Khasiat Buah Sirsak Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Buah Sirsak Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat daun sirsak sudah diketahui sejak zaman Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun lamanya. Pada saat itu para Kompeni menanam tumbuhan sirsak yang tak hanya menghasilkan buah yang lezat, tetapi daunnya juga bermanfaat bagi kesehatan sekaligus kecantikan.
Daun sirsak ini hanya bisa tumbuh di daerah yang beriklim tropis sehingga para penjajah menggunakan tanah Indonesia, salah satunya untuk membudidayakan tumbuhan sirsak. Maka, tak heran jika noni-noni Belanda terlihat cantik karena ternyata mereka memanfaatkan tumbuhan sirsak untuk menjaga penampilannya.
Bagi para wanita, tak ada salahnya jika anda menggunakan perawatan herbal menggunakan daun sirsak untuk memperoleh kecantikannya karena daun sirsak ini tidak akan menimbulkan efek samping seperti produk-produk kecantikan yang kini banyak di jual di pasaran.

 

Khasiat buah sirsak yang berguna bagi kesehatan tubuh bisa anda dapatkan dengan memakan secara langsung atau dibuat olahan seperti jus buah. Kandungan manfaat buah sirsak sudah terbukti ampuh melawan penyakit berbahaya seperti kanker. Tentu saja masih banyak kegunaan lain buah dengan kulit berduri ini yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Pasti anda pernah mencicipi nikmatnya minuman berbahan dasar buah dengan kulit berduri ini dalam sirup, jus maupun puding. Namun, sudahkah anda tahu khasiat buah sirsak yang bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh? Atau, anda hanya menikmati buah ini tanpa tahu manfaat dan kegunaannya?

Tahukah anda, nama buah sirsak berasal dari bahasa belanda zuurzak yang artinya kantung asam?

Selain buahnya berguna untuk memberi nutrisi pada tubuh, manfaat daun sirsak untuk obat sudah banyak digunakan sebagai ramuan tradisional berbagai macam penyakit sekelas kanker, hipertensi dan stroke.

Bagaimana memilih buah sirsak yang bagus?

  1. Pilih buah sirsak yang sudah matang. Ciri-ciri buah sirsak yang sudah matang adalah durinya berada berjauhan dan ada bintik-bintik hitam di dekat tangkainya.
  2. Pilih buah yang tidak ada cacatnya, baik itu sobekan, goresan, atau benang-benang putih jamur.
  3. Pilih buah yang apabila ditekan lembut, bukan lembek.

 

Kandungan Buah Sirsak

Kalsium

Selain untuk membantu proses pertumbuhan tubuh, kalsium juga berfungsi untuk memperlancar dan menstabilkan fungsi organ-organ tubuh.

Hidrat arang

Pernah dengar tentang hidrat arang? Nama lainnya adalah karbohidrat. Jelas, fungsi zat ini adalah untuk menambah tenaga dan membuat rasa kenyang. Itu artinya, bagi yang ingin diet, buah sirsak bisa dijadikan pilihan buah yang bisa dikonsumsi.

Protein

Tubuh sangat membutuhkan asupan protein untuk mendukung kinerja orgran dan syaraf serta sistem metabolism tubuh. Dengan mengkonsumsi buah satu buah sirsak, setidaknya Anda bisa mencukupi 1 gram asupan protein harian.

Kalori

Padatnya kegiatan sehari-hari dapat membuat tubuh membutuhkan ribuan kkal kalori setiap harinya. Orang dewasa biasanya membutuhkan setidaknya 1.600-2.000 kkal kalori per hari. Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein dan karbohidrat, buah sirsak bisa menjadi makanan pencuci mulut guna mencukupi kkal kalori harian.

Fosfor

Bagi anak-anak, fosfor sangat berguna untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, ibu-ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah sirsak karena kandungan fosfor di dalamnya dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi si cabang bayi.

Lemak
Memiliki sedikit lemak membuah buah ini tetap aman dikonsumsi dalam jumlah banyak. Jika tidak ingin memakannya secara langsung, tinggal diolah menjadi puding, agar-agar, atau jus.

Zat besi
Zat besi memiliki banyak fungsi, beberapa di antaranya adalah untuk mencerahkan warna kulit wajah dan tubuh dan menjaga kualitas sel darah merah dan darah putih sehingga tubuh tetap sehat dan terlihat segar.

Vitamin A
Seperti yang Anda ketahuai, vitamin A baik untuk kesehatan mata.

Vitamin C
Asupan vitamin C yang cukup dapat membuat daya tahan tubuh terjaga. Di samping itu, kandungan ini juga bagus untuk kesehatan gigi dan mulut.

Vitamin B
Memang kandungannya tidak banyak, tapi setidaknya dengan mendapatkan asupan vitamin B di dalam buah sirsak, proses metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak di dalam tubuh dapat terbantu dan berjalan lancar.

Khasiat Buah Sirsak Untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit

  • Membunuh sel kanker
    Manfaat buah sirsak sebagai obat kanker alami sudah banyak dimanfaatkan dalam berbagai merk obat herbal. Selain itu, konsumsi secara langsung maupun diolah dalam bentuk jus bisa melindungi sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.Khasiat buah sirsak dipercaya 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan serta membunuh sel kanker dibandingkan dengan kemo terapi.

 

  • Mengobati ambeien secara alami
    Jika anda menderita ambeien, kegunaan buah sirsak bisa dibuat obat tradisional ambeien yang murah dan aman. Caranya peras buah yang sudah masak untuk diambil airnya 1 gelas kemudian minum secara teratur 2 kali sehari pagi dan sore hari.

 

  • Obat herbal batu kandung kemih
    Khasiat sirsak untuk mengobati sakit kandung air seni dapat anda peroleh dengan meminum kolak buah sirsak. Sediakan buah setengah matang, gula dan garam dapur kemudian masak semua bahan tersebut sebagai kolak. Konsumsi ramuan herbal tersebut setiap hari selama 1 minggu untuk mengobati kandung kemih.

 

  • Mengatasi diare pada bayi
    Untuk mengobati diare pada anak bayi, peras buah sirsak matang kemudian saring airnya. Minumkan pada bayi yang sedang diare 2 – 3 sendok makan.

 

Manfaat sirsak untuk kecantikan
Kandungan vitamin C dalam buah ini memiliki zat anti-oksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan meminum jus buah secara teratur dapat membuat anda awet muda.
Manfaat dan khasiat buah sirsak bagi kesehatan serta kecantikan kulit dapat anda peroleh dengan mudah yaitu mengkonsumsi secara langsung maupun meminum jus buah sirsak. Kegunaan buah ini juga bisa dibuat ramuan herbal untuk mengobati berbagai penyakit.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

Tapi bukan itu saja. Daun sirsak pun rupanya memiliki banyak khasiat untuk kecantikan. Selama ini, daun sirsak memang sudah terkenal memiliki banyak sekali manfaat. Namun sepertinya tak banyak yang tahu bahwa daun sirsak pun memiliki kjasiat bagi kecantikan. Ada dua manfaat daun sirsak untuk kecantikan, yang pertama untuk menghilangkan masalah kulit seperti jerawat, komedo dan flek hitam. Kandungan vitamin dan mineral yang ada di daun sirsak dipercaya mampu memberi nutrisi pada kulit. Belum lagi, adanya kandungan antioksidan yang dapat menghilangkan jerawat.

 Dapat Menghilangkan Jerawat
Begini cara menggunakan daun sirsak untuk pengobatan jerawat.

1. Cuci bersih kurang lebih 7 lembar daun sirsak yang masih berwarna hijau
2. Tumbuk daun sirsak sampai benar-benar halus
3. Campurkan daun sirsak yang sudah halus tadi dengan rendaman air mawar secukupnya
4. Gunakan campuran daun sirsak dan air mawar tersebut sebagai masker
5. Untuk hasil yang lebih maksimal gunakan sebelum anda tidur
6. Untuk praktisnya bisa saja anda membuat untuk beberapa kali pakai, jika untuk sekali pakai menggunakan 7 lembar daun sirsak maka anda tinggal menjumlahkan 7 lembar daun sirsak di kalikan jumlah pakai. Cara ini juga bisa digunakan dengan air mawar ataupun tanpa air mawar

Selain itu, daun sirsak pun dapat digunakan untuk mengencangkan kulit wajah serta mencegah penuaan. Begini cara menggunakan daun sirsak untuk mengencangkan kulit wajah :
1. Cuci bersih kurang lebih 8-10 lembar daun sirsak
2. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan menyisakan hanya 1 gelas
3. Minum air rebusan daun sirsak
4. Gunakan cara ini 1-2 kali dalam seminggu secara rutin

Mengusir Kolesterol Jahat
Sirsak tak hanya mengandung vitamin C tetapi juga mengandung serat yang baik sekali untuk tubuh. Serat pada buah sirsak ternyata bisa menyerap kolesterol jahat yang terdapat pada tubuh. Sehingga yang tersisa di dalam tubuh adalah kolesterol yang baik saja. Jadi, untuk anda yang ingin sehat tanpa kolesterol jahat minumlah segelas jus sirsak dengan teratur. Anda tahu sendiri bukan jika tubuh yang dipenuhi dengan banyak kolesterol jahat bisa mengundang banyak penyakit? Baca juga artikel mengenai cara menurunkan kolesterol untuk penjelasan lebih lengkap.

Menjaga Imunitas Tubuh
Di dalam 300 gram buah sirsak, ternyata mengandung 60 miligram vitamin C. Kandungan vitamin C dalam sirsak yang tinggi setidaknya sudah bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C. Selain itu vitamin C ini memiliki peran penting dalam tubuh yakni menjaga sistem imun tubuh, menangkal radikal bebas hingga mencegah penuaan dini. Untuk itu jika anda ingin terlihat segar dan muda, konsumsi lah buah sirsak secara teratur.

Baik Untuk Tulang
Buah yang satu ini memang memiliki kandungan yang sangat banyak dan baik sekali untuk tubuh. Selain vitamin C, buah ini juga mengandung kalsium dan fosfor yang baik sekali untuk menjaga kesehatan tulang anda. Di setiap 100 gram buah sirsak ternyata mengandung 14 miligram kalsium serta 27 miligram fosfor. Tak hanya nutrisi itu saja yang menyebabkan sirsak bisa menjaga tulang anda.

Sirsak juga ternyata mengandung zat tembaga. Zat tembaga ini memiliki fungsi penting karena bisa membantu penyerapan kalsium pada tulang. Jika kalsium terserap baik oleh tulang, pastilah tulang anda menjadi lebih kuat dan tak mudah terserang penyakit osteoporosis.

Mencegah Kanker
Tak hanya nutrisi berupa vitamin saja yang terkandung dalam buah sirsak. Sirsak ternyata juga mengandung senyawa fitokimia yang bernama Annonaceous acetogenins. Senyawa fitikimia ini ternyata baik sekali untuk menangkal berbagai virus yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker. Beberapa jenis kanker ternyata bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi sirsak. Diantaranya kanker prostat, kanker payudara, kanker usus besar dan masih ada beberapa jenis kanker lainnya. Untuk mencegah penyakit ini anda bisa mengkonsumsi sirsak secara teratur. Baik mengkonsumsi nya secara langsung ataupun mengkonsumsi olahannya yang berbentuk obat.

Menghilangkan Bisul
Bisul adalah penyakit yang sebenarnya tidak berbahaya. Tetapi mungkin bisul yang timbul pada kulit anda akan menjadikan anda kurang percaya diri. Bisul tak hanya bisa diobati dengan menggunakan salep saja. Ternyata bisul bisa diobati dengan obat-obat alami seperti buah sirsak.
Cara menjadikan sirsak sebagai obat bisul juga cukup mudah. Pisahkan sirsak dari isinya. Lalu haluskan hingga lembut seperti bubur. Setelah itu tempel kan adonan sirsak tersebut pada kulit anda yang terkena bisul. Biarkan hingga kering beberapa saat. Setelah kering, basuhlah dengan air hangat hingga bersih. Lakukan perawatan ini selama beberapa kali hingga bisul yang menempel pada kulit anda menghilang.

Mengatasi Migrain
Apakah anda sering mengalami migrain atau sakit kepala sebelah? Jika benar, biasanya anda akan mengobatinya menggunakan obat dari dokter. Tapi obat dari dokter aja tak akan cukup. Anda juga butuh nutrisi alami yang terbuat dari bahan alami pula. Nutrisi alami yang bisa mengobati migrain anda adalah buah sirsak. Ini dikarenakan buah sirsak mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang tinggi. Vitamin B2 inilah yang bisa mengatasi sakit migrain yang anda derita.

Menjaga Kelembaban Kulit
Buah sirsak ternyata bisa menjaga kelembaban kulit anda. Ini dikarenakan buah sirsak memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C inilah yang bisa membantu untuk melembapkan kulit. Jika dikonsumsi secara teratur, buah ini bisa menjadikan kulit anda lebih lembab dan bersinar. Anda bisa mengkonsumsi nya secara langsung, menjadikannya jus atau bahkan menjadikannya masker wajah. Jika kulit anda lembab dan bersinar, pastilah anda akan terlihat lebih mudah bukan?

Mengatasi Wasir
Wasir atau ambeien tidak hanya perlu memerlukan obat saja untuk menyembuhkannya. Anda juga perlu nutrisi alami untuk mempercepat sembuh nya wasir. Anda bisa menggunakan buah sirsak untuk membantu cepat sembuh nya wasir yang anda derita.
Caranya pembuatan obat wasir dari sirsak juga mudah. Pertama, anda bisa menyeduh sirsak dengan air panas. Setelah itu pisahkan antara buah dan airnya. Lalu peras lah buah sirsak yang diseduh tadi. Ambil airnya dan minumlah. Minum ramuan khusus wasir ini selama dua kali sehari hingga wasir anda dipastikan sembuh.

Menyembuhkan Dan Mencegah Anemia
Untuk anda yang sering mengalami anemia sehingga membuat Anda mengalami lemas, tak ada salahnya untuk mengkonsumsi sirsak setiap hari. Ini dikarenakan sirsak juga bisa membantu meningkatkan sel darah merah pada tubuh. Untuk anda yang belum terjangkit anemia, anda juga disarankan untuk meminumnya karena buah sirsak juga bisa digunakan untuk mencegah anemia.

Manfaat buah sirsak yang begitu banyak, tentunya sangat sayang untuk kita lewatkan. Maka tidak ada salahnya jika kita sekali-kali mengkonsumsi buah yang mirip dengan nangka dan srikaya ini.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*