makanan terbaik untuk kolesterol

makanan terbaik untuk kolesterol

Jika Anda satu dari jutaan orang di dunia yang memiliki kolesterol tinggi, mungkin Anda akan senang mengetahui bahwa ada makanan yang dapat mengontrol kolesterol dalam darah.

Diet kolesterol memang menyarankan untuk menghindari minyak dan lemak tetapi nyatanya lemak masih tetap diperlukan tubuh. Untuk itu, gantilah lemak Anda dengan lemak yang memiliki nutrisi yang lebih tinggi. Sebenarnya, kunci diet kolesterol adalah mengombinasikan berberapa jenis makanan dari kelompok makanan yang berbeda.

Kata kolesterol dianggap sebagai momok dan harus dihindari.  Kolestrol  senyawa kompleks yang dihasilkan tubuh dalam hati, dan sisanya dari luar tubuh seperti dalam zat makanan yang berguna bagi tubuh. Kolesterol ada 2 (dua) macam, yaitu :

  • LDL (low density lipoprotein) yang disebut sebagai kolesterol jahat yang berbahaya bagi tubuh dan harus dihindari,
  • HDL : high density lipoprotein yang mencegah kolesterol  jahat mengendap dan tidak merugikan tubuh.

Kolesterol jahat merupakan penyebab terjadinya aterosklerosis yaitu pengapuran dan pengerasan dinding pembuluhdarah. Pengerasan pada pembuluh darah, khususnya pembuluh darah koroner akan menjadi sempit dan menghalangi aliran darah yang mengalir di dalamnya.  Hal ini akan meningkatkan risiko terkena Penyakit Jantung Koroner (PJK).

Fungsi Kolesterol
Namun kolesterol diperlukan manusia juga untuk membangun dinding sel dan membuat hormon.  Kolesterol juga merupakan satu komponen penting untuk membuat asam empedu, hormon steroid dan vitamin D.

Kolesterol Normal
Kolesterol normal  adalah <200 mg/dl untuk kolesterol  total, <100 mg/dl untuk kolesterol jahat (LDL, jenis yang dapat menyumbat arteri) dan  kadar  >50 mg/dl untuk kadar baik (HDL- jenis yang membantu membersihkan lemak dari darah).
Penderita sebaiknya menjaga agar HDL tetap tinggi, karena berkaitan dengan rendahnya risiko penyakit jantung.

Berikut ini kami rangkum daftar makanan penurun kolesterol tinggi:


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

    1. Oatmeal mengandung serat larut yang dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat dari dalam tubuh. Selain oatmeal serat larut juga dapat ditemukan pada kacang merah, pisang, apel, pir dan buah prune. Cara kerja serat larut adalah mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah, sehingga tidak menumpuk di dalam pembuluh darah.
    2. Anggur Merah, mungkin memiliki dampak yang signifikan pada penurunan kadar kolesterol. Sebuah studi yang dilakukan oleh The Department of Metabolism and Nutrition di Universidad Complutense de Madrid asal Spanyol menemukan bahwa ada penurunan kadar LDL sebesar 9%-12% pada orang yang mengkonsumsi buah anggur merah.
    3. Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan kembung, sarden, tuna dan salmon. Selain menurunkan tingkat kolesterol jahat, Omega 3 juga sangat baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah serta risiko kematian mendadak akibat serangan jantung.
    4. Kacang-kacangan seperti almond dan kenari juga mampu menurunkan kolesterol tinggi, karena kandungan asam lemak tak jenuh ganda, yang juga baik bagi kesehatan pembuluh darah. Untuk mendapatkan hasil terbaik jangan makan kacang-kacangan yang sudah dicampur garam atau gula.
    5. Kacang Panjang, Para peneliti di Arizona State University Polytechnic menemukan bahwa menambahkan 1/2 cangkir sup kacang panjang dapat menurunkan kolesterol total dan LDL, hingga 8%. Hal ini dikarenakan kacang panjang mengandung banyak serat yang telah terbukti memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol dalam jenis makanan tertentu.
    6. Teh hitam, Disamping bisa berguna untuk pencegahan kanker, teh hitam ternyata juga mampu untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Berdasarkan penelitian dari USDA teh hitam dapat menurunkan kolesterol tinggi hingga 10% hanya dalam waktu 3 minggu.
    7. Alpukat adalah sumber dari lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak yang benar-benar dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL sambil menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Alpukat mengandung beta-sitosterol, yakni lemak nabati untuk mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Karena alpukat cukup tinggi kalori dan lemak maka sebaiknya jangan terlalu sering untuk dikonsumsi.
    8. Buah zaitun merupakan karunia alam yang sangat menakjubkan. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan zaitun hydroxytyrosol di dalamnya yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi, namun tidak mengurangi tingkat kolesterol baik di dalam tubuh (HDL). Buah zaitun ini merupakan salah satu makanan yang pasti masuk kedalam menu masakan masyarakat Mediterania. Dan ini berbanding positif dengan kesehatan kardiovaskular masyarakat tersebut. Selain buahnya, minyak zaitun juga sangat berkasiat karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E, yang baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik.
    9. Yoghurt bebas lemak adalah pilihan berikutnya karena kaya akan protein, kalsium dan mikroorganisme Lactobacillus yang juga dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi.
    10. Buah dan sayuran yang kaya antioksidan dapat menurunkan tingkat kolesterol tinggi dan juga melindungi jantung. Jenis buah dan sayuran yang baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol adalah: blueberry, strawberry, acai berry, blackberry, cranberry, jambu biji, mangga, kubis, brokoli, paprika, cabai, aprikot, mangga, labu, ubi jalar, wortel, dan bayam. Sebaiknya Anda memasukan porsi buah dan sayuran di setiap kali Anda makan.
    11. Kedelai dan aneka jenis makanan yang terbuat darinya, seperti tahu, tempe dan susu kedelai, disebut-sebut sebagai salah satu makanan penurun kolesterol tinggi yang ampuh. Analisis menunjukkan bahwa mengkonsumsi 25 gram protein kedelai per hari (10 ons tahu atau 2 1/2 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan LDL sebesar 5% sampai 6%.
    12. Bawang putih telah dipercaya selama berabad-abad berpengaruh positif terhadap kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih juga dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol tinggi dan melindungi jantung. Yang terbaik adalah mengkonsumsi bawang putih mentah yang dapat Anda masukan ke dalam salad atau menu makanan lain. Bawang putih ini juga merupakan salah satu faktor penentu dalam diet ala Mediterania seperti halnya buah zaitun.

Demikianlah daftar menu 12 makanan penurun kolesterol tinggi yang dapat Anda terapkan dalam menu makanan Anda sehari-hari. Selain dengan mengatur makanan yang kita konsumsi, Anda juga harus memperhatikan gaya hidup sehat seperti: berolahraga secara teratur serta menjauhi rokok dan alkohol. Menjadi sehat tentunya perlu pengetahuan yang benar dan kedisiplinan yang tinggi dalam menjalankannya.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*