cara yang sangat efektif.

Jangan kaget dengan rasa bijinya yang pahit dan tidak enak, justru rasa itu lah yang mengikat lemak pada tubuh. Tapi, jika anda tidak mau memakannya langsung, bisa dicampur ke dalam menu masakan seperti sayur asem atau sayur sup. Dicampur dengan tumis melinjo juga sangat nikmat karena rasa pahit dari biji rambutan akan sedikit hilang.

Mengkonsumsi buah dan biji rambutan saja tidaklah cukup. Diet sehat ini harus diseimbangkan dengan adanya aktifitas olahraga secara rutin dan teratur. Rajin berolahraga juga akan membantu membakar kalori di dalam tubuh serta akan membuat kulit anda menjadi segar dan kencang kembali. Hindari juga makanan cepat saji yang marak dijajakan dimana-mana, karena pada kenyataanya banyak orang yang mengalami kegemukan karena seringnya mengkonsumsi makanan cepat saji.
Untuk mendapatkan buah ini, anda harus menunggu musim rambutan tiba yakni pada sekitar bulan Desember hingga bulan Maret. Ketika musimnya telah tiba, keberadaanya akan sangat mudah anda jumpai di berbagai daerah di Indonesia. Saat itulah kita bisa mencoba merasakan manfaat buah rambutan untuk kesehatan dan diet kita.

Buah rambutan memiliki jenis dan rasa yang berbeda-beda, tetapi khasiat dari bijinya masih sama. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang jenis rambutan yang akan Anda ambil khasiatnya. InsyaALLAH semua makanan yang berasal dari alam memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan kita, asal kita tidak mengkonsumsinya secara berlebih.

Karakter yang dimiliki buah rambutan ini sangat cocok bagi orang yang sedang menjalani program diet atau menurunkan berat badan. Apabila kita hanya mengkonsumsi buah rambutan 3 biji, kita sudah mendapatkan setidaknya sekitar 69 kalori. Dengan demikian, mengkonsumsi 9 biji atau lebih tentu tubuh kita akan tercukupi asupan energi untuk beraktifitas di pagi sampai siang hari.

Diet sehat bersama buah rambutan terbukti dapat menurunkan berat badan sekitar 4 kilogram dalam 1 bulan, asal diharuskan juga untuk berolahraga. Demikianlah informasi mengenai manfaat buah rambutan untuk diet.

  1. Manfaat Buah Rambutan Sebagai Pencegah Kanker

Setiap orang tentu harus berusaha tinggal Tuhan yang akan menentukan hasilnya. Sama seperti manfaat buah rambutan sebagai pencegah kanker. Mengkonsumsi buah rambutan maka Anda berusaha untuk mencegah agar penyakit kanker tidak datang menyerang tubuh. Sebab di dalam buah rambutan terkandung manfaat sebagai antikanker.

  1. Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah organ yang memiliki fungsi sebagai detoksifikasi. Di dalam ginjal banyak terdapat racun-racun karena memang ginjal tempat untuk memilah toksin yang masuk di tubuh. Tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada toksin yang masih tertinggal di dalam organ ginjal. Mineral fosfor yang terdapat dalam buah rambutan itulah yang akan berfungsi menetralkan toksin atau menyempurnakan pekerjaan ginjal. Sehingga tidak akan khawatir ada toksin yang masih berada di dalam organ detoksifikasi tersebut.

  1. Manfaat Buah Rambutan Dalam Mengatasi Gangguan Saat Hamil

Bagi Anda yang sedang hamil dan kerap mengalami gangguan seperti rasa pusing dan juga ingin muntah, buah rambutan dapat meredakan gangguan tersebut. Bukan hal yang wajar jika saat Anda hamil sering mengalami pusing dan muntah. Buah rambutan akan mengembalikan sistem daya tahan tubuh agar selama hamil, kondisi kesehatan Anda tetap terjaga. Ibu hamil juga tidak lepas akan bahaya anemia yang ada. Anda akan mengalami bahaya jika anemia yang terjadi tidak kunjung diobati. Dianjurkan selama hamil untuk tidak ragu mengkonsumsi buah rambutan yang dapat meredakan penyakit anemia yang menyerang.

Buah rambutan adalah buah yang mudah untuk dikonsumsi tanpa perlu diiris kecil-kecil karena ukurannya yang sudah praktis. Setiap kali akan mengkonsumsi maka setiap buah rambutan akan dibuka. Memang terkesan repot karena perlu mengupas kulit buah rambutan yang lumayan tebal. Namun lebih baik dibanding harus melepas daging buah rambutan satu per satu baru kemudian akan dikonsumsi. Karena menjadi kurang higienis ketika daging buah rambutan terlalu lama terkena udara. Jadi, untuk memperoleh segala manfaat secara sempurna dari buah rambutan maka konsumsilah dengan cara yang tepat. Dengan begitu tidak akan ada manfaat yang terlewat untuk masuk di tubuh Anda. Dan jadikan buah rambutan sebagai buah yang wajib dikonsumsi setiap tahun di keluarga Anda.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*