Ini Makanan Pantangan Penderita Darah Tinggi

makanan yang dilarang bagi penderita hipertensi

Pepatah “Sehat itu mahal harganya” sangat ada benarnya, karena ketika sakit, kita perlu mengeluarkan biaya untuk pengobatan. Penyakit ringan seperti pusing dan flu mungkin masih ringan, namun lain ceritanya jika yang menyerang adalah penyakit berat. Tidak hanya memerlukan biaya pengobatan, tidak sedikit penyakit yang membuat kebebasan kita terkekang. Salah satunya adalah penyakit darah tinggi, yang mengharuskan penderita menjauhi makanan-makanan tertentu.

Bagi penderita penyakit yang bermasalah dengan darah, makanan yang mengandung zat-zat peningkat tekanan darah wajib dihindari. Maka dari itu, penderita darah tinggi harus hati-hati dalam memilih makanan dan menjaga pola makan dengan baik, agar tidak melanggar pantangan makanan.

Tekanan darah tinggi atau biasa disebut juga Hipertensi merupakan sebuah penyakit yang menyebabkan kinerja jantung akan bekerja lebih cepat. Selain itu penyakit ini bisa menimbulkan beberapa penyakit lain seperti kolestrol meningkat, stroke, jantung, bahkan diantaranya dapat menyulitkan pernapasan.

Oleh karena itu bagi Anda yang sudah menderita tekanan darah tinggi ada baiknya memperhatikan makanan yang ingin di konsumsi, karena pada dasarnya banyak makanan yang dapat menimbulkan tekanan darah tinggi semakin meningkat. Untuk itu nitips.com akan mengulas apa saja makanan pantangan bagi penderita darah tinggi yang sebaiknya harus dihindari


Bagi Anda yang didiagnosis dokter mengalami tekanan darah tinggi, yaitu hipertensi sistolik 140mmHg/tekanan diastolik 90 mmHg atau lebih,  selain harus diobati dengan obat medis, Anda juga harus merubah gaya hidup tertentu, terutama merubah diet setiap hari. Dalam menu makanan yang sering kita jumpai setiap hari, Ada beberapa jenis makanan yang baik untuk menurunkan darah tinggi, atau justru makanan yang dapat membuat semakin parah kondisi darah tinggi, seperti yang akan kita sebutkan dalam artikel ini.

Acar

Acar biasanya ditambahkan garam yang banyak untuk mempertahankan umur simpan. Dengan demikian, acar merupakan makanan tempat bersembunyinya natrium dalam jumlah tinggi.

Buah-buahan dan sayuran kalengan

Untuk menghindari kenaikan tekanan darah, cobalah untuk membatasi mengkonsumsi makanan kalengan. Air garam biasa digunakan untuk mengawetkan sayuran kalengan. Pastikan untuk membilas sayuran terlebih dahulu sebelum dikonsumsi untuk menghilangkan garam tambahan. Mendidihkan sayuran asin atau brined selama setidaknya 10 menit sebelum dikonsumsi akan membantu untuk mengurangi asupan natrium. Buah kalengan juga biasanya di asam dan di garam sodium dari senyawa yang berbeda. Buah kalengan ini juga terbukti menyimpan natrium .


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

Garam

Kebanyakan orang sangat menyukai makanan yang diolah dengan tambahan garam tinggi. beberapa jenis makanan tertentu memang tak akan lezat jika kurang garam. Bagi penderita hipertensi, hanya mengurangi sedikit asupan garam akan sangat berarti untuk mengurangi tekanan darah tinggi yang diderita. Mengonsumsi kelebihan garam dalam makanan meningkatkan kemungkinan kerusakan pada jantung dengan meningkatkan hipertensi. Hal ini karena garam mengandung natrium tinggi, dimana yang sangat tidak baik bagi tekanan darah jika berlebihan. Idealnya asupan natrium harian tidak boleh lebih dari 2400mg/hari. Periksa label kemasan pada makanan olahan yang akan Anda konsumsi, ketahui berapa total natrium yang disebutkan. Hindari juga penambahan garam, jika hal ini biasa Anda lakukan.

Makanan olahan

Penting bagi penderita hipertensi untuk menghindari makanan-makanan olahan atau makanan kemasan,  karena makanan seperti ini kebanyakan tinggi garam, bahan pengawet (juga sumber natrium),  lemak dan kurang mengandung nutrisi. Misalnya : Sup atau mie instan.

Produk roti

Roti asin yang dikemas dengan lemak jenuh, natrium, dan baking powder . Ini juga dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, serta obesitas yang akan memperburuk keadaan.

Gula

Gula, permen, atau makanan lainnya yang terbuat dari gula, seperti permen, kue kering , kue basah, dll harus dihindari karena bisa berpotensi menyebabkan obesitas. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa orang gemuk lebih rentan terhadap hipertensi .

Minuman beralkohol

Alk*hol dapat merusak dinding arteri, sehingga menimbulkan pengerasan arteri(arteriosklerosis) yang dapat menyempitkan pembuluh darah. Sehingga ini menyebabkan peningkatan tekanan darah yang mengalir dalam pembuluh darah penyebab hipertensi .

Makanan mengandung Kafein

Kafein adalah stimulan yang bisa menimbulkan lonjakan tekanan darah. Kurangi asupan banyak kafein dari minum kopi, atau minuman ringan lainnya yang ditambah kafein. Kafein akan bekerja sebagai vasokonstriktor, yakni mempersempit arteri dan meningkatkan tekanan aliran darah. Batasi asupan kopi, tak lebih dari 2 cangkir dalam satu hari.

Lemak

Kelebihan konsumsi lemak dapat menyebabkan obesitas, yang pada akhirnya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Konsumsi lemak jenuh atau lemak trans, misalnya  dalam makanan gorengan juga harus dihindari. Semua makanan yang digoreng, mentega, margarin, minyak kelapa, dll harus sangat dikurangi.

Menghentikan konsumsi makanan yang menjadi makanan bukanlah hal yang mudah, karena tidak sedikit orang yang sering melanggar pantangan tersebut. Kita tidak perlu terburu-buru menghentikan konsumsi makanan yang dilarang secara bersamaan. Agar terbiasa, kita bisa melakukannya secara bertahap dan dengan diawasi oleh dokter atau orang-orang terdekat kita.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*