Makanan Ini Pantangan Bagi Penderita Diabetes

Makanan Ini Pantangan Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, memilih asupan makanan adalah sangat penting. Sebab, ada kelompok makanan tertentu yang sebaiknya dikonsumsi, ada juga kelompok makanan lain yang sebaiknya dihindari. Dengan demikian, penderita diabetes dapat lebih mengontrol gula darah.

Saat Anda terkena penyakit diabetes, sebaiknya mulai sekarang jaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda. karena seperti yang Kita tahu, penyakit diabetes dapat memicu komplikasi dan mengundang penyakit lain seperti serangan jatung.

Untuk itu salah satu untuk mencegah diabetes melitus dan kering agar tidak semakin parah, Anda juga perlu memperhatikan makanan yang sebaiknya dikonsumsi. Ada beberapa jenis makanan yang dilarang dan harus di hindari penderita diabetes.

Tujuan menghindari dalam mendisiplikan dari dengan mematuhi larangan dari makan makanan buah dan sayuran pemicu penyakit gula atau diabetes ini mempunyai 2 target harapan yaitu:
  1. Yang sudah terkena diabetes agar kadar gulanya stabil kembali pada kadar yang normal.
  2. Yang belum terkena kencing manis agar selalu hidup bahagia tanpa bayang banyang kegananasan penyakit diabetes.
Untuk kedua harapan di atas ada baiknya mulai sekarang untuk mengurangi atau lebih di sarankan menghindari beberapa makanan sayuran dan buah pemicu diabetes berikut ini:

1. Makanan yang digoreng
Makanan yang diolah dengan cara digoreng menjadi salah satu makanan yang dilarang penderita diabetes, selain bisa membuat kadar gula darah meningkat, makanan yang digoreng dapat memicu kolestrol semakin meningkat. yang tentunya sangat membahayakan kesehatan penderita diabetes.

2. Kafein
Kafein merupakan zat yang dapat mempengaruhi kinerja hati dan pankreas dalam produksi insulin. Perlu anda ketahui, insulin merupakan zat yang diperlukan untuk mengubah gula menjadi energi. Jika zat ini tidak ada, gula didalam darah akan menumpuk dan menyebabkan penyakit diabetes menjadi semakin parah.

3. Minuman beralkohol
Selain kafein, minuman beralk0hol juga tidak baik untuk penderita diabetes. Selain mengandung banyak gula, alkohol didalam minuman juga akan membuat hati dan pankreas sulit untuk memproduksi insulin. Selain dapat memperparah penyakit diabetes, minuman beralkohol juga dapat memicu timbulnya penyakit lain yang mematikan. Karena itulah mulailah untuk belajar menghindari minuman beralkohol.

4. Makanan berminyak
Makanan berminyak mengandung banyak kolesterol yang tidak baik bagi tubuh. Selain kolesterol makanan berminya juga dapat memicu timbulnya obesitas yang pada akhirnya juga akan membuat seseorang terjangkit penyakit diabetes mellitus.

5. Buah bercitarasa manis
Buah yang memiliki citarasa manis tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi penderita diabetes. Contoh buah yang dilarang untuk dimakan ppenderita diabetes adalah buah mangga, durian, semangka dan lain sebagainya.

6. Nasi
Nasi merupakan makanan pokok yang mengandung kadar gula yang tinggi sehingga tidak baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sebagai pengganti nasi, anda dapat mengkonsumsi nasi jagung atau nasi merah karena kedua jenis nasi ini memiliki kandungan gula yang tidak terlalu tinggi.

7. Umbi-umbian
Umbi-umbian merupakan sumber makanan yang banyak mengandung gula. Karena didalam tubuh penderita diabetes hanya memiliki hormon insulin yang jumlahnya sangat sedikit maka gula dari umbi-umbian tadi akan mengalir keseluruh tubuh tanpa diubah menjadi energi. Karena itulah sebaiknya anda menghindari umbi-umbian karena banyak mengandung gula dan tidak baik bagi penderita diabetes

8. Roti
Jika Anda menyukai roti sebaiknya hindari makanan ini, hal ini disebabkan roti yang terbuat dari tepung putih ini adalah salah satu makanan yang dapat menyebabkan penyakit diabetes, hindari Roti, jika ingin gula darah Anda tetap stabil.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

9. Pasta Putih
Pasta putih juga merupakan makanan yang dilarang dan menjadi pantangan penderita diabetes, hal ini karena pasta putih yang terbuat dari tepung putih ini tidak baik bagi penderita diabetes. Sifat pasta putih yang cukup mudah dicerna dapat memicu naiknya kadar gula darah.

Pantangan Diabetes yang Harus Diperhatikan

Bagi penderita diabetes, asupan makanan sangat berpengaruh. Inilah daftar makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi bagi pasien diabetes.

Karbohidrat

Tubuh memerlukan karbohidrat sebagai tambahan tenaga, tapi hindari mengonsumsi karbohidrat berupa nasi putih, roti putih, dan kentang goreng. Hindari juga sereal yang mengandung banyak gula tapi sedikit serat.
Sebaliknya, pilih beras merah, roti dari biji-bijian utuh, ubi jalar yang dipanggang, jagung atau makanan yang terbuat dari jagung.

Protein

Pantangan diabetes berikutnya adalah daging yang digoreng, kulit unggas, keju, ikan goreng, dan tahu goreng. Para penderita diabetes bisa mendapatkan protein dari daging dada ayam tanpa kulit, daging yang direbus, tahu kukus atau rebus, ikan panggang, telur, dan kacang-kacangan.

Produk susu

Produk susu yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes adalah susu full cream, es krim, yoghurt, dan keju. Tapi, para penderita diabetes tetap dapat mengonsumsi produk susu, seperti susu skim, yoghurt rendah lemak, dan keju rendah lemak.

Minuman dan buah-buahan

Buah mengandung serat, vitamin, mineral, dan karbohidrat, tetapi memiliki kadar lemak yang rendah.
Penderita diabetes sebaiknya menghindari minuman kemasan rasa buah, minuman jus buah yang sudah dicampur gula, dan buah kalengan yang sudah ditambahkan sirup gula. Selai buah yang sudah ditambahkan gula juga sebaiknya dihindari. Sebagai alternatif, pilihlah buah-buahan yang segar, jus buah asli yang tidak ditambahkan pemanis apa pun, atau selai yang tidak mengandung gula.
Penderita diabetes juga sebaiknya menghindari minum teh manis, kopi dengan gula dan krim, minuman bersoda, minuman beralkohol, dan minuman penambah stamina (energy drink). Selain air putih, para penderita diabetes tetap dapat mengonsumsi teh tanpa gula, kopi dengan susu rendah lemak dan pengganti gula, dan minuman coklat panas tanpa pemanis.

Sayuran

Sayuran adalah sumber serat yang baik untuk kesehatan. Pilihlah sayuran yang segar. Bisa dimakan mentah atau diolah dengan cara dikukus sebentar atau dipanggang.
Hindari mengonsumsi sayuran yang ditambah saus, keju, dan mentega. Selain itu, cobalah sisihkan sayuran kalengan yang sudah ditambahkan banyak garam dari menu sehari-hari. Jika penderita diabetes memiliki tekanan darah tinggi, hindari sayuran yang sudah dijadikan acar.

Bagaimana Jika Penderita Diabetes Tetap Mengonsumsi Makanan Pantangan?

Jika penderita diabetes tetap mengonsumsi makanan yang seharusnya dipantang, gula darah dapat mengalami lonjakan. Akibatnya, bisa terjadi berbagai komplikasi, misalnya meningkatnya risiko penyakit kardiovaskular dan kerusakan saraf. Penyakit kardiovaskular yang dapat diderita antara lain serangan jantung, stroke, dan penyempitan pembuluh darah.
Kerusakan saraf dapat menimbulkan gejala kesemutan di ujung jari kaki, mati rasa, hingga nyeri. Rasa ini dapat menyebar hingga ke kaki bagian atas. Komplikasi ini terjadi karena kadar gula yang tinggi dapat melukai dinding kapiler (pembuluh darah kecil) yang berfungsi menyehatkan saraf, terutama di bagian kaki. Jika kerusakan saraf terjadi di bagian pencernaan, dapat menyebabkan diare dan sembelit. Disfungsi ereksi juga dapat terjadi pada pria akibat adanya persarafan yang rusak.
Asupan makanan sehat dapat membantu menjaga gula darah agar tetap stabil. Oleh karena itu, apabila Anda mengidap diabetes, sebaiknya hindari makanan pantangan diabetes.

Itulah beberapa makanan pantangan diabetes, sebaiknya mulai dari sekarang hindari makanan yang banyak mengandung gula agar kadar gula darah Anda stabil. Demikian ulasan tentang makanan pantangan bagi penderita diabetes. Semoga bermanfaat!


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*