Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

 

Wasir adalah pembengkakan yang terjadi pada bibir anus. Jika terlampau parah pembengkakan ini bisa menimbulkan pendarahan. Jika kondisi ini terus berlangsung penderita wasir akan banyak kehilangan darah sehingga bisa menyebabkan anemia. Umumnya gejala yang dirasakan pertama kali adalah muncul bintil merah disekitar anus, rasa perih dan pedih ketika selesai BAB, bahkan mengeluarkan lendir dan sakitnya bisa menjalar sampai ke punggung. Untuk itu, jika mengalami gejala seperti itu perlu dilakukan penanganan secara intensif agar wasir cepat di atasi. Ada beberapa tumbuhan yang ampuh mengobati wasir secara alami.

Penyebab, Gejala dan Tanda Tanda Sakit Wasir Atau Ambeien

Penyebab ambeien sebenarnya belum diketahui secara pasti oleh paramedis, tetapi berkembang isu di masyarakat bahwa ambeien disebabkan oleh beberapa hal, misalnya :
* Ada Penekanan aliran darah vena
* Bisa Juga Karena Faktor Keturunan
* Kurang Aktifitas dan berolahraga
* Memiliki Riwayat sembelit/konstipasi saat BAB
* Mengalam Sakit Diare Berkepanjangan
* Pekerjaanya Sering duduk seharian
* Perubahan hormon esterogen pada wanita hamil
* Pola makan yang Tidak Teratur ( pedas dan bersantan, minum alkohol dan soda )
* Sering Mengangkat Beban Berat

Dari beberapa sebab tersebut yang dapat mempengaruhi resiko ambeien ini dapat menimbulkan suatu gejala tertentu. Pada beberapa tanda-tanda itulah yang menjadikan seseorang memiliki resiko dari wasir ini. Dimana ciri-ciri resiko penyakit ini antara lain ialah:

  • Terdapat benjolan kecil di sekitar area dubur. Gatal-gatal bahkan terkadang nyeri di daerah sekitar anus.
  • Adanya buang air besar yang tercampur dengan darah.
  • Adanya darah yang menetes pada bagian anus.
  • Merasa tidak nyaman bilamana harus duduk berlama-lama.

Agar lebih mendapatkan kepastian dari resiko ini, selain merasakan beberapa gejala tersebut, akan ada proses pengecekan lagi yang lebih valid. Pengecekan kesehatan ini bisa diserahkan kepada dokter yang lebih ahli. Hingga pada nantinya dapat diketahui dengan pasti akan ada tidaknya penyakit ambeien itu.

Cara Mengobati Ambeien/Wasir

Bilamana memang terdeteksi penyakit ini, pengobatan segera jauh lebih baik. Cara yang tepat untuk membantu proses penyembuhannya ini adalah:

  1. Menggunakan tanaman lidah buaya yang dijadikan sebagai jus, kemudian dicampurkan dengan bubuk gambir dan norit secukupnya. Aduk merata dan oleskan pada bagian dubur tersebut.
  2. Mengkonsumsi tanaman lidah buaya yang diracik menjadi jus, lalu ditambahkan air putih dan madu.

Selain pada perawatan dengan tanaman lidah buaya, terdapat beberapa pengobatan lain yang ampuh. Dimana pada perawatan ini termasuk dari luar yaitu menjaga tindakan diri yang digunakan untuk merawat serta membantu proses penyembuhan agar semakin cepat. Dalam proses treatment ini antara lain ialah:

  • Menjaga serta menerapkan pola hidup sehat.
  • Menjaga kebersihan daerah inti, terutama bagian anus.
  • Hindari tindakan yang terlalu sering untuk menahan buang air kecil dan buang air besar.
  • Rajin membersihkan daerah anus setelah buang air besar.

Terdapat berbagai proses pilihan yang dimanfaatkan sebagai obat wasir tradisional. Obat yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Seperti yang diketahui bahwa obat yang alami itu jauh lebih efektif dan lebih baik bagi proses penyembuhan diri dari suatu penyakit. Begitu juga pada resiko ambeien ini, bisa ditangani lebih cepat akan lebih baik. Terlebih bilamana proses perawatan dilakukan secara rutin dan teratur, bisa membuat hasil atau kesembuhan yang lebih mudah.

Obat Ambeien/Wasir Tradisional

Menggunakan bahan-bahan alami merupakan salah satu jalan penyembuhan yang bisa diracik sendiri tanpa harus mencampurkan dengan bahan kimia, dan bahan-bahan tersebut, ialah:

Daun sirsak
Daun sirsak sangat baik bagi kesehatan tubuh karena kandungan yang dimilikinya ini dapat menghilangkan bengkak pada anus atau ambeien. Cara dari treatment ini ialah dengan memilih beberapa lembar daun sirsak, lalu dicuci sampai bersih. Tambahkan sedikit air bersama beberapa lembar dari daun sirsak untuk dipanaskan hingga matang. Setelah itu, air disaring dan bisa dikonsumsi dalam keadaan hangat. Mengkonsumsi minuman herbal ini, sebaiknya rutin setiap pagi. Dengan proses yang teratur memberikan peluang semakin besar untuk sembuh dengan segera.

Kulit manggis
Menggunakan kulit manggis sebagai pengobatan ambeien yang alami ini, dapat diterapkan seperti menggunakan daun sirsak. Yaitu pada proses pemilihan kulit manggis yang telah dicuci dan dimasak bersama beberapa air. Masak sampai matang dan bisa disajikan sebagai obat wasir yang ampuh. Pada pola pengonsumsian ini juga harus rutin, seperti pada setiap pagi hari.

Akar Jeruk Nipis
Ambillah akar jeruk nipis secukupnya lalu dicuci sampai bersih. Panaskan bersama air putih hingga mendidih. Saat air tersebut matang, biarkan terlebih dahulu hingga dingin. Saring air dan minum setiap satu gelas saja dalam sekali minum. Bilamana masih tersisa, bisa diminum pada waktu berikutnya.

Daun Jambu Biji
Dari hari ke hari, sepertinya mata kita semakin terbuka, seolah-olah manfaat daun jambu biji ini tak ada habisnya. Baru tadi kita membahas salah satu obat untuk sakit perut menggunakan daun jambu biji. Sekarang, kita harus menggunakan daun jambu biji untuk mengobati ambeien. Caranya cukup mudah, ambil pucuk daun jambu biji secukupnya, lalu ditumbuk bersama dengan sebuah pisang batu. Peras airnya lalu diminum.

Bawang Putih
Sama seperti daun jambu biji, manfaat bawang putih juga seolah tak ada habisnya. Tadi, kita sudah memanfaatkan bawang putih sebagai obat untuk meredakan sakit pinggang, sekarang kita akan menggunakan bahan yang sama untuk mengobati wasir. Ambil beberapa siung bawang putih, kupas dan haluskan. Oleskan ramuan tersebut pada sekitar anus. Lakukan secara rutin setiap hari sampai sembuh.

Tanaman Pegagan/Kaki Kuda
Tanaman pegagan atau sering disebut juga sebagai kaki kuda, merupakan tanaman rumput liar yang biasa tumbuh di kebun dan pekarangan rumah. Meski begitu, ini merupakan tanaman berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Termasuk mengobati ambeien. Satu genggam tanaman pegagan beserta akarnya dicuci bersih. Rebus dengan 2 gelas air selama 5 menit. Setelah dingin, airnya disaring dan air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari, sebanyak 1 gelas setiap kali minum.

Daun Komfrey
Pilih daun komfrey yang telah dicuci sampai bersih, lalu dicampurkan dengan garam dan diremas-remas. Daun dan garam ini bisa dikonsumsi sebagai menu lalapan, cukup sehari satu kali saja secara rutin. Bila tak suka dengan lalapan, bisa merebus daun konfrey sampai matang, diamkan sampai dingin, lalu minum satu gelas saja, sisanya untuk waktu selanjutnya. Dalam artian satu kali minum hanya satu gelas saja.

Daun Sosor Bebek
Sosor bebek merupakan salah satu tanaman hias yang bermanfaat untuk mengobati ambeien. Ambil 50 lembar daun sosor bebek, cuci bersih lalu dikeringkan. Setelah benar-benar kering, lalu ditumbuk hingga halus. Ambil bubuk daun sosor bebek sebanyak 1 sendok makan, lalu seduh dengan 3/4 gelas air panas. Aduk dan diminum selagi hangat. Lakukan pengobatan ini 3 kali sehari sampai sembuh. Agar rasanya lebih enak, bisa menambahkan 1 sendok makan madu ke dalam air seduhan.

Tanaman Adas
Adas merupakan tanaman yang tumbuh di daerah pegunungan atau tempat berhawa sejuk. Bersama bahan-bahan lainnya, adas dapat mengobati masalah ambeien atau wasir. Siapkan dulu bahan-bahannya berupa 3 sendok teh adas, 5 pucuk daun jambu klutuk, 10 cm pulasari. Semua bahan dicuci bersih dan dimemarkan. Rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal 1 gelas. Minum air rebusan ramuan tersebut 2 kali sehari, tiap pagi dan malam.

Daun Wungu/Handeuleum
Daun wungu atau biasa disebut handeuleum oleh orang Sunda, tercatat sebagai obat tradisional untuk mengobati bisul. Tapi bisa juga digunakan sebagai obat ambeien. Caranya, rebus 15 lembar daun handeuleum, 1 ruas jari kunyit dan sedikit gula aren dengan 4 gelas air hingga tersisa kira-kira 2 gelas. Saring air rebusan tersebut lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas setiap kali minum.

Daun Iler/Jawer Kotok/Miana
Daun iler mirip dengan daun wungu, dan ternyata keduanya sama-sama berkhasiat untuk mengobati ambeien. Sediakan 17 helai daun iler, 7 helai daun handeuleum (wungu/ungu), dan 1/2 cangkir daun pegagan/antanan gede. Semua bahan dicuci bersih kemudian dihaluskan dan tambahkan 1/2 gelas air, aduk rata. Saring airnya, lalu minum ramuan tersebut 1 kali sehari.

Lempuyang Wangi
Tanaman lempuyang bisa digunakan untuk mengobati cacingan pada anak. Tapi ada juga yang menggunakannya sebagai obat sakit maag tradisional. Dan kali ini kita juga akan memanfaatkan tanaman herbal ini untuk menagtasi penyakit ambeien. Ambil 3/4 jari lempuyang kemudian dicuci bersih dan diparut. Tambahkan 2 sendok makan air matang dan garam secukupnya. Peras airnya, lalu minum 2 kali sehari sebanyak 1 sendok makan sekali minum.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

Ciri-Ciri Terjadinya Ambeien
Gejala awal penyakit ambeien tidak serta merta langsung keluar benjolan. Namun saat kondisi sudah parah, ambeien itu bisa memunculkan benjolan di sekitar anus. Berikut ini ciri-ciri seseorang yang terkena ambeien :

  1. Tahap awal, penderita yang mengalami penyakit ini akan mengalami pendarahan saat buang air besar. Sehingga feses akan disertai dengan darah. Dalam tahap ini benjolan belum ditemukan di rektum.
  2. Tahap kedua, benjolan sudah muncul dan mulai teraba. Namun benjolan tersebut masih bisa kempes dengan sendirinya tanpa melalui pengobatan.
  3. Tahap ketiga, benjolan muncul namun belum terlalu besar sehingga bisa masuk ke dalam anus menggunakan bantuan tangan saja.
  4. Tahap terakhir, dari penyakit ini adalah benjolan disertai dengan pembekuan darah di dalam anus. Akibatnya BAB jadi terganggu dan terasa menyakitkan.
Bahaya Ambeien

Jangan menyepelekan penyakit ambeien, jika tidak diobati penyakit ambeien akan semakin berbahaya bagi tubuh. Penderita akan mengalami pendarahan yang semakin banyak dan ambeien akan sulit diobati. Selain mengganggu BAB, ambeien yang tidak segera diobati akan merusak pembuluh darah di anus dan sekitarnya sehingga kinerja usus besar akan terganggu. Pendarahan yang sering akan membuat penderita terkena anemia.

Makanan Pantangan Ambeien

Banyak makanan pantangan ambeien, karena makanan yang diserap oleh tubuh akan dikeluarkan menjadi feses dan lewat anus. Jika anus bermasalah tentunya penderita harus menghindari makanan yang bisa memperparah kondisi tersebut.
Berikut ini berbagai macam pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita ambeien :

1. Cabai Dan Sambal
Bahaya makanan pedas seperti cabai dan sambal memiliki rasa yang kuat. Rasa pedas yang dihasilkan akan membuat penderita ambeien merasakan kesakitan ketika BAB. Pendarahan yang terjadi di anus akan diperparah dengan kandungan capsicum yang terkandung di dalam cabai.

2. Makanan Asam
Makanan asam juga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita ambeien. Rasa asam yang dihasilkan dari makanan asam tersebut akan menghasilkan rasa perih ketika BAB. Kurangi konsumsi makanan tersebut harus dikurangi dan dihindari. Makanan asam juga merupakan makanan pantangan asam lambung.

3. Makanan Tidak Beserat
Makanan yang keras dan tidak berserat sangat tidak baik untuk penderita ambeien, alasannya adalah makanan yang tidak berserat akan membuat feses menjadi keras. Anus yang sudah luka akan kesulitan mengeluarkan feses tersebut. Penderita akan merasakan kesakitan ketika mengeluarkan feses yang keras.

4. Makanan dengan Serat Berlebihan
Banyak orang menyarankan untuk melancarkan pencernaan harus mengkonsumsi makanan kaya serat yang cukup. Namun apa jadinya jika yang dikonsumsi adalah serat yang berlebihan? Berikut ini penjelasannya :

  • Serat yang berlebihan akan menumpuk pada usus, sehingga serat massal telah dibentuk di usus.
  • Penumpukan serat itu, akan membuat feses dengan ukuran besar yang akan dikeluarkan oleh anus.
  • Anus harus bekerja lebih keras untuk mengeluarkannya. Untuk mengejan saja sakit, bagaimana jika mengejan dengan kekuatan yang lebih. Rasanya akan sangat menyakitkan.
  • Jangan mengambil supplemen serat, sebab supplemen akan memperparah kondisi anus.

5. Obat Pencahar
Meski terlihat sebagai ide yang bagus, ternyata obat pencahar tidak bisa dijadikan penolong untuk penderita wasir maupun ambeien. Alasannya adalah sebagai berikut ini :

  • Obat pencahar memberikan efek yang menyakitkan pada wasir.
  • Obat pencahar memiliki kandungan asam yang tinggi.
  • Asam pada obat pencahar membuat tinja asam. Tinja asam akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan rasa sakit pada anus.
  • Obat pencahar dikonsumsi dalam waktu yang lama bisa menimbulkan sembelit.
  • Obat pencahar dengan sifat diuretiklah yang akan menimbulkan sembelit. Alasannya adalah meminum obat itu dalam waktu yang lama bisa membuat tubuh kekurangan cairan. Sehingga akan dehidrasi dan terkena sembelit.

6. Makanan Panas
Makanan yang Anda makan dalam kondisi panas akan memberikan kontribusi berupa rasa panas di perut dan juga di anus.

7. Biji-Bijian
Biji-bijian merupakan makanan yang kurang akan serat dan nutrisi. Nutrisi dan serat tersebut, bermanfaat dalam pencernaan dan juga BAB. Satu biji yang dimakan bisa berhenti di perut atau usus dalam sementara waktu. Biji yang terhenti akan menyebabkan sakit perut dan sembelit. Biji-bijian juga membuat pembengkakan wasir semakin parah.

8. Makanan Olahan
Sama halnya dengan biji-bijian, makanan olahan termasuk dalam makanan yang berbahaya bagi penderita wasir. Makanan olahan bisa menyebabkan sembelit serta ambeien pada penderita wasir. Makanan yang harus dihindari adalah :

  • Makanan beku
  • Makanan cepat saji
  • Permen kemasan
  • Makanan kaleng

Makanan tersebut akan menimbulkan peradangan pada penderita wasir. Akibatnya pembuluh darah juga akan meradang. Wasir atau ambeien pun akan semakin menjadi sakitnya.

9. Makanan dengan Garam Berlebih
Selama ambeien mengalami pendarahan, garam bisa menjadi makanan yang berbahaya. Garam bisa memicu dehidrasi bagi seseorang dan menyebabkan sembelit. Jika dehidrasi tubuh akan kekurangan cairan. Akibatnya orang yang mengkonsumsi makanan banyak garam akan menyebabkan ambeien.
Selain itu, bahaya garam bagi sembelit adalah berikut ini :

  • Melambatkan sistem pencernaan karena membuat makanan sulit dicerna.
  • Pergerakan makanan di usus terasa menyakitkan.
  • Penumpukan garam di dalam tubuh menyebabkan kembung.
  • Penumpukan garam membuat wasir menjadi lebih bengkak, besar dan sensitif.

10. Makanan Berminyak
Makanan berminyak dan melalui proses penggorengan yang lama membuat makanan yang mengandung kolesterol dan lemak jenuh. Makanan yang lama digoreng akan memperburuk ambeien dalam dua cara yaitu :

  1. Melambatkan sistem pencernaan terutama makanan berat yang sulit dicerna
  2. Minyak tertentu untuk menggoreng makanan misalnya minyak nabati, minyak jagung, kedelai dan rapeseed bisa menyebakan kerusakan dinding usus. Kerusakan dinding usus akan membuat wasir terasa lebih menyakitkan.

11. Buah Mentah
Buah mentah tidak boleh dikonsumsi karena buah mentah sulit dicerna, sehingga akan menyebabkan pencernaan terganggu.

Minuman Pantangan Penderita Ambeien

Berikut ini ada berbagai macam minuman pantangan ambeien yang tidak boleh dikonsumsi :

1. Susu
Susu memiliki kontribusi dalam memberikan ketidaknyamanan bagi penderita ambeien. Hal itu dikarenakan susu bisa memproduksi gas di dalam tubuh atau perut. Jika gas sudah diproduksi dalam perut akibatnya adalah rasa sakit dan kram perut yang menyakitkan.
Banyak produk susu yang mengandung asam lemak sehingga di dalam usus bisa mengikat kalsium, namun akibatnya adalah tinja lebih keras dan sembelit.

2. Alkohol
Bahaya alkohol bisa menyebabkan dehidrasi, jika sudah dehidrasi orang akan terkena ambeien. Konsumsi alkohol dalam jumlah besar bisa menyebabkan pencernaan menjadi terganggu.

3. Kopi
Kopi adalah minuman yang paling lezat di pagi hari, namun kopi bisa menimbulkan penderitaan bagi penderita ambeien. Bahaya kopi bisa menyebabkan sembelit pada usus. Konsumsi kopi yang berlebih bisa membuat penderitaan bagi penderita ambeien.

Aktivitas Pantangan Ambeien

Banyak aktivitas larangan yang tidak boleh dilakukan penderita ambeien. Hal itu dikarenakan aktivitas tersebut dapat membuat ambeien akan semakin parah. Aktivitas larangan itu adalah :

1. Mengejan Terlalu Keras – Mengejan terlalu keras akan membuat penderita merasakan kesakitan. Mengejan juga bisa membuat bengkak semakin besar.

2. Lama Jongkok Di Wc Jongkok – Terlalu lama jongkok di WC jongkok menyebabkan ambeien menjadi semakin parah. Hal itu dikarenakan terlalu lama jongkok bisa membuat pembengkakan pembuluh darah di daerah dubur semakin besar. Jika susah BAB, sebaiknya jangan dipaksakan mengejan terus-terusan.

3. Terlalu Lama Duduk Di WC Duduk – Terlalu lama duduk di WC duduk bisa membuat tekanan pada dubur semakin meningkat. Akibatnya adalah dubur akan semakin melebar dan membengkak.

4. Merokok – Bahaya merokok bisa menyebabkan ambeien semakin parah, hal itu dikarenakan rokok mengandung zat-zat berbahaya yang tidak baik untuk usus. Bagi yang sedang ambeien, sebaiknya jangan merokok karena merokok adalah pantangan ambeien.

Mengatasi ambeien akan lebih mudah bilamana diterapkan secara rutin dan seimbang, dimulai dari perawatan dari dalam dan dari luar. Terlebih lagi dalam tindakan untuk menjaga dan menerapkan pola konsumsi atas menu makanan yang berserat. Hal ini bertujuan untuk menjadikan proses buang air besar menjadi ringan dan lancar. Menjaga pola nutrisi juga baik bagi proses penyembuhan ambeien ini.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*