Macam-Macam Penyakit Tulang

Macam-Macam Penyakit Tulang

Tulang sangatlah berperan penting dalam organ tubuh manusia, pokok utama Anda untuk begerak dalam menjalankan aktifitas keseharian Anda jika ada sedikit masalah saja dengan tulang maka kesehatan serta aktifitas Andapun ikut terganggu .Tulang adalah jaringan yang tersusun oleh sel dan di dominasi oleh matrix kolagen ekstraselular ( type / collagen) yang disebut sebagai osteoid, osteoid ini termineralisasi oleh deposit kalsium hydroxyapatite sehingga tulang menjadi kaku dan kuat.

Tulang juga mulai terbentuk sejak bayi dalam kandungan berlangsung terus menerus  hingga susunannya menjadi teratur dan kuat.penyakit tulang juga merupakan suatu kondisi yang merusak kerangka dan membuat tulang lemah dan rentan tehadap fraktur yang berakibat pada penuaan tulang. Fraktur adalah tipe yang paling menghancurkan penuaan  tulang.  Penyakit tulang yang paling umum adalah osteoporosis yang ditandai dengan rendahnya tulang massa dan kerusakan struktur, tulang massa ialah tulang yang  kehilangan mineral seperti kalsium.
Perlu kita ketahui bahwa penyakit tulang banyak sekali macamnya oleh karena itu apabila anda mengalaminya segera periksakan ke dokter sebab jika terlambat akan berakibat fatal. Berikut ini macam-macam penyakit tulang:
1. Kaki Bengkok
Kaki yg bengkok terjadi karena adanya hambatan pertumbuhan tulang pada daerah lutut atau diakibatkan tulang tersebut mengalami kerapuhan. Kaki bengkok ini juga bisa disebabkan oleh barabagai macam penyakit seperti penyakit beri-beri, polio, bahkan lumpuh otak. Kaki bengkok juga terjadi pada orang dewasa yang  disebabkan oleh radang sumsum tulang, patah tulang, tulang sendi yg memburuk, atau penyakit sifilis tulang.2. Pembengkakan Ibu Jari (Bunions)
Bunions yaitu pembengkakan kepada jaringan sendi ibu jari kaki. Biasanya penyakit ini menyerang 2 ibu jari kaki secara bersamaan. Pembengkakan ibu jari kaki tersebut diakibatkan dari penggunaan sepatu yang terlalu sempit dan berujung lancip. Sepatu yg sempit itu memaksa & menekan jari-jari kaki sehingga menyebabkan tulang menjadi menojol.

3. Rakitis
Penyakit tulang rakitis diakibatkan dari seseorang kekurangan vitamin D ( kurangnya mengonsumsi sayuran ) sehingga tulang kaki dapat jadi bengkok dgn berbentuk huruf O atau X.

4. Osteoarthritis
Penyakit ini sebahagian gede berlangsung kepada umur lanjut. Penyakit ini adalah arthritis yg tak memunculkan peradangan terhadap sendi. Kebanyakan penyakit ini menyerang sendi kepada lengan, pergelangan lutut, kaki, bahu & pinggul penyakit ini merupakan nama lain dari rematik.

5. Penyakit Pirai (Gout)
Penyakit ini rata rata menyerang mendadak terhadap manusia dan berlangsung dengan cara berulang. Dengan  ditandainya perasaan nyeri terhadap tulang. Penyakit ini disebabkan terbentuknya endapan kristal monosodium glutamat urat yg berkumpul terhadap sendi. Penyebab yang lain lantaran tingginya kadar asam urat dalam darah.

6. Sarcoidosis
Penyakit ini adalah peradangan yg bermula bersama ditandai terbentuknya granuloma di kelenjar getah bening, paru-paru, hati, & mata, kulit serta jaringan yang lain.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

7. Nyeri Sendi Akibat Infeksi
Infeksi badan dapat saja menyerang tulang kalau tidak pandai memilah dan memilih mengonsumsi makanan

8. Systemic Lupus Erythematosus (SLE) atau Lupus
Yakni penyakit autoimun, dimana sistem kekebalan tubuh menyerang tubuhnya sendiri. Biasanya orang yg menderita lupus akan mengalami gejala ngilu yg sangat hebat pada tulang mereka.

9. Kifosis
Di Mana penderita penyakit ini aakan terlihat bungkuk karena tulang melengkung ke depan & penderita dapat tampak bongkok.

10. Keseleo atau terkilir yaitu rintangan yg berjalan kepada sendi tulang maka menyebabkan tulang jadi tak dapat digerakkan atau terjadinya rasa sakit yg luar biasa terhadap sendi.

11. Osteoporosis
Di mana dapat menyebabkan tulang Kamu jadi rapuh, keropos & sangat mudah patah. Penyakit ini menyerang pada orang yang telah lanjut usia.

12. Hidroxiapatite
Penyakit ini akibat penumpukan calcium piropospat ( sejenis kalsium tubuh ).
13. Skoliosis
Penderita yang mengalami penyakit ini mempunyai pertumbuhan tulang yang aneh , tulang belakang penderita akan tumbuh melengkung ke samping kiri ataupun kanan.

Jenis dari penyakit sendi dan tulang tersebut sebenarnya dapat dicegah apabila mengonsumsi Vitamin D yang cukup, karena seperti yang kita ketahui bahwa vitamin D bagus untuk pertumbuhan dan ketahanan Tulang. Selain itu rajin berolahraga juga sangat dianjurkan supaya tulang menjadi kuat dan terhindar dari berbagai macam penyakit tulang.

Cara Mencegah Penyakit Tulang

Konsumsi Kalsium dan Vitamin D
Kalsium bisa di dapat dari susu rendah lemak,keju, susu kedelai, brokoli,  sedangkan viatamin D fungsinya membantu penyerapan kalsium.
Olahraga Rutin
Lakukanlah olahraga rutin seperti jalan kaki, aerobik atau berenang.
Kurangi Konsumsi Garam
Garam meningkatkan pengeluaran kalsium lewat keringat dan urin.
Batasi Konsumsi Kafein
Terutama bagi wanita yang sudah memasukai masa menopause.
Berhenti Merokok
Merokok dapat menghambat pemulihan tulang yang keropos atau patah serta menghambat pertumbuhan tulang.
Waspadai Obat yang anda Konsumsi
Terutama obat golongan kortikosteroid yang digunakan dalam jangka pajang karena meningkatkan risiko pengeroposan tulang.
Setelah Anda mengetahui sebab dan akibat dari penyakit tulang kuncinya adalah pola hidup sehat yang sangat baik Anda lakukan agar kualitas hidup meningkat serta terbebas dari segala jenis penyakit.

Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*