Makanan Yang Dapat Menyebabkan Keguguran

makanan yang berbahaya bagi ibu hamil

Ada banyak makanan yang perlu dicermati oleh ibu yang sedang hamil. Karena makanan tersebut dapat menyebabkan keguguran jika dikonsumsi sembarangan. Berikut kita akan membahas berbagai jenis makanan yang dapat menyebabkan keguguran.

Istilah medis untuk menjelaskan keguguran adalah aborsi spontan, akan tetapi kondisi ini bukanlah aborsi sengaja seperti dalam definisi umum dari istilah tersebut. Penyebab keguguran tidak dipahami dengan baik, Namun sebagian besar keguguran yang terjadi pada trimester pertama kehamilan disebabkan oleh kelainan kromosom pada bayi.

Kromosom adalah struktur kecil di dalam sel-sel tubuh yang membawa banyak gen. Gen adalah sesuatu yang menentukan semua atribut fisik seseorang, seperti jenis kelamin, rambut, warna mata, dan golongan darah.

Faktor Penyebab Keguguran
Namun keguguran juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor lain seperti

  • Infeksi, paparan bahaya lingkungan dan tempat kerja, seperti tingginya tingkat radiasi atau agen beracun dari makanan dan minuman yang dikonsumsi
  • Masalah hormonal
  • Kelainan rahim
  • Masalah serviks (leher rahim mulai melebar dan membuka terlalu dini, di tengah-tengah kehamilan, tanpa tanda-tanda rasa sakit)
  • Faktor gaya hidup, seperti merokok, minum alkohol, atau menggunakan obat-obatan terlarang
  • Gangguan sistem kekebalan tubuh, termasuk lupus
  • Penyakit ginjal parah
  • Penyakit jantung bawaan
  • Diabetes yang tidak terkontrol
  • Penyakit tiroid
  • Radiasi
  • Obat-obat tertentu, seperti obat jerawat
  • Gizi buruk

Selain itu, perempuan mungkin pada peningkatan risiko untuk keguguran dengan bertambahnya usia mereka. Studi menunjukkan bahwa risiko keguguran adalah 12% sampai 15% bagi perempuan berusia 20-an, dan naik menjadi sekitar 25% untuk wanita pada usia 40. peningkatan insiden kelainan kromosom berkontribusi terhadap risiko yang berkaitan dengan usia keguguran. Kadang-kadang, pengobatan penyakit kronis seorang ibu dapat meningkatkan peluang untuk kehamilan.
Keguguran saat hamil tidak hanya terjadi karena beberapa kondisi di atas, namun dapat terjadi karena makanan yang ibu hamil konsumsi. Berikut ini deretan makanan yang dapat menyebabkan keguguran yang perlu dihindari:

Nanas
Makanan penyebab keguguran hamil muda yang pertama adalah buah nanas. Nanas ini dipercaya merupakan jenis makanan yang bisa menyebabkan keguguran. Maka dari itu, bagi Anda yang tengah hamil sebaiknya Anda menghindari buah yang satu ini. Karena buah nanas memiliki kandungan anzim protease bromealin, dan jika dilihat secara kimiawi, maka senyawa tersebut hampir sama dengan papain yang terkandung di dalam papaya muda yang bisa menyebabkan keguguran. 

Pepaya Muda
Buah papaya yang masih muda juga sebaiknya di hindari oleh ibu hamil. Karena buah papaya muda ini memiliki senyawa yang memang akan sangat berbahaya dalam perkembangan embrio. Bahkan senyawa yang terkandung di dalam buah papaya muda ini juga bisa mengakibatkan kontraksi kuat yang terjadi pada ibu hamil, dan itu sangat memiliki resiko tinggi mengalami keguguran saat hamil muda. 

Durian
Buah durian juga merupakan salah satu jenis buah yang seharusnya di hindari oleh ibu hamil, namun itu bukan berarti ketika Anda mengkonsumsi buah durian Anda akan langsung mengalami keguguran. Sifat dari buah ini hampis sama dengan buah delima, tidak berbahaya untuk di konsumsi dalam jumlah yang sedikit namun akan berbahaya jika di konsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Karena buah durian memiliki kandungan asam arachidonat dan alkohol yang jika di konsumsi secara berlebihan bisa membahayakan janin yang ada di dalam kandungan. Bahkan bisa menyebabkan keguguran.

Kepiting
Kepiting merupakan salah satu jenis makanan laut (sea food) yang banyak digemari oleh masyarakat karena rasanya yang enak. Selain rasanya yang lezat, kepiting juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi yang tentu saja bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Tidak hanya mengandung nutrisi, kepiting juga mengandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang. Namun ternyata kepiting juga memiliki efek buruk jika dikonsumsi oleh ibu hamil muda khususnya pada usia kehamilan 3 bulan pertama ( trimester 1 ). Kepiting adalah jenis makanan penyebab keguguran pada ibu hamil muda, hal ini terjadi karena kepiting dapat membuat ukuran rahim menyusut. Selain itu, ibu hamil muda yang mengkonsumsi kepiting dapat mengalami perdarahan genital sampai terjadinya keguguran.
Dampak buruk mengkonsumsi kepiting dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil muda selama masa awal kehamilan 12 minggu pertama 


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

Buah Delima

Jenis buah lainnya yang juga dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil muda adalah buah delima. Seperti kita ketahui bersama bahwa buah delima memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Namun bagi ibu hamil muda, mengkonsumsi buah delima secara berlebihan justru dapat menyebabkan terjadinya keguguran kandungan. Buah delima menjadi jenis makanan penyebab keguguran pada ibu hamil muda hanya jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih dan diatas nomal. Artinya anda tetap boleh mengkonsumsi buah delima namun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Seorang ibu hamil muda yang mengkonsumsi buah delima secara berlebihan akan mengalami kontraksi pada rahimnya yang dapat memicu terjadinya keguguran. Dan perlu anda ketahui juga, bahwa bagian buah delima yang paling berbahaya bagi ibu hamil adalah bagian bijinya.

Biji dan buah delima dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil muda jika dikonsumsi secara berlebihan 
Ikan Kaleng

Ikan segar memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan, termasuk bagi ibu hamil. Namun anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi produk ikan kaleng yang biasa dijual dipasaran. Ikan kaleng adalah jenis makanan olahan yang dikemas dalam kaleng dan tentu saja banyak mengandung bahan pengawet. Terdapatnya kandungan bahan pengawet dan juga berbagai bahan kimia lainnya pada ikan kaleng tentu saja dapat membahayakan kesehatan jika dikonsumsi, khususnya pada ibu hamil muda. Mengkonsumsi ikan kaleng dapat memicu naiknya tekanan darah pada ibu hamil. Selain ikan kaleng, anda juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi jenis ikan yang hidup di air yang kotor dan tercemar limbah kimia.

Mengkonsumsi ikan kaleng yang mengandung pengawet dan bahan kimia dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil muda dalam masa kehamilan trimester pertama 

Sushi harus dihindari
Berhati-hati dengan Ikan yang mengandung Mercuri. Ikan yang mengandung kadar merkuri yang tinggi harus dihindari. Merkuri yang dikonsumsi selama kehamilan sering dikaitkan dengan masalah keterlambatan perkembangan janin dan kerusakan pada otak. Contoh jenis ikan ini seperti hiu, ikan king mackerel dan tilefish. Beberapa jenis ikan yang digunakan dalam sushi juga harus dihindari karena kadar merkuri yang tinggi.

Seafood yang diasapi
Seafood yang diolah sebagai asap atau dendeng harus dihindari karena dapat terkontaminasi dengan Bakteri Listeria. Kecuali ibu tidak memasaknya dengan cara demikian akan tetapi memasaknya dengan teknik tepat agar matang secara keseluruhan.

Ikan yang terkontaminasi
Ikan yang terkena Industri yang telah tercemar memang harus dihindari. Menghindari ikan dari danau dan sungai yang terkontaminasi karena dapat terkena polychlorinated biphenyls yang tinggi. Hal ini terutama bagi ikan yang ada di danau dan sungai. Masyarakat dapat menghubungi departemen kesehatan terdekat atau Badan perlindungan lingkungan untuk menentukan ikan yang aman untuk makan di daerah.

Kerang mentah
Penyakit banyak disebabkan oleh kerang kurang matang, termasuk tiram, dan kerang. Memasak memang dapat membantu mencegah beberapa jenis infeksi makanan yang dapat menyebabkan keguguran, tetapi tidak dapat mencegah infeksi dari ganggang.

Telur mentah
Telur memang merupakan makanan sehat untuk ibu hamil tapi, telur mentah atau makanan yang mengandung telur mentah harus dihindari karena memiliki potensi terkena paparan salmonella. Mayones, es krim buatan sendiri atau custard, dan saus yang biasanya ada bahan dengan telur mentah perlu diwaspadai. Pada produk komersial yang memproduksi es krim dan saus, dibuat dengan telur pasteurisasi dan tidak meningkatkan risiko salmonella. Namun perlu dicek bahwa telur tersebut telah dipasteurisasi.

Keju lunak
Keju lembut impor mungkin dapat mengandung bakteri yang disebut Listeria, yang dapat menjadi penyebab keguguran. Seperti yang dibahas diatas, Listeria memiliki kemampuan untuk melewati plasenta dan dapat menginfeksi bayi yang menyebabkan infeksi atau keracunan darah. Ibu perlu untuk menghindari keju lunak kecuali jika produk impor tersebut jelas menyatakan bahwa mereka terbuat dari susu pasteurisasi. Semua keju non impor yang lembut dibuat dengan susu pasteurisasipun  aman untuk dimakan.

Sayuran harus dicuci
Sayuran dicuci untuk memastikan menghindari paparan potensi untuk toksoplasmosis. Toksoplasmosis dapat mencemari tanah di mana sayuran tersebut ditanam, sehingga jika dikonsumsi ibu hamil menjadi makanan yang dapat menyebabkan keguguran.

Nah itulah beberapa makanan penyebab keguguran di awal kehamilan yang wajib Anda ketahui. Semoga bermanfaat…!!!


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*