Kebiasaan Yang Menurunkan Sistem Imun

Kebiasaan Yang Menurunkan Sistem Imun

Pentingnya sistem imun pada tubuh sering tidak diketahui oleh banyak orang secara pasti. Sistem imun tubuh melawan infeksi penyakit yang masuk ke dalam tubuh dan sistem ini berfungsi sebagai garis pertahanan terhadap berbagai penyakit. Sistem imun tubuh yang bermasalah tidak dapat memerangi penyakit secara efisien, sehingga seseorang dapat mengalami jatuh sakit selalu sering serta rentan terhadap berbagai penyakit.

Sistem imun tubuh dapat diperoleh melalui banyak sumber. Sistem imun tubuh yang lemah dan terganggu dapat melumpuhkan kehidupan kita, dan orang-orang yang menderita gangguan pada sistem imun akan sering mengalami penderitaan dalam hidup mereka. Sakit terus-menerus dan tidak enak badan dapat menjadi situasi yang buruk, sehingga tubuh secara perlahan akan kehilangan kekuatan dan stamina.

Kekebalan tubuh yang menurun tidak hanya membuat seseorang terkena flu atau batuk, tapi membuat orang rentan terinfeksi bakteri atau virus di luar.

Gejala kekebalan tubuh lemah

  1. Sering jatuh sakit dan sakit-sakitan
  2. Mudah terserang oleh virus dan flu
  3. Proses pemulihan diri yang sangat lambat
  4. Meningkatnya rasa lelah meskipun mendapatkan istirahat yang cukup
  5. Sakit kepala terus-menerus
  6. Mata berair dan sering terkena pilek
  7. Nyeri otot secara konstan

Tips memperkuat sistem imun

Vaksinasi akan membantu tubuh untuk memproduksi antibodi yang sesuai dan memberikan perlindungan yang lengkap terhadap penyakit. Vaksinasi menjadi salah satu cara untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh pada anak-anak. Kekebalan tubuh yang buruk dapat mempengaruhi pertumbuhan pada anak. Penyakit seperti gondok, polio, tetanus, dan difteri hampir tidak terlihat saat ini akibat dari vaksinasi. Mengikuti pola makan seimbang dan meningkatkan asupan vitamin dapat membantu meningkatkan sistem imun.

Buah-buahan segar, sayuran, bawang putih, ginseng, lidah buaya, termasuk beberapa daftar makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh tubuh anda.

Dengan diet seimbang dan olahraga secara teratur, gaya hidup sehat bebas stres, dan istirahat yang cukup, anda dapat dengan mudah memperkuat sistem kekebalan tubuh anda. Untuk mencegah sistem kekebalan tubuh melemah, maka anda harus berhenti merokok dan menghindari konsumsi obat dan alkohol secara berlebihan. Gaya hidup sehat sangat penting jika anda ingin memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tubuh lebih kuat, sehingga anda dapat menikmati hidup ini.

Penyebab sistem imun lemah

Terkadang penyebab sistem imun lemah dapat diperoleh dan mulai timbul ke permukaan di saat usia yang masih sangat muda. Seorang anak yang jatuh sakit selalu sering dapat dikarenakan bahwa dia mengalami masalah ini. Berikut di bawah ini merupakan penyebab sistem imun tubuh lemah pada umumnya;

  • Defisiensi vitamin dan mineral penting pada tubuh.
  • Kurangnya waktut untuk beristirahat yang cukup.
  • Merokok secara berlebihan, penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan dapat berdampak buruk.
  • Pola hidup yang sangat melelahkan.
  • Dampak buruk dari jenis obat tertentu.

Jika seseorang memiliki gangguan sistem imun tubuh sejak lahir karena cacat bawaan, maka hal ini dikenal dengan defisiensi imun primer. Penyakit AIDS merupakan hal yang paling sering terkait dengan gangguan sistem imun tubuh. Tingkat kematian karena AIDS merupakan yang tertinggi di antara semua penyakit.

Pengobatan sangat tergantung pada penyebab yang mendasari. Apabila seseorang secara positif terserang HIV, maka tidak akan ada banyak perawatan yang dapat membantu. Akan tetapi jika kondisi ini disebabkan karena faktor yang lain, maka metode korektif dapat diambil. Dan bila penyebab utama dari gangguan tersebut adalah diet yang tidak tepat, maka ini sangat mudah untuk memperbaikinya. Mengunjungi ahli gizi tentu dapat membantu menyelesaikan masalah ini, karena akan menganalisis pola makan. Pada umumnya, kurangnya vitamin A dan vitamin C dapat menyebabkan gangguan pada sistem imun tubuh.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

Istirahat yang kurang, kehidupan yang serba stres dan penyalahgunaan obat termasuk kondisi yang dapat diobati hanya dengan mengedalikan kebiasaan tersebut. Ini membutuhkan lebih dari sekedar kemauan untuk dapat berhasil. Seseorang yang mengalami gangguan pada sistem imun tubuh karena faktor eksternal lebih sering untuk dapat menyelesaikan masalah. Tetapi orang-orang yang terlahir dalam kondisi ini atau positif terjangkit HIV, maka tidak memiliki solusi yang benar-benar pasti. Menjaga kesehatan menjadi hal dan tanggung jawab setiap individu.

Kebiasaan Buruk yang Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh (Imunitas)

1. Sering begadang
Mengurangi waktu tidur akan memiliki efek merugikan yang kuat terhadap imunitas, hal ini karena jam tidur yang kurang dikaitkan dengan menurunnya fungsi sistem kekebalan tubuh dan mengurangi jumlah sel-sel yang berfungsi melawan kuman.

2. Bertindak pesimis
Sebuah studi dari UCLA menemukan mahasiswa yang memulai semester pertamanya dengan optimistis memiliki sel T yang lebih banyak, sehingga dapat memperkuat respons imun dan menguatkan sel-sel pembunuh alami di dalam tubuh. Hal ini disebabkan ia akan sedikit mengalami stres yang membuat ia memiliki kesehatan yang baik.

3. Selalu merasa tertekan dan stres
Stres dan tekanan kronis yang diterima setiap hari tidak hanya membuat pekerjaan menjadi tidak nyaman, tapi juga merugikan aspek kesehatan termasuk kekebalan tubuh. Jenis stres yang dialami dapat menyebabkan penurunan kemampuan sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit.
4. Selalu meminjam pulpen atau barang dari orang lain

Kuman sangat mudah lewat dari tangan ke tangan, karena itu hindari menyentuh objek-objek umum seperti pena atau yang lainnya agar dapat mengurangi risiko terkena flu atau penyakit menular yang bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

5. Selalu menggunakan kendaraan saat pergi kemanapun
Seseorang yang selalu menggunakan kendaraan dan tidak pernah berjalan akan membuat dirinya lebih rentan sakit dan turunnya kekebalan tubuh dibandingkan dengan orang yang berjalan secara teratur.

6. Memiliki teman yang perokok
Seperti diketahui asap rokok yang terhirup bisa berbahaya bagi tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh seseorang. Karena itu sebisa mungkin menghindari paparan asap rokok ketika menghabiskan waktu dengan seorang perokok.

7. Sering mengonsumsi antibiotik
Peneliti menemukan pasien yang mengonsumsi antibiotik tertentu dapat mengurangi jumlah sitokin (hormon pembawa pesan dari sistem kekebalan tubuh). Sehingga ketika sistem kekebalan tubuh ditekan, seseorang akan lebih mudah mengembangkan bakteri resisten. Untuk itu sebaiknya tidak mengonsumsi sembarangan antibiotik, kecuali diresepkan oleh dokter.

8. Memiliki kepribadian yang serius
Peneliti mengungkapkan emosi positif yang dihubungkan dengan tertawa bisa menurunkan hormon stres dan meningkatkan sel-sel kekebalan tertentu serta mengaktifkan yang lainnya.

9. Terlalu banyak berolahraga
Kurang berolahraga tidak boleh, begitu juga dengan olahraga yang berlebihan, semuanya harus seimbang. Terlalu banyak berolahraga ternyata dapat membuat tubuh menjadi lebih tegang. Hal tersebut akan memberi pengaruh negatif terhadap sistem imun tubuh Kamu. Tidak hanya itu, terlalu memaksa tubuh melakukan berbagai macam latihan juga tidak baik untuk sistem kardiovaskular tubuh.

10. Kurang minum air
Air yang diminum dapat meningkatkan proses pembuangan toksin dari dalam tubuh melalui urin yang diekskresi. Dengan berkurangnya toksin dari dalam tubuh, maka kerja sistem imun akan lebih ringan.

11. Terlalu banyak terpapar sinar matahari
Terlalu banyak terekspos sinar matahari tidak hanya akan meningkatkan kemungkinan untuk terserang kanker kulit, tetapi juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

12. Berat Badan berlebih
Berat Badan yang berlebih juga disinyalir menjadi salah satu penyebab melemahnya sistem imun tubuh manusia. Para peneliti telah menemukan bahwa obesitas akan melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Penelitian lanjutan bahkan menemukan bahwa obesitas akan meningkatkan kemungkinan tubuh untuk terserang infeksi akibat melemahnya sistem imun.

Itulah beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan sistim kekebalan tubuh melemah, segeralah hindari agar kekebalan tubuh kita kuat dan tahan akan adanya serangan kuman, virus dan infeksi.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*