Cara Mengobati Penyakit Kuning Secara Alami

Cara Mengobati Penyakit Kuning Secara Alami

Penyakit kuning terjadi akibat adanya penumpukan zat berwarna kuning yang disebut bilirubin di dalam darah dan jaringan tubuh.

Cara Mengobati Penyakit Kuning Secara Alami

Bilirubin merupakan zat sisa yang dihasilkan ketika sel darah merah terurai. Sebelum dibuang oleh tubuh, bilirubin dibawa terlebih dahulu menuju hati melalui aliran darah. Di dalam hati, bilirubin dicampur dengan cairan empedu. Kedua zat ini kemudian melewati sistem pencernaan untuk dibuang.

Sebagian besar bilirubin dibuang dari tubuh dalam bentuk kotoran dan sebagian kecil dibuang dalam bentuk urin. Ini yang membuat urin kita berwarna kuning dan tinja berwarna cokelat.

Ketika hati tidak bisa menangani bilirubin yang diproduksi oleh tubuh, bilirubin pun menumpuk dan menyebabkan gejala-gejala penyakit kuning. Penyakit kuning membuat kulit, mata, serta lapisan lendir yang terdapat pada hidung dan mulut penderita menjadi berwarna kuning. Selain itu, jika bilirubin tidak terbuang dengan baik melalui sistem pencernaan, kotoran berubah warna menjadi kuning terang. Urin berubah menjadi lebih gelap karena terdapat gangguan pada sistem pembuangan bilirubin melalui tinja.

Penyebab penyakit kuning

Berdasarkan penyebabnya, penyakit kuning terbagi menjadi tiga jenis yaitu penyakit kuning pre-hepatic, intra-hepatic, dan post-hepatic. ‘Hepatic’ berarti organ hati. Dengan kata lain, penyebab penyakit kuning bisa terjadi akibat gangguan sebelum bilirubin dibawa oleh darah memasuki hati, di dalam hati atau setelah melewati hati.

Penyakit kuning pre-hepatic terjadi ketika kadar bilirubin meningkat akibat penguraian sel darah merah yang terjadi secara lebih cepat daripada normal. Kondisi ini di antaranya bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, misalnya anemia hemolitik dan anemia sel sabit. Penyakit kuning pre-hepatic dapat diderita oleh berbagai umur termasuk anak-anak.

Penyakit kuning intra-hepatic disebabkan oleh gangguan yang terjadi di dalam hati yang mengakibatkan organ tersebut kurang mampu untuk memproses bilirubin, Kerusakan hati ini di antaranya bisa disebabkan oleh hepatitis dan sirosis.

Penyakit kuning post-hepatic terjadi ketika terganggunya pembuangan cairan empedu yang mengandung bilirubin ke dalam sistem pencernaan, misalnya akibat saluran empedu yang terhambat, mengalami radang, atau bahkan rusak. Beberapa kondisi medis yang menyebabkan hal ini adalah tumor dan batu empedu.

Penyakit kuning intra-hepatic maupun post-hepatic lebih sering diderita oleh mereka yang memasuki usia setengah baya hingga lebih tua.

Diagnosis penyakit kuning

Diagnosis penyakit kuning dapat dilakukan dengan pemeriksaan fisik yang sederhana misalnya melihat kulit, putih mata dan telapak tangan apakah menguning. Tapi diagnosis tidak berhenti di situ. Penyebab penyakit kuning perlu dicari tahu. Pada awal pemeriksaan, dokter akan mencoba mencari petunjuk melalui keterangan langsung dari pasien perihal gejala dan riwayat kesehatannya.

Setelah itu dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, misalnya memeriksa adanya pembengkakan pada hati sebagai tanda-tanda hepatitis, atau memeriksa adanya pembengkakan pada kaki sebagai tanda-tanda sirosis.

Setelah petunjuk didapat, maka untuk benar-benar memastikan penyebab penyakit kuning, biasanya dokter dapat melakukan pemeriksaan atau tes lanjutan, seperti pemeriksaan darah, tes urin, biopsi hati, dan pemeriksaan melalui gambar.

Gejala Penyakit Kuning

Selanjutnya mari kita membahas gejala-gejala apa saja yang akan dialami apabila menderita penyakit kuning, bisa Anda temukan di bawah ini:

  • Warna urine kuning
    Kondisi ini termasuk gejala umum dari penyakit kuning. Perubahan warna urine ke kuning tua diakibatkan karena penurunan asupan air yang terkonsentrasi di urine.
  • Perut terasa nyeri
    Rasa nyeri di perut juga merupakan gejala penyakit kuning. Biasanya rasa nyeri terjadi di bagian sisi perut khususnya di bagian bawah dari tulang rusuk, tersambung hingga bagian pinggul sebelah atas. Dikarenakan kerusakan sel hati maupun batu empedu.
  • Mata dan kulit berubah kuning
  • Nafsu makan berkurang
  • Gatal

Alternatif Herbal untuk Mengobati Penyakit Kuning

Berikut Beberapa makanan terbaik untuk menyembuhkan penyakit kuning dengan cepat.

Jus Lobak
Jus Lobak memiliki kapasitas untuk membuang kelebihan bilirubin dari darah dan hati. Mengonsumsi 2 sampai 3 gelas jus lobak setiap hari akan membantu penyembuhan sakit kuning.
 
Ketumbar
Rendam biji ketumbar dalam air selama semalam dan minum air sarinya di pagi hari. Air ketumbar  membantu untuk membuang racun dari hati Anda.

Barley

barley bantu atasi penyakit kuning

Barley memiliki sifat diuretik yang sangat baik dan yang membantu untuk membasuh semua kelebihan bilirubin dari tubuh.

Jus Tomat
Tomat adalah salah satu type bahan makanan yang dapat menjadi sumber likopen yang bagus bagi kesehatan darah di dalam tubuh manusia.

Dengan rajin minum jus tomat setiap pagi hari maka bisa membantu dalam memulihkan kesehatan organ hati Anda. Buah tomat juga memiliki vitamin C dan antioksidan yang tinggi, jadi benar-benar bagus untuk proses penyembuhan dan juga kesehatan organ hati. Buah tomat juga memiliki rasa yang manis dan enak sehingga tidak enek untuk diminum setiap hari.

Daun kemangi

daun kemangi bantu atasi penyakit kuning

Daun kemangi / basil adalah obat alami untuk membawa fungsi hati kembali normal. Haluskan daun kemangi segar 4-5 lembar dan minum sarinya setiap pagi.

Jus Lemon
Lemon adalah salah satu yang terbaik de-toxifiers. Peras lemon dan ambil air sarinya, minum saat perut kosong setiap pagi untuk membersihkan sistem metabolisme tubuh anda.

Nanas
Nanas adalah buah detoks lain yang membantu untuk membersihkan sel-sel hati. Nanas merupakan salah satu makanan untuk menyembuhkan penyakit kuning dengan efektif.

Jus Tebu

air sari tebu bantu atasi penyakit kuningus Tebu adalah suatu keharusan ketika Anda menderita penyakit kuning. Air tebu memiliki kandungan energi tinggi yang mempercepat proses pemulihan.

Curd
Curd sangat mudah dicerna dan memberikan perut beberapa materi probiotik. Curd membantu bakteri baik dalam perut Anda tumbuh.
Bagi Anda yang belum terkena penyakit kuning, jagalah kondisi tubuh sebaik mungkin agar jangan sampai kena penyakit ini. Berolahraga secara teratur, membatasi konsumsi alkohol, dan menjaga berat badan penting dalam upaya mencegah penyakit kuning.

 ——————————————————————————————

Untuk Pemesanan Produk / Pendaftaran member / Afiliasi hubungi 

Iwan Ahmad Sholihin

TEL / WA / SMS : 0812 8899 7471

Kota :Bekasi Suport seluruh kota di Indonesia
https://www.facebook.com/iwanasmulia

Untuk Pemasangan iklan / menjadi pemosok produk sehat organik silahkan Hubungi Kami



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


Organik Detox 15 Hari Rp 1.071.000,-

Hubungi

Iwan Ahmad Sholihin

TEL / WA / SMS : 0812 8899 7471
https://www.facebook.com/iwanasmulia 

PRODUK SEHAT ORGANIK

gfo melilea greenfield organic Melilea Greenfield Organic 16oz

Harga Special
Rp 539.000,-

gfo melilea greenfield organic Melilea Greenfield Organic 4oz

Harga Special
Rp 157.300,-

Susu kedelai melilea Susu Kedelai Melilea 500gr

Harga Special
Rp 55.000,-

Apple Melilea Melilea Apple Orchard 400gr

Harga Special
Rp 132.000,-

skin care melilea Melilea Skin care , kosmetik melilea
kami berikan Harga Special

Tutorial