Jenis Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus Anda Hindari

Jenis Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus Anda Hindari

Apakah anda sudah bekerja keras dan semaksimal mungkin mengatasi jerawat yang membandel?. Namun setelah usaha mulai menunjukan hasil dan beberapa saat jerawat mulai berkurang tiba-tiba muncul kembali. Jika anda mengalami yang demikian maka harus kembali memperhatikan penyebab munculnya jerawat yang kambuhan. Bisa saja itu disebabkan karena salah konsumsi makanan dan menjadi pemicu.

Beberapa orang mengaku mengalami masalah jerawat yang semakin parah setelah mengkonsumsi makanan tertentu. Terbukti, dari beberapa penelitian diketahui kandungan zat tertentu dalam makanan dapat menjadikannya sebagai makanan penyebab jerawat.

Apa yang kita makan berkontribusi langsung terhadap kondisi kesehatan tubuh. Jika kita rutin mengonsumsi makanan tidak sehat maka kesehatan akan terganggu. Sehingga dengan memperbaiki kualitas makanan maka kondisi tubuh juga akan terjaga dengan baik.

Begitu pula halnya dengan jerawat. Kita bisa terhindar dari masalah kulit yang satu ini jika kita bisa melokalisir jenis-jenis makanan apa saja yang dapat merangsang timbulnya jerawat di wajah.

Jerawat memang bukanlah penyakit yang mudah disembuhkan, apalagi jika kita termasuk orang yang memiliki alergi terhadap makanan, salah makan sedikit saja jerawat sudah muncul dimana-mana.
Dan jika terlanjur tumbuh, jerawat biasanya sulit diatasi kecuali menggunakan beberapa jenis obat jerawat yang biasa dijual di apotik.

Dengan pengalaman sehari-hari kita pastinya akan mudah mengenali produk-produk yang tidak cocok dengan tubuh. Jadi salah satu cara agar terhindar dari jerawat dengan tidak mengkonsumsi atau menghindari makanan penyebab jerawat tersebut.

Pada umumnya semua jenis makanan adalah baik selama dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan kandungannya tidak mengganggu sistem metabolisme tubuh. Terlalu banyak mengkonsumsi mineral tertentu akan merangsang tubuh bereaksi dan sebagai hasilnya timbullah jerawat.

Begitu pula dengan kandungan makanan tersebut. Beberapa orang memang mengalami tingkat alergi yang berlebih terhadap zat tertentu dalam makanan. Mengkonsumsi sedikit saja zat tersebut dapat berakibat tubuh gatal dan timbul jerawat di muka dan punggung.

Faktor Penyebab Jerawat
Banyak faktor yang memepengaruhi munculnya jerawat pada wajah. Jerawat bisa saja muncul  karena faktor dari dalam yaitu stress dan hormon. Biasanya kondisi ketidak stabilan dalam diri akan memicu munculnya jerawat. Selain itu jerawat pada wajah juga dapat muncul memang karena hormon atau keturunan.

Berikut adalah beberapa makanan penyebab munculnya jerawat:

Waspadai Gorengan atau Makanan Berlemak Penyebab Jerawat

Hindari Jajanan Gorengan

Makanan yang mengandung banyak lemak seperti gorengan dan sejenisnya karena termasuk makanan penyebab jerawat. Hal itu disebabkan karena lemak yang kita makan akan disimpan oleh tubuh. Ketika lemak yang disimpan di tubuh mulai berlebihan maka akan dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Kulit bagian tubuh yang paling sering mengeluarkan minyak adalah wajah. Ketika wajah berminyak akan membuat jerawat mudah tumbuh. Maka sebaiknya hindari makanan berlemak dan kaya minyak.

Jerawat Bisa Muncul Karena Makanan Manis dan Berbahan Gula Tinggi

Gula dan makannan manis bisa memicu jerawat

Salah satu makanan yang menjadi salah satu penyumbang peningkatan lemak ditubuh ternyata bukan hanya makanan berminyak saja. Gula termasuk salah satu makanan yang mampu meningkatkan kadar lemak di tubuh. Sehingga saat berlebihan akan menjadikan wajah anda berminyak dan berjerawat. Sebisa mungkin hindari makanan jenis ini.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

Makanan Berbahan Susu Bisa Munculkan Jerawat

Jenis makanan berbahan susu ini termasuk makanan penyebab jerawat yang harus dihindari. Diantaranya yaitu keju, yoghurt, coklat, susu cream, susu cair, dan sejenisnya. Produk makanan berbahan susu berasal dari sapi hamil yang juga kaya akan hormon. Saat hormon tersebut masuk di tubuh manusia akan di rubah menjadi DHT (dihydrotestosteron). Zat tersebut akan memicu munculnya jerawat di tubuh anda. So, sebaiknya menghindari atau minimal mengurangi porsinya.

Kafein Termasuk Makanan Penyebab Jerawat

Kafein tidak hanya terdapat pada kopi saja, tetapi terdapat juga pada coklat, teh, obat penahan sakit, minuman berenergi, dan lainnya. Kafein sendiri memicu munculnya adrenalin merilis hormon penyebab stres. Stres akan sangat berpengaruh dan memicu jerawat untuk kembali muncul.

Alkohol Bisa Memicu Jerawat

Alkohol sangat tidak di anjur bagi anda yang ingin memiliki wajah bersih dari jerawat. Karena dengan mengkonsumsi alkohol maka akan menimbulkan resiko terjadi kerusakan pada aliran darah. Jika hal itu terjadi maka akan memicu jerawat dan membuat kulit lebih cepat keriput dan kusam.

Makanan Yang Bisa Mencegah dan Mengobati Jerawat

Jika diatas telah kita bahas beberapa jenis makanan penyebab jerawat maka sekarang giliran penangkalnya. Ada beberapa jenis makanan yang tentunya bisa kita gunakan sebagai penangkal bahkan sebagai cara menghilangkan jerawat yang ampuh. Mungkin sebagian sudah mengetahui jenis-jenis makanan ini, simak daftarnya:

Berikut adalah jenis makanan yang dipercaya membantu mengenyahkan masalah jerawat.

1. Makanan Kaya Omega 3

Makan makanan tinggi asam lemak omega 3 sangat penting untuk kesehatan kulit.
Omega 3 merupakan lemak sehat dan kekurangan zat ini dapat membuat kulit kering dan rentan terhadap jerawat.
Kulit kusam akan berubah menjadi lebih bersinar saat tubuh mendapat cukup asupan asam lemak omega 3.
Beberapa makanan yang mengandung sejumlah besar asam lemak omega 3 antara lain sbb:
– Ikan (salmon)
– Kenari
– Biji rami
– Kedelai
– Tahu

2. Makanan Tinggi Antioksidan

Zat lain yang berperan penting pada kesehatan kulit adalah antioksidan.
Antioksidan adalah zat yang mampu mencegah radikal bebas merusak kulit. Lycopene (likopen) merupakan jenis antioksidan yang terutama bermanfaat menjaga kulit tetap muda dan sehat.
Orang dengan jerawat telah menunjukkan peningkatan kondisinya setelah mengasup makanan yang kaya likopen.
Beberapa makanan kaya likopen antara lain:
– Tomat
– Semangka
– Jeruk

3. Makanan Tinggi Serat

Gangguan pencernaan adalah satu lagi faktor yang bertanggung jawab menyebabkan jerawat.
Mengonsumsi makanan tinggi serat adalah solusi sederhana untuk meningkatkan kondisi pencernaan. Selain jerawat, masalah kulit lainnya yang dikaitkan dengan gangguan pencernaan adalah eksim.
Sistem pencernaan yang terganggu menyebabkan akumulasi racun dalam tubuh, yang dapat memicu jerawat.
Makanan kaya serat meningkatkan kinerja pencernaan serta mengatur gerakan usus untuk mencegah konstipasi.
Semua ini membantu dalam meminimalkan terjadinya jerawat. Beberapa makanan tinggi serat diantaranya adalah:
– Sayuran seperti brokoli, kol, dan wortel
– Buah-buahan seperti jeruk, pisang, apel, dan pir
– Almond, oatmeal, beras merah, dan gandum

4. Makanan Kaya Seng

Mengonsumsi suplemen seng sering merupakan cara jitu memerangi jerawat.
Jadi, mengonsumsi suplemen glukonat seng dalam dosis yang tepat berguna untuk mengurangi gejala jerawat.
Selain itu, kekurangan seng berpotensi memicu pembentukan lesi kulit.
Beberapa makanan yang mengandung banyak seng antara lain:
– Daging sapi rendah lemak
– Kacang tanah
– Biji labu panggang
– Daging domba

Itulah beberapa makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat, serta makanan yang harus Anda konsumsi untuk mencegah munculnya kembali jerawat di wajah cantik Anda. Semoga bermanfaat!!


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*