Makanan Yang Baik Untuk Pencernaan

Makanan Yang Baik Untuk Pencernaan

Masalah pencernaan adalah kondisi yang sepertinya sudah umum dialami oleh orang-orang. Kita tahu, kondisi seperti maag kronis, asam lambung, dan penyakit infeksi seperti tipes sudah tak asing lagi kita dengar dari teman atau orang terdekat kita. Tak mengherankan, karena usus adalah bagian yang tak terlepas dari paparan racun setiap hari, plus kurangnya asupan nutrisi dan serat yang umumnya kurang pada makanan modern. Inilah alasan yang paling mungkin, kenapa banyak orang memiliki masalah pada sistem pencernaan mereka.

Makanan Yang Baik Untuk Pencernaan

Tapi jangan khawatir karena beberapa jenis makanan secara alami bermanfaat menjaga sistem pencernaan termasuk membantu membersihkan dari hal yang bisa menyebabkan sakit. Membersihkan usus Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, serta mengurangi risiko penyakit terutama kanker usus besar. Jika Anda membersihkan usus Anda dari racun dan sisa makanan, maka Anda akan merasa lebih ringan, berenergi, dan penuh memiliki kesehatan yang lebih baik.

Jangan abaikan nasehat “berhentilah makan sebelum kenyang”, karena ini bukanlah sekadar kalimat bijak. Hal ini karena kalimat tersebut berhubungan dengan kesehatan organ pencernaan. Hasrat untuk mengenyangkan perut belum tentu berbanding lurus dengan kebutuhan sistem pencernaan. Selain itu, pola makan atau pemilihan makanan yang tidak sesuai juga dapat mengganggu kesehatan organ pencernaan,  sehingga sistem pencernaan pun dapat terganggu. Mengonsumsi makanan sehat dan menerapkan pola makan yang baik, dapat membantu menyehatkan organ tubuh terutama pada organ pencernaan.

Mengapa kita harus peduli untuk selalu menjaga kebersihan usus besar? Ada beberapa manfaat yang baik, sbb :

  1. Memperbaiki pencernaan
  2. Menurunkan risiko kanker usus besar
  3. Bagus untuk membantu penurunan berat badan
  4. Menjaga pH tubuh
  5. Meningkatkan konsentrasi
  6. Meningkatkan energi
  7. Meningkatkan kesuburan dan libido

Berikut ini adalah tujuh nutrisi sehat yang bisa digunakan untuk membantu proses detoksifikasi atau pembersihan usus seperti berikut ini:

1. Bawang Putih
Meskipun memiliki bau khas yang tidak disukai banyak orang, namun bawang putih ternyata punya banyak kelebihan. Bawang putih bisa membantu pembersihan usus bahkan membuat jantung lebih sehat.

2. Bayam
Sayuran hijau seperti bayam juga bisa membantu pembersihan usus besar dan melindunginya dari penyakit.

3. Biji dan Kacang-kacangan
Biji-bijian memiliki kalori yang rendah namun tinggi serat. Kacang hijau dan kacang merah juga bisa memberikan efek yang baik dalam proses ini.

4. Kecambah
Kecambah dapat dikonsumsi untuk pembersihan usus besar. Selain itu ia juga memberikan pembersihan pada hati.

5. Lemon
Lemon sangat efektif dalam proses detoksifikasi. Dengan minum jus lemon setiap pagi akan sangat membantu pembersihan pada usus.

6. Ikan
Ikan kaya akan asam lemak, omega-3, dan minyak yang membantu agar racun-racun dalam tubuh ikut tidak mengendap pada usus besar. Namun jika Anda kurang menyukai ikan, cobalah dengan buah alpukat. Karena buah ini juga kaya akan omega-3 dan minyak.

7. Teh Hijau
Selain baik untuk detoksifikasi usus, teh hijau juga baik untuk detoksifikasi hati.
Selain nutrisi di atas, jus buah juga bisa menjadi pilihan yang ringkas dan bisa dikonsumsi di mana saja. Karena selain kaya serat, jus buah juga kaya akan enzim dan garam. Ini akan membuat proses detoksifikasi jadi lebih lancar.

8. Brokoli
Supaya memiliki tubuh yang indah dan tubuh yang super sehat, kita perlu menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan mempercepat pergerakan makanan. Salah satu cara yang terbaik adalah untuk makan lebih banyak serat. Brokoli, dan bunga kol adalah sayuran sumber yang kaya serat.
Sayuran ini juga memiliki kemampuan besar untuk mendetoksifikasi usus besar setiap kali Anda memakannya. Lebih dari 500 studi menunjukkan bahwa sayuran adalah makanan pencegah kanker yang paling kuat. Hal ini karena tingkat kandungan antioksidannya yang sangat tinggi.

9. Jeruk Lemon dan air hangat
Lemon bermanfaat merangsang hati untuk memproduksi empedu, yang secara keseluruhan membantu fungsi sistem pencernaan menjadi lebih baik. Produksi empedu yang baik akan membuat perut juga bekerja lebih baik, termasuk pergerakan dan membersihkan. Minum segelas air hangat dan air lemon setiap pagi akan mendetoksifikasi tubuh sekaligus membantu usus membersihkan diri.

10. Air Putih
Usus yang dehidrasi secara terus-menerus dapat menyebabkan sembelit, kondisi yang akan menyebabkan penumpukan racun dalam usus besar. Inilah sebabnya mengapa pentingnya memastikan bahwa diri Anda sudah mencukupi kebutuhan air setiap harinya.

11. Alpukat
Alpukat Kaya akan jenis serat larut dan tidak larut, yaitu senyawa yang akan merangsang pergerakan usus yang sehat dan membersihkan usus besar. Serat secara umum mengurangi risiko terkena kanker usus besar. Serat larut bersifat menyerap air dan mengikat zat lain yang ada dalam usus besar untuk dikeluarkan secara bersama-sama

12. Sayuran berdaun hijau tua
Sayuran berdaun hijau tua, seperti kangkung dan bayam bersifat melindungi pencernaan dan melindungi usus besar. Klorofil yang larut dalam lemak akan menempel pada lapisan dinding usus besar, menangkap bakteri, dan menghilangkannya dari usus besar, serta menjaga lapisan lendir dalam dinding saluran pencernaan. Sayuran hijau lainnya adalah seledri dan kacang polong. Sayuran hijau tinggi klorofil, yang akan membersihkan usus besar sekaligus membantu mendetoksifikasi hati Anda.

13. Makanan Fermentasi
Sistem pencernaan terdapat bakteri jenis menguntungkan yang bertugas membantu pencernaan makanan, keseimbangan, penyerapan nutrisi, dan pembuangan zat sisa dan racun. Pada saat keseimbangan bakteri dari sistem pencernaan terganggu, maka kesehatan seluruh tubuh keseluruhan juga bisa terganggu . Lebih dari 80 persen sistem kekebalan tubuh berada pada usus Anda, jadi ketika flora usus tidak seimbang, maka sistem kekebalan tubuh Anda tidak akan bekerja dengan baik.
Makan banyak makanan fermentasi seperti yoghurt, kombucha, acar, tempe, dan kimchi akan membantu keseimbangan bakteri usus besar. Semuanya adalah makanan probiotik yang akan membantu menjaga sistem pencernaan seimbang dan sehat.

14. Lidah Buaya
Lidah buaya baik untuk tubuh, untuk luar dan dalam – sehingga bisa menjadi suplemen alami yang meredakan peradangan dalam tubuh, dan membantu mencegah masalah pencernaan. Aloe vera juga merupakan cara yang bagus untuk meringankan sembelit dan melegakan sistem pencernaan.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

15. Kacang -kacangan
Kacang-kacangan memiliki kemampuan membersihkan usus besar, serta kaya nutrisi dan antioksidan. Kacang-kacangan dan bijian adalah makanan kaya akan zat besi, seng, kalium, kalsium, vitamin B, dan protein.  Kacang adalah protein nabati yang bersih bebas steroid, hormon pertumbuhan, atau antibiotik.

16. Apel
Apel adalah buah super yang paling terkenal kuat dalam hal kesehatan tubuh. Apel kaya serat, sehingga mempromosikan pencernaan yang sehat. Pektin dalam kulit apel adalah jenis karbohidrat yang menebalkan dinding usus. Pada dosis terapi, pektin menghilangkan racun yang mengumpul dalam usus besar(termasuk logam berat) sekaligus memperkuat lapisan usus. Buah lain yang kaya Pektin adalah pisang dan buah jeruk.

Dengan melakukan proses detoksifikasi secara rutin, maka Anda akan mendapatkan kulit yang lebih bersih. Selain itu Anda juga akan terhindar dari risiko terkena penyakit seperti kembung, sembelit, hingga kanker usus.

Adapun makanan yang justru dapat memicu masalah pencernaan. Agar tidak terjadi masalah dalam sistem pencernaan Anda, coba hindari beberapa makanan berikut:

  • Tinggi lemak dan gorengan
Kedua makanan ini bisa memperberat kerja perut, sehingga memicu refluks asam dan mulas. Makanan tinggi lemak juga menyebabkan tinja berwarna pucat, atau biasa dikenal dengan steatorrhea. Penderita sindrom iritasi usus juga diharuskan mengurangi asupan makanan tinggi lemak, termasuk mentega dan krim.
  • Bubuk cabai
Semua makanan pedas mengiritasi kerongkongan dan menyebabkan perut mulas. Makanan pedas juga sebaiknya dihindari bagi para penderita sindrom iritasi usus besar atau mereka yang menderita maag kronis.
  • Susu
Ya, tubuh memerlukan kalsium untuk tulang. Namun, Anda bisa memperoleh asupan kalsium dari produk susu lainnya, seperti keju. Bagi mereka yang tidak toleran terhadap laktosa (intoleran laktosa), susu bisa menyebabkan diare, perut penuh gas dan kembung serta kram. Penyakit celiac, crohn dan kemoterapi dapat merusak usus yang juga menyebabkan intoleran laktosa.
  • Alkohol
Memang sih, alkohol membuat tubuh menjadi rileks. Sayangnya, alkohol juga menyebabkan refluks asam atau mual. Minuman ini juga memicu peradangan lapisan perut, merusak enzim tertentu dan mencegah nutrisi diserap. Terlalu banyak menegak alkohol juga menyebabkan diare dan kram.
  • Beri
Buah-buahan keluarga beri memang baik, namun biji halusnya bisa menjadi masalah bagi penderita diverticululitus (penyakit di usus besar di mana muncul kantong-kantong gelembung di luar usus besar).
  • Cokelat
Penelitian pada tahun 2005 menunjukkan bahwa cokelat sebaiknya dihindari bagi penderita sindrom iritasi usus besar atau sembelit kronis. Cokelat juga mengandung kafein yang memicu kram, kembung dan diare.
  • Kopi, teh dan soft drink
Kopi, teh, dan minuman bersoda tidak hanya meningkatkan asam lambung tetapi juga bertindak sebagai diuretik yang bisa menyebabkan diare dan perut kram. Minuman berkafein juga menyebabkan masalah tertentu, terutama bagi penderita gastroesophageal reflux disease (GERD).
  • Jagung
Jagung mengandung selulosa, sebuah jenis serat yang tidak bisa dicerna dengan mudah. Jika Anda tetap ingin memakan jagung, cobalah dikunyah lebih lama. Jika tidak sempurna mengunyahnya, bisa menyebabkan sakit perut dan perut penuh gas.




Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*