Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Asam Urat

diabetes

Diet merupakan hal penting untuk diabetes dan asam urat, dua penyakit metabolik kronis. Dalam diabetes, tubuh memiliki masalah mengelola glukosa darah karena insulin terlalu rendah atau sel merespon normal terhadap insulin. Akibatnya, gula darah bisa menjadi terlalu tinggi dan mengganggu pasokan energi tubuh.

Dalam asam urat, tubuh memiliki masalah metabolisme purin, senyawa alami yang ditemukan dalam banyak makanan. Pemecahan purin menghasilkan asam urat, yang dapat mengkristal di persendian pasien asam urat dan menyebabkan sakit parah. Kedua pasien asam urat dan penderita diabetes harus menghindari makanan tertentu, termasuk beberapa buah-buahan yang kaya purin maupun yang kaya akan gula sederhana. Konsultasikan dengan dokter untuk menentukan diet atau pola makan yang sesuai untuk anda.

Dalam menyusun menu Makanan Untuk Penderita Diabetes Dan Asam Urat, banyak hal yang harus diperhatikan. Untuk memastikan kandungan gizi yang pas dan baik untuk penderita penyakit – penyakit berat tersebut, anda harus berkonsultasi dengan ahli gizi yang sudah berpengalaman. Dengan memperhatikan kondisi kesehatan penderita diabetes mellitus, para ahli gizi akan mencoba membuat menu makanan sehat dan aman untuk dikonsumsi para penderita diabetes setiap harinya. Susunan Makanan Untuk Penderita Diabetes Dan Asam Urat yang dibuat ini dapat meningkatkan energy yang dimiliki oleh penderita agar siap dan mampu melakukan aktifitasnya setiap hari.

Sayuran sangatlah penting bagi tubuh kita, apalagi dengan ibu hamil supaya untuk mencegah diabetes. oleh karena itu silahkan memulai pola hidup sehat, karna diabetes sangat berbahaya bagi tubuh anda.

Pilihan terbaik:
– Sayuran segar, dimakan mentah atau dikukus ringan, panggang, atau panggang
– Sayuran beku polos, ringan dikukus
– Natrium rendah atau tawar sayuran kaleng
– Selada, hijau, kangkung, bayam, arugula

Pilihan terburuk:
– Sayuran kalengan dengan banyak ditambahkan sodium
– Sayuran yang dimasak dengan banyak tambahan mentega, keju, atau saus
– Pickles (jika Anda perlu untuk membatasi natrium, jika tidak, acar baik-baik saja)
– Sauerkraut, (sama seperti acar, limit hanya jika Anda memiliki tekanan darah tinggi )

Berikut ini adalah berbagai sayuran yang baik dan bermanfaat bagi penderita diabetes:
 
1. Bayam
Wow, bayam dan sayuran hijau lainnya ternyata tidak hanya baik untuk membantu melancarkan pencernaan tetapi juga untuk mencegah diabetes1!
Penelitian yang dilakukan pada lebih dari 200 ribu orang yang berusia antara 30-74 tahun menunjukkan bahwa mereka yang banyak mengkonsumsi sayuran (paling tidak 1½ porsi sayuran hijau setiap hari) memiliki risiko diabetes hingga 14% lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang yang jarang mengkonsumsi sayuran (kurang dari ½ porsi sayuran hijau per hari)1. Hal ini diduga berkaitan dengan kandungan zat aktif dalam sayuran yang dapat membantu pola hidup sehat sehingga menurunkan risiko diabetes.

2. Brokoli
Di dalam sayuran Brokoli terdapat kandungan sulforaphane yang diketahui dapat memperbarui produksi enzim dan melindungi pembuluh darah serta mencegah kerusakan sel akibat tingginya kadar gula dalam darah.

Selain itu, Brokoli juga mengandung kromium, dimana peningkatan senyawa ini dalam tubuh akan mendorong peningkatan sensitivitas insulin dalam tubuh yang bermanfaat dalam pengendalian glukosa dan faktor-faktor terkait lainnya yang menyertai timbulnya diabetes.

Untuk dapat menikmati sepenuhnya manfaat Brokoli, Anda perlu memerhatikan cara penyimpanan dan pengolahannya. Jangan sekali-kali menyimpan Brokoli dalam freezer karena segera setelah dikeluarkan dari freezer, kandungan gizi di dalamnya akan rusak.

Sedangkan, untuk mengolahnya, bisa dilakukan dengan cara mengukus, menumis, atau memanggangnya dalam microwave dalam waktu yang singkat.

Mengapa sebaiknya tidak merebus Brokoli? Karena cara tersebut akan menyebabkan hilangnya kandungan gizi Brokoli sebanyak hampir 70 persen.

3. Kembang Kol
Kembang kol atau bunga kol memiliki manfaat bagi kesehatan seperti, gangguan pencernaan, mencegah efek radiasi ultraviolet, diabetes, radang usus, degenerasi makula, obesitas dan hipertensi. Zat bersifat Antioksidan pada bunga kol membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu mengurangi risiko stroke, kanker dan penyakit neurodegenerative. Kembang kol juga berguna untuk menjaga kesehatan tulang, otak, keseimbangan elektrolit, menjaga kadar kolesterol, dan mencegah gangguan terhadap kardiovaskular.

Kandungan nutrisi pada bunga Kol
Kembang kol adalah sumber vitamin C (asam askorbat), folat, vitamin K (phylloquinone) dan vitamin B-6. Vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), dan sejumlah kecil vitamin E (alfa-tokoferol) . Bunga kol juga menyediakan mineral penting seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium dan mangan tanpa kolesterol berbahaya. Merupakan sumber protein, dan dengan jumlah lemak jenuh yang sangat rendah, daripada lemak lemak tak jenuh dan asam omega-3 lemak esensial yang bermanfaat. Kol juga mengandung serat dan mengandung gula alami lebih rendah, jika dibandingkan dengan anggota keluarga lain seperti brokoli.

4.Sawi Hijau
Sawi ternyata mampu membantu mencegah osteoporosis karena kandungan vitamin K dalam sawi dapat mengatur protein tulang dan kalsium di dalam tulang. Kandungan kalsium pada sawi juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah diabetes mellitus. Sawi juga mengandung niasin yang berfungsi memperkecil proses aterosklerosis dan akhirnya menurunkan kemungkinan terjadinya serangan jantung. Sawi juga dapat menjaga kornea mata agar selalu sehat dengan adanya vitamin A membuat sel epitel akan mengeluarkan keratin, yaitu protein yang tidak larut dalam air.

Selain itu, kandungan asam folat dalam sawi berfungsi dalam proses sintesis nucleoprotein yang merupakan inti dari pembentukan dan produksi butir – butir darah merah normal dalam sumsum tulang yang dapat mencegah anemia. Kandungan vitamin E pada sawi dapat berfungsi sebagai antioksidan utama di dalam sel.

Selain vitamin E, betakaroten dan vitamin C pada sawi sangat baik untuk mencegah kolesterol dan penyakit jantung. Ketiga zat tersebut sangat bermanfaat mencegah terjadinya oksidasi kolesterol LDL.

Wah, ternyata sawi kaya akan manfaat ya. Sangat menyehatkan. Nah, sekarang bagaimana dengan anda, masih tega menyisihkan sawi di mangkuk mie bakso anda?

5. Ketimun
Ketimun cocok dijadikan sebagai lalapan dengan cocolan sambal yang nikmat. Sayuran ini juga nikmat diolah menjadi jus atau es serut. Tidak hanya rasanya yang segar, ketimun ternyata memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Rutinlah mengonsumsi ketimun –sebaiknya yang masih segar– dan rasakan tujuh manfaat dari ketimun, seperti yang dikutip dari Fitnea ini.

1. Rehidrasi Tubuh
Mencukupi kebutuhan cairan untuk tubuh tidak harus selalu dengan minum air putih. Cairan juga bisa Anda dapatkan dari makanan, misalnya buah atau sayuran. Dan ketimun merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya kandungan airnya, sekitar 90 persen. Oleh sebab itu ketimun baik dikonsumsi untuk rehidrasi tubuh.

2. Menyingkirkan Racun
Kandungan air dalam ketimun berfungsi sebagai ‘penyapu’ kotoran di tubuh. Ketimun bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang menumpuk dan tak tercerna oleh tubuh, juga toksin yang lama mengendap. Jika dimakan secara rutin, ketimun bisa membantu menjaga kesehatan ginjal.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

3. Memenuhi Asupan Vitamin
Ketimun memiliki berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Sayuran hijau dengan aroma khas ini mengandung vitamin A, B dan C yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membuat Anda berenergi dan terlihat segar. Khasiatnya akan lebih maksimal jika dibuat jus bersama campuran bayam dan wortel. Sebaiknya konsumsi bersama kulitnya karena mengandung vitamin C yang bisa memenuhi 12 persen dari kebutuhan harian yang disarankan.

4. Menjaga Kesehatan Fungsi Cerna
Berkat kandungan air yang tinggi dan rendah kalori, ketimun adalah makanan yang ideal jika Anda sedang dalam program penurunan berat badan. Anda bisa memasukkan irisan ketimun dalam sup, salad, atau dijadikan camilan. Potong ketimun secara memanjang hingga berbentuk seperti stick, lalu celupkan ke dalam yoghurt rendah lemak sebelum memakannya. Mengunyah ketimun juga bisa melatih kekuatan rahang dan kandungan seratnya baik untuk pencernaan. Makan ketimun setiap hari juga bantu mengatasi sembelit.

5. Mencegah Diabetes Sampai Kurangi Kolesterol
Jus ketimun mengandung hormon yang diperlukan sel-sel dalam pankreas untuk memproduksi insulin. Itulah sebabnya ketimun baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu ketimun juga bisa menurunkan kolesterol. Para peneliti menemukan senyawa bernama sterols di dalam ketimun lah yang membantu mengurangi tingkat kolesterol dalam darah.

6. Menstabilkan Tekanan Darah
Ketimun memiliki banyak serat, serta mineral potassium dan magnesium. Ketiganya bekerja efektif mengatur tekanan darah. Itulah sebabnya mengapa ketimun sangat disarankan untuk dikonsumsi para penderita tekanan darah tinggi maupun darah rendah.

7. Menyegarkan Mulut
Sari ketimun bisa menyembuhkan radang gusi sekaligus menyegarkan mulut. Iris tipis ketimun dan tekan-tekan pada langit-langit mulut menggunakan lidah selama 30 detik. Kandungan phytochemcials-nya akan membunuh bakteri penyebab bau napas tak segar.

Ada bukti juga bahwa sayuran sangat sehat untuk penderita diabetes. apalagi untuk ibu yang sedang mengandung itu sangatlah penting, karena selain untuk kesehatan kandungan, bisa juga mencegah terjadinya diabetes pada ibu hamil.

Para peneliti telah menemukan bahwa rendah lemak diet vegan dapat membantu pasien diabetes tipe 2 untuk mengelola penyakit mereka. Dalam sebuah penelitian di publikasi AS Diabetes Care, 43% dari orang-orang dengan diabetes tipe 2 yang mengikuti rendah lemak diet vegan selama 22 minggu mengurangi kebutuhan untuk mengambil obat diabetes.

Rata-rata, para vegan kelompok juga kehilangan berat badan lebih dan menurunkan kadar kolesterol jahat . Karena orang-orang dengan diabetes lebih rentan terhadap penyakit jantung , makan dengan hati kesehatan dalam pikiran hal-hal sebanyak kontrol gula darah.

 

 makanan yang harus Anda dihindari untuk mengatasi masalah asam urat

  1. Kerang. Kurangi makanan laut dan daging, kata Lona Sandon, asisten profesor nutrisi klinis di University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas. Karena Makanan hewani ini kaya akan purin, yang akan terurai menjadi asam urat di dalam tubuh. Sebaiknya batasi mengkonsumsi makanan laut paling banyak 4-6 ons setiap harinya.
  2. Ikan teri, tuna dan ikan asin. Memang ada beberapa jenis makanan laut dapat dimakan sesekali, namun khusus untuk ikan teri, tuna dan ikan asin harus dihindari sepenuhnya. Di sisi lain, udang, lobster, belut, dan kepiting relatif aman, kata Scott Zashin, MD, seorang rheumatologist dan profesor klinis kedokteran di UT Southwestern.
  3. Bir. Minum bir adalah bahaya ganda untuk penderita asam urat, menurut Dr Zashin. Tidak hanya meningkatkan tingkat asam urat Anda, bir juga membuat tubuh menjadi sulit untuk membersihkan kelebihan asam urat dari tubuh. Wine adalah pilihan yang lebih baik, tapi minum terlalu banyak adalah ide yang buruk bagi semua orang. Namun selama serangan asam urat datang alkohol merupakan pantangan yang harus dihindari.
  4. Daging merah. Semua daging diciptakan dengan kandungan purin yang berbeda-beda. Daging putih umumnya lebih baik daripada daging merah, tapi tidak menjadi masalah untuk makan beberapa jenis daging merah sesekali. Anda dapat memilih jenis daging merah seperti sapi dibandingkan dengan kalkun, kambing dan domba.
  5. Kalkun. Daging kalkun dan angsa memiliki kandunga purin yang sangat tinggi, jadi yang terbaik adalah menghindari mereka. Ayam dan bebek adalah pilihan paling aman, menurut Dr Zashin. Sebaiknya pilih daging dari bagian kaki dibandingkan dengan dada ayam dengan kulit. Daging kaki adalah pilihan yang lebih baik daripada dada ayam dengan kulit.
  6. Soft drink. Hindari minuman manis dengan tinggi fruktosa sirup jagung, seperti soda non-diet. Karena pemanis akan merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak asam urat. Sebuah studi menemukan bahwa pria yang mengkonsumsi banyak fruktosa lebih berisiko mengembangkan asam urat.
  7. Asparagus, kembang kol, bayam, dan jamur lebih tinggi purin dibandingkan sayuran lainnya. Tapi jika Anda suka makanan ini, tidak ada alasan untuk menghindari mereka sepenuhnya. Karena sepertinya tubuh lebih mudah membuang purin dari sumber nabati.
  8. Jeroan hati dan ginjal adalah termasuk makanan pantangan asam urat yang harus Anda hindari.

Sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu melindungi Anda terhadap asam urat. Ini termasuk susu rendah lemak, karbohidrat kompleks, kopi, dan buah-buahan, terutama buah jeruk. Anda juga harus minum setidaknya 12 sampai 16 gelas air putih setiap hari.

Dengan menjauhi segala makanan pantangan asam urat di atas, tentunya akan sangat membantu Anda dalam mengatasi dan mencegah serangan asam urat yang sangat menyakitkan.

Buah pantangan penderita komplikasi diabetes dan asam urat

Pisang
Meskipun pisang adalah makanan sehat secara umum, buah ini bukan pilihan yang baik untuk pasien dengan baik asam urat atau diabetes. Pisang kaya purin, menyediakan sekitar 60mg purin dalam 100g porsi. Penderita diabetes juga harus menghindari makan pisang secara teratur, karena buah pisang tinggi gula fruktosa sederhana, dengan sekitar 20g dalam 100g pisang. Makanan yang mengandung gula cukup tinggi dapat menyebabkan peningkatan pesat dalam gula darah, situasi yang tidak sehat untuk pasien diabetes.Anggur

Anggur juga mengandung purin dan gula sederhana yang tinggi, membuat buah anggur pilihan diet yang buruk untuk penderita diabetes dan untuk pasien dengan asam urat. Satu porsi anggur hijau, atau 100 g, mengandung hampir 30 mg purin; dengan jumlah ini juga menyediakan 15 g gula sederhana. Pasien harus memilih buah-buahan lainnya seperti melon atau jeruk, yang rendah gula dan purin.

Kismis dan buah-buahan kering lainnya

Pasien yang menderita asam urat harus menghindari kismis karena buah ini diproduksi dari anggur, buah-buahan yang tinggi purin. Penderita diabetes juga harus menghindari kismis dan buah-buahan kering lainnya seperti aprikot kering dan buah ara. Pengeringan buah ini membuat gula terkonsentrasi, sehingga sangat kaya gula sederhana. Akibatnya, mengkonsumsi buah-buahan kering dapat menyebabkan kenaikan gula darah yang cepat dan tidak sehat pada pasien diabetes.

Demikian artikel kami tentang buah pantangan penderita asam urat dan diabetes, semoga bermanfaat.

 


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*