Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata

Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan mata adalah hal yang tidak ternilai harganya. Walaupun begitu, menjaga mata tetap sehat dapat dilakukan dengan banyak cara yang mudah, termasuk dari makanan.
Beberapa makanan berikut dapat membantu menjaga kesehatan mata secara umum dan melindungi mata dari banyak masalah yang bisa mengganggu indera penglihatan ini, seperti katarak, rabun, dan lain sebagainya.

 

Ada jutaan orang yang menderita degenerasi makula dan katarak, jumlah ini dapat terus mengalami peningkatan jika selalu mengabaikan kesehatan mata mereka. Padahal amat penting untuk menjaga pembuluh darah mata agar tetap sehat, solusinya adalah dengan menghidari penyebab timbulnya keluhan pada mata dan menjaga kesehatan mata Berbicara mengenai kesehatan mata, bukan hanya perawatan dari luar saja yang dibutuhkan, perawatan dari dalam seperti memasukan sejumlah makanan sehat pada menu harian anda juga tak kalah dibutuhkan. Sejumlah penelitian menunjukan bahwa asupan makanan yang kaya akan nutrisi ikut berperan dalam melindungi kesehatan mata.

Makanan yang kaya akan kandungan lutein, vitamin C, asam lemak omega-3, zinc dan antioksidan dapat membantu mengatasi bahkan mencegah sebagian besar keluhan penyakit yang berkaitan dengan usia termasuk dengan katarak dan degenerasi makula. Radiasi cahaya seperti dari penggunaan komputer yang terlalu lama dapat menjadi alasan utama yang dapat menyebabkan kerusakan mata. Nah, berikut ini anda dapat menjaga kesehatan mata dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk membuat mata lebih jernih dan membuatnya tetap sehat.

Salmon
Seperti yang sudah diketahui, salmon kaya akan asam lemak omge-3 yang mampu memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk mata. Selain itu, salmon juga mengandung asam folat, vitamin A, vitamin D, vitamin B6 dan vitamin B12.

Brokoli
Brokoli Juga merupakan salah satu jenis sayuran yang baik untuk merawat dan menjaga kesehatan mata karena brokoli atau kol ini mengandung nutrisi yang sama seperti bayam yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi ini fungsinya seperti ‘sunglasses’ yang berfungsi untuk melindungi mata dari pancaran sinar UV. Tidak hanya itu lho, mengkonsumsi kol terbukti dapat menurunkan resiko terkena katarak.

Bayam
Bayam kaya akan kandungan vitamin A-nya. Bayam dan juga sayur-sayuran berdaun hijau lainnya memiliki banyak nutrisi yang baik untuk mata.Selain dapat menambah energi, makanan kesukaan Popeye ini ternyata hampir sama seperti telur, ternyata bayam juga mengandung banyak zeaxanthin dan lutein. Selain itu bayam juga mengandung vitamin C yang dapat mencegah penyakit glaukoma.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

Kale
Kale mengandung vitamin A, juga lutein, dan zeaxathin: resep sempurna untuk menunjang kesehatan mata dan penglihatan.

Tomat

Buah Tomat sering digunakan untuk merawat keehatan kulit muka. tetapi buah tomat juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Tomat yang diperkaya vitamin A, vitamin C dan lycopene, yang merupakan tiga nutrisi yang sangat penting untuk mata.

Telur
Makanan yang satu ini mengandung sumber nutrisi yang sangat baik untuk mata diantaranya seperti lutein, B12, vitamin D, zinc, vitamin A, dan cysteine. Lutein dan zeaxanthin yang terkandung di dalam putih telur adalah antioksidan terbaik yang dapat mencegah proses degenerasi makular dan penyakit katarak.

Bawang putih
Kandungan selenium, vitamin C, vitamin B1, quercetin, dan glutathione pada bawang putih bermanfaat untuk melindungi lensa mata dari radikal bebas seperti sinar UV. Selain itu bawang putih juga dapat menjaga sirkulasi darah dan dapat memperkuat sel-sel optik dan daya tahan tubuh yang tentu saja akan membantu mata kita agar tetap sehat. Selain itu makanan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan

Alpukat
Alpukat adalah salah satu jenis buah yang mengandung sangat banyak nutrisi dibanding yang lainnya. Sangat baik untuk tubuh, termasuk mata. Alpukat mengandung lutein yang sangat tinggi.
Lutein adalah nutrisi penting untuk mencegah katarak dan degenrasi makula.  Kandungan lain yang terdapat pada alpukat adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E. Selain itu buah alpukat juga berperan sebagai penyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten yang berguna dalam membentuk vitamin A agar dapat diserap tubuh dengan baik.

Wortel
Seperti telah diketahui, buah dan sayuran yang berwarna orange adalah baik untuk mata. Adalah beta-carotene, salah satu tipe vitamin A yang memberi warna orange pada wortel, membantu untuk retina dan bagian lain pada mata agar berufngsi dengan baik. Wortel juga bermanfaat melepaskan radikal bebas yang ada dalam tubuh kita.

Biji bunga matahari
Jenis makanan yang sering jadi cemilan ini mengandung banyak selenium dan vitamin E, yang mampu mencegah katarak dan gangguan mata lainnya.

Cokelat Hitam
Dark chocolate ini berfungsi untuk meningkatkan ketajaman penglihatan. Karena coklat hitam mengandung suatu zat yang dinamakan flavonoid yang bertugas melindungi pembuluh darah pada mata sehingga tentu saja akan secara otomatis memperkuat kornea dan retina mata kita. Nah, jika Anda kurang menyukai wortel Anda juga dapat menjadikan coklat hitama sebagai penggantinya.
Nah itulah beberapa makan yang dapat bermanfaat untuk merawat dan menjaga kesehatan mata serta memulihkan penglihatan menjadi cerah kembali.

Selain beberapa Makanan Yang Baik Untuk Menyehatkan Mata Dan Penglihatan diatas mungkin masih banyak lagi makanan yang bisa juga dapat menjaga kesehatan mata. Jika Anda tahu salah satunya, silahkan share lewat komentar disini, insyaallah akan bermanfaat


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*