Cegah Osteoporosis Dengan susu Kedelai

Cegah Osteoporosis Dengan susu Kedelai

Osteoporosis adalah salah satu penyakit yang sangat tidak ingin diidap oleh semua orang. Banyak orang tua yang khawatir jika penyakit ini bisa menyerang tubuh mereka dan tulangpun menjadi lebih rapuh sehingga mudah patah dan tentu akan sulit untuk diperbaiki. Osteoporosis bisa dicegah jika sejak dini kita sudah melakukan banyak gaya hidup sehat dan mengkonsumsi susu yang bisa memperkuat struktur tulang dalam jangka waktu yang lama. Salah satu cara yang bisa mencegah masalah osteoporosis adalah dengan mengkonsumsi susu kedelai.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

 

Beberapa kandungan dalam susu kedelai yang sangat bermanfaat bagi tubuh antara lain :
Lemak Nabati, Karbohidrat dan Serat
Lemak nabati adalah jenis lemak yang sangat baik untuk tubuh manusia. Sedangkan karbohidrat merupakan sumber energi atau tenaga bagi tubuh tubuh. Dan serat merupakan unsur penting untuk membantu sistem pencernaan tubuh.
Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2 dan Vitamin E
Vitamin A yang ada pada kedelai berasal dari karoten yang merupakan bahan dasar vitamin A. Ini sangat membantu kelancaran fungsi organ penglihatan dan pertumbuhan tulang.
Vitamin B1 atau yang sering disebut tianin sangat berperan dalam reaksi-reaksi dalam tubuh yang menghasilkan energi. Sedangkan vitamin B2, atau flavin, merupakan pigmen yang banyak terdapat pada susu, baik susu sapi, susu manusia, maupun susu kedelai.
Sedangkan vitamin E memiliki fungsi melancarkan proses reproduksi dan proses menstruasi, menegah impotensi, keguguran, dan penyakit jantung kardiovaskuler, meningkatkan produksi air susu, membantu memperpanjang umur, dan sebagai antioksidan. Orang yang rajin mengkonsumsi antioksidan akan terlihat lebih muda ketimbang orang yang jarang mengkonsumsinya.
Mineral
Dalam susu kedelai terkandung mineral yang berfungsi menambah kekuatan struktur tulang, gigi, dan kuku, serta dapat menambah daya tahan tubuh terhadap gangguan penyakit. Selain itu, mineral juga berfungsi dalam proses reproduksi pertumbuhan tulang mereka yang menuju dewasa.
Polisakarida
Polisakarida adalah zat yang mampu menekan kadar glukosa dan trigliserida postpandrial, serta menurunkan rasio insulin-glukosa postpandrial (setelah makan), Asupan susu kedelai dapat membantu mengendalikan kadar gula darah yang melebihi batas normal tersebut, sehingga sangat membantu mengendalikan penyakit gula.
Selain kandungan yang sudah tertulis diatas, ternyata susu kedelai memiliki 3 lagi kandungan yang cukup spesial.
Susu kedelai mengandung Isoflavon
Isoflavon adalah ikatan sejumlah asam amino dengan vitamin dan beberapa zat gizi lainnya dalam biji kedelai yang membentuk membentuk flavonoid. Flavonoid adalah sejenis pigmen, seperti halnya zat hijau daun yang terdapat pada tanaman yang berwarna hijau. Senyawa ini biasanya memiliki ciri khas, yaitu mengeluarkan bau tertentu. Bau langu yang terdapat pada biji kedelai adalah salah satu tanda bahwa dalam biji tersebut terdapat flavonoid.
Secara ilmiah, flavonoid sudah dibuktikan mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Dan salah satu jenis flavonoid yang sangat banyak terdapat pada biji kedelai dan amat bermanfaat bagi kesehatan adalah isoflavon. Seorang peneliti Jepang, pada tahun 1998 menganjurkan setiap manusia mengkonsumsi isoflavon kedelai sebanyak 50-100 mg perhari.
fungsi isoflavon ada banyak,antara lain :
o Melancarkan metabolisme
o Melancarkan pencernaan
o Merupakan nutrisi pelengkap
o Meningkatkan sistem imunitas
o Memperkuat strukturmatriks tulang
o Menstabilkan tekanan darah
o Menurunkan kadar kolestrol darah
o Menstabilkan kadar gula darah
o Mencegah obesitas
o Mencegah penyakit ginjal
o Mengurangi gejala jantung koroner (kardiovaskuler)
o Mengurangi gejala stroke
o Mengurangi gejala rematik dan asam urat
o Mengurangi gejala maag
o Menghilangkan rasa lelah dan lesu
o Mengurangi gejala symptom menopause
o Memperlambat penuaan sel
o Mencegah tumbuhnya kanker, terutama kanker payudara dan prostate
o Menambah daya ingat dengan meningkatkan fungsi kognitif
Susu Kedelai Mengandung High Density Lippoprotein (HDL)
Low Density Lipoprotein (LDL) bersifat sangat mampu untuk membuat proses pengapuran pembuluh darah. Karenanya dikenal sebagai kolesterol jahat. Sedangkan HDL (High Density Lipoprotein) pada susu kedelai memiliki sifat sebaliknya yaitu efektif menahan proses pengapuran
Susu Kedelai Mengandung Kalsium Tinggi
Kalsium adalah salah satu mikro mineral yang sangat berguna bagi tubuh manusia,contoh manfaatnya adalah :
o Pengaruh Neurotransmitter, peredaran darah dan fungsi otot urat
o Membantu meningkatkan kekuatan pada tulang
o Membantu peredaran darah secara normal
o Membantu formasi sel protein dan membantu mengatur fungsi otot
o Mengontrol asam lemak (fatty acids) pada usus yang dapat mengurangi formasi sel kanker dengan tujuan mencegah terjadinya kanker usus.

Susu kedelai yang kaya dengan kandungan phytoestrogen ternyata bisa membuat regenerasi tulang menjadi lebih baik. Proses regenerasi tulang dari sel-selnya disebut sebagai proses osteoblastik dan susu kedelai diyakini akan mampu membantu proses ini berjalan dengan lebih baik sehingga tulang pun akan diregenerasi dengan baik dan kekuatannya pun terjaga hingga usia yang tua.

Disamping mengkonsumsi susu kedelai, kita tentu harus melakukan pola hidup yang baik agar kesehatan tulang kita terjaga. Banyak pakar kesehatan yang berkata bahwa perlindungan dari penyakit osteoporosis tentu harus dilakukan semenjak usia kita sekitar 20 tahunan. Selain itu, rajin-rajinlah berolahraga dengan rutin sehingga tulang pun akan mendapat kesehatan hingga jangka waktu yang lama.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*