Daftar Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Daftar Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Berbagai macam makanan bernutrisi akan dikonsumsi oleh para wanita hamil untuk mencukupi kebutuhan gizi sang bayi. Namun, apakah semua makanan bernutrisi dapat dikonsumsi dan aman bagi bayi? Lalu, apa saja yang tidak baik atau bahkan berbahaya bagi janin?

Bagi ibu hamil, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan janin yang Anda kandung. Tahukah Anda jika makanan yang Anda konsumsi saat hamil memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesehatan si janin. Dalam tanda tanda ibu hamil, sensitifnya penciuman merupakan salah satu langkah untuk mencegah ibu hamil untuk mengonsumsi makanan secara sembarang. Penelitian yang dilakukan menjelaskan mengenai kebenaran hal tersebut. Pada saat hamil, terdapat beberapa makanan yang dilarang untuk ibu hamil, meskipun pada saat biasa makanan tersebut boleh Anda santap. Namun ketika hamil, dimana tubuh Anda sangat sensitif terhadap berbagai hal. Oleh karena itu sebaiknya Anda menyimak beberapa makanan yang Anda hindari ketika hamil. Agar janin yang anda kandung dapat tumbuh kembang dengan baik.

 Sayuran mentah

Makanan yang dilarang untuk wanita hamil yang pertama adalah sayuran mentah. Sayuran mentah memang mengandung lebih banyak vitamin dan mineral dibanding dengan sayuran yang sudah matang. Ada banyak agam makanan dengan sayuran mentah seperti karedok, hingga lalapan. Meski megnandung vitamin yang banyak, ada kemungkinan sayuran mentah menyisakan pestisida. Kandungan ini harus Anda waspadai demi janin yang Anda kandung. Karena itu lebih baik Anda memasak sayuran mentah terlebih dahulu, hal ini untuk mencegah sayuran yang membawa sisa pestisida. Namun jika Anda mengonsumsi sayuran organik, hal ini tidak perlu Anda waspadai. Karena sayuran organik ditumbuhkan tanpa pupuk kimia dan pestisida. Kecambah merupakan sayuran yang harus Anda waspadai. Hal ini disebabkan karena ukuran kecambah yang kecil, sehingga menyulitkan proses pencucian dan penghilangan pestisida. Untuk lebih amannya, untuk sementara waktu Anda kecambah menjadi pantangan.

 Buang Anggur

Sedangkan untuk buah yang dilarang ketika hamil , Anda harus menghindari buah anggur. Buah anggur mengandung panas yang tidak baik bagi perkembangan janin di dalam perut Anda. apalagi buah anggur juga dimanfaatkan untuk membuat minuman beralkohol.

 Buah Pepaya

Buah pepaya yang setengah matang atau mentah sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil, karena tingginya kandungan lateks yang akan memiliki efek samping rahim berkontraksi terutama pada masa awal kehamilan.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

Begitu juga dengan daun pepaya itu sendiri, daun pepaya dapat mejadi pemicu kerapuhan pada ari-ari janin yang Anda kandung. Hindari jenis makanan ini untuk usia kehamilan dua minggu karena dapat berbahaya bagi calon buah hati Anda , tetapi Anda masih boleh mengkonsumsi buah pepaya yang sudah benar-benar matang.

Hindari makanan laut yang banyak mengandung zat merkuri

Makanan laut banyak mengandung protein yang dapat membantu perkembangan otak bayi. Namun, ada makanan laut yang mengandung zat merkuri yang sangat berbahaya. Makanan tersebut meliputi ikan hiu, mackerel dan ikan pedang. Semakin tua usia ikan-ikan ini, maka semakin tinggi kandungan merkurinya. Jadi, sebisa mungkin hindari jenis-jenis ikan ini, apalagi jika mereka sudah tua.

Hindari makanan laut yang mentah atau setengah matang

Makanan laut banyak mengandung bakteri dan virus. Kedua mikroorganisme tersebut tidak akan mati jika tidak direbus dalam air dengan suhu yang tinggi. Maka dari itu, jika dimakan mentah, dikhawatirkan virus dan bakteri masih hidup di dalamnya sehingga dapat membahayakan bayi.

Hindari daging dan telur yang terlalu matang

Makanan hewani yang terlalu matang bisa mengakibatkan keracunan bagi ibu maupun bayi. Meliputi daging hewan seperti sapi, ayam serta telur hewan-hewan unggas. Jika dimasak terlalu matang, kandungan gizinya akan berkurang bahkan menjadi rusak. Belum lagi jika terkontaminasi minyak goreng, hal ini tidak baik bagi janin.

Hindari makanan dan minuman yang tidak steril

Saat hamil, ibu sangatlah rawan terhadap serangan bakteri dan virus. Itulah sebabnya, usahakan segala macam makanan yang dikonsumsi harus dalam keadaan bersih dan steril. Hindari minuman-minuman seperti susu yang belum disterilkan, karena kuman-kuman di dalamnya akan berbahaya bagi janin.

Hindari sayur dan buah yang belum dicuci

Sama halnya dengan makanan yang sebaiknya dihindari di atas, sayur dan buah yang belum dicuci dapat membawa bakteri. Cuci sayuran dan buah terlebih dahulu hingga bersih sebelum memakannya.

Jangan mengonsumsi kafein terlalu banyak

Kafein dapat membuat jantung bayi bekerja lebih cepat. Hal ini sangat tidak baik bagi kesehatannya. Bahkan, kemungkinan terburuknya adalah dapat menyebabkan terjadinya keguguran.

Hindari konsumsi vitamin A yang terlalu banyak

Dalam beberapa penelitian, terlalu banyak mengonsumsi vitamin A ternyata dapat menyebabkan bayi lahir cacat. Sebelum mengonsumsi vitamin ini, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

Hindari alkohol

Bahkan untuk wanita yang tidak mengandung, alkohol sangat berbahaya, apalagi untuk ibu hamil.  Ibu yang mengonsumsi alkohol berisiko lebih besar untuk mengalami keguguran. Maka dari itu, demi keselamatan sang bayi, sebaiknya ibu menghindari minum-minuman beralkohol.

Sebaiknya, Anda selalu menjaga kehamilan dengan mengkonsumsi buah-buahan sehat lainnya seperti jeruk manis, stroberi, pisang dan juga alpukat yang akan memberikan suplai vitamin dan protein cukup bagi Anda juga bayinya. Sebaiknya hindari makanan yang terlalu pedas dan asam, karena akan berakibat buruk bagi janin.
Itulah beberapa makanan dan minuman yang dilarang semasa tiga bulan awal kehamilan. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap sang bayi hanya karena ibu salah mengonsumsi makanan atau minuman.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*