Makanan Paling Berbahaya untuk Bayi

Makanan Paling Berbahaya untuk Bayi

Selain menjadi berkah dan anugerah, menjadi seorang ibu adalah tantangan terbesar bagi setiap wanita di dalam hidupnya. Terutama jika Anda adalah ibu baru yang memiliki pengalaman pertama dengan bayi, tentunya banyak info ini itu yang akan Anda dapatkan dari mereka yang lebih berpengalaman.

Salah satu masalah yang dapat Anda hadapi sebagai seorang ibu muda adalah tentang makanan yang berbahaya bagi bayi Anda. Resiko terbesar yang dapat disebabkan oleh beberapa makanan misalnya bahaya tersedak dan reaksi alergi.

Tak semua makanan bisa diberikan pada bayi. Meskipun balita Anda sudah siap dengan MPASI (Makanan Pendamping ASI) tapi beberapa makanan dapat menyebabkan reaksi alergi dan dapat membuat bayi tersedak.
Hal ini mengapa dokter merekomendasikan untuk menghindari memberikan makanan padat kepada bayi Anda sampai mereka berusia 6 bulan. Sangat sering beberapa orang tua tidak bisa menahan godaan mereka untuk memberi makan dengan makanan yang sama seperti yang mereka makan. Anda harus bersabar, tunggu sebentar sampai Anda mengetahui makanan yang sehat dan aman.
Berikut daftar makanan berbahaya bagi anak-anak akan membantu mencegah anak Anda dari penyakit yang tidak diinginkan:

1. IkanIkan adalah salah satu makanan yang tidak dianjurkan untuk bayi terutama untuk jenis ikan tertentu yang dikhawatirkan mengandung kadar merkuri yang tinggi sehingga membahayakan pertumbuhan bayi dan juga duri ikan yang bisa membuat bayi tersedak. Seperti misalnya ikan besar seperti ikan todak atau tuna mengandung tingkat merkuri tertinggi.

2.Susu Sapi

Penting untuk diingat bahwa Anda tidak harus memberikan susu sapi pada bayi di bawah 1 tahun. ASI adalah pilihan terbaik untuk si kecil. Ada beberapa alasan yang pasti mengapa anak sebaiknya tidak mengonsumsi susu sapi. Sebagai contoh, dapat menyebabkan kekurangan zat besi, sebab jumlah elemen ini dalam susu sapi sangat sedikit. Selain itu, susu sapi tidak kaya Vitamin C, E dan seng. Proses penyerapannya sangat sulit. Susu sapi tidak dianjurkan untuk anak-anak kecil karena mereka mungkin mengalami beberapa masalah pencernaan. Tentu saja, susu sapi sangat sehat untuk orang dewasa tapi untuk bayi tidak aman. Selain itu dapat memperburuk ginjal anak Anda.

3. Makanan yang bisa membuatnya tersedak


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

Ada banyak manfaat makan buah-buahan dan sayuran mentah tapi tunggu tak semua sayuran atau buah bisa dikonsumsi bayi.  Potongan buah-buahan dan daging juga berpotensi membuat bayi tersedak. Ada baiknya untuk memotong semua makanan menjadi potongan-potongan kecil agar bayi Anda lebih mudah mengunyahnya.

4.Telur

Mungkin, itu akan menjadi kejutan bagi Anda, tetapi telur juga bisa tidak aman bagi kesehatan anak-anak Anda. Semua ibu muda harus ingat bahwa bayi biasanya alergi terhadap telur. Tapi jangan kecewa. Biasanya ketika anak-anak makin besar, alerginya juga akan berkuranh. Pada usia 5 tahun anak-anak Anda bisa makan telur tanpa risiko terhadap kesehatan mereka. Ada beberapa gejala alergi yang disebabkan oleh telur, yang setiap ibu harus tahu, misalnya detak jantung yang cepat, masalah kulit, dan masalah pernapasan. Namun demikian, sebaiknya Anda tidak mengandalkan hanya pada pengalaman dan intuisi. Lebih baik ke dokter.

5. Madu
Khasiat madu memang tak terbantahkan bagi tubuh. Madu memiliki berbagai vitamin dan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Sayangnya, madu ini tidak boleh sembarangan diberikan pada anak-anak. Terutama pada bayi di bawah usia 1 tahun, yang dapat mempengaruhi perkembangan dan ada bakteri di dalam madu yang bisa berkembang dan berbahaya bagi pencernaan bayi.

6. Minuman berkafein
Mungkin ada ibu yang tidak keberatan memberikan anaknya 1-2 sendok teh minuman berkafein, namun fungsi kafein ini sangat berpengaruh besar bagi tubuh. Orang dewasa saja bisa merasakan betapa besarnya efek kafein bagi mereka, apalagi efek samping kafein dapat menyebabkan anak jadi rewel, gelisah, tegang, hingga mual.

7. Garam

Pada garam ini paling banyak di metabolisme tubuh. Garam ini berkaitan dengan metabolisme di ginjal. Pada bayi dibawah satu tahun, metabolisme ginjal masih belum sempurna.
8. Teh
Jangan memberikan air teh pada bayi dengan umur dibawah satu tahun. Karena teh mengandung tanin, buat orang dewasa aja jika Anda seorang penderita anemia sebaiknya jangan minum teh sambil makan. Karena hal ini (tanin) akan menyerap zat besi yang terkandung dalam makanan. Tahukah anda jika kebutuhan zat besi pada bayi lebih banyak 3- 4 kali dari pada orang dewasa. Jadi sebaiknya jangan berikan air teh pada bayi.
9. Coklat
Sama sepertin halnya teh. Coklat juga mengandung tanin yang dapat menghambat penyerapan zat besi pada anak, juga coklat mengandung kafein yang tidak baik bagi tubuh bayi.
Bagaimanapun, selalu konsultasikan dengan para ahli saja untuk soal memilih makanan bayi. Mendengarkan pengalaman orang lain adalah bijaksana, tetapi pilah lagi informasinya.
Itu tadi beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari untuk bayi dibawah satu tahun.

Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*