Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian

Keinginan seorang ibu untuk mengkonsumsi beberapa makanan ketika hamil atau lebih sering dikenali dengan sebutan ngidam terkadang membuat kewalahan. Keinginan mengkonsumsi beberapa jenis makanan ketika Anda sedang hamil memang wajar terjadi akan tetapi Anda juga harus memperhatikan pengaruh makanan tersebut untuk kesehatan Anda dan janin.

Pada umunya beberapa jenis makanan yang dipantang untuk ibu hamil adalah makanan yang berbahan dasar ikan yang mentah atau dimasak setengah matang, makanan berbahan susu dan keju yang tidak melalui pasteurisasi, minuman yang mengandung alkohol dan yang terakhir adalah membatasi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh.Bagaimana dengan buah durian, betulkah ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi buah durian karena berpengaruh pada kesehatan janin?

Durian memang buah yang enak, tekstur dagingnya yang lembut serta aromanya yang khas membuat pecinta durian banyak di antara masyarakat. Tidak jarang banyak wanita juga menyukai memakan durian, mereka tidak takut jika mulutnya bau dengan durian. Lalu bagaimana dengan wanita hamil? bolehkah mereka memakan durian saat sedang hamil? Durian bagi wanita hamil memang buah yang menjadi pro dan kontra, ada yang menganggap memakan durian boleh-boleh saja saat hamil asalkan dalam porsi yang wajar, ada pula yang menganggap memakan durian benar-benar tidak boleh saat hamil sebab membahayakan. Aman dan tidaknya durian dimakan saat hamil akan dibahas dalam artikel berikut ini.

Durian merupakan pantangan makanan ibu hamil dikarenakan kandungan yang ada di dalam buah durian itu sendiri. Durian tinggi glukosa, kalori, senyawa asam arachidonat, tinggi akan alkohol dan tinggi kolesterol. Segala sesuatu tidak akan dilarang jika tidak ada penyebabnya, alasan durian dilarang dikarenakan ada kandungan di dalam buah durian tersebut yang dilarang masuk ke dalam tubuh ibu hamil. Kandungan bahaya alkohol yang ada di dalam buah durian tersebutlah yang tidak boleh masuk ke dalam  tubuh ibu hamil, senyawa arachodonat juga berbahaya bagi ibu hamil. Efek kandungan alkohol dalam buah durian sama membahayakannya dengan  minuman alkohol.

Tentang durian untuk ibu hamil

  • Pada ibu hamil tidak dilarang untuk mengkonsumsi buah durian, asalkan dalam takaran yang wajar. Jika ibu hamil hanya daging durian tidak lebih dari 3 biji, manfaat yang ada pada durian tetap baik dan bisa menjaga kesehatan ibu hamil.
  • Tetapi disarankan ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi durian selama masa kehamilan, durian mempunyai sifat panas dan dapat merusak organ organ tubuh.
  • Efek panas yang dihasilkan adalah dari kandungan gas, soda, glukosa, kolesterol dan alkohol yang ada didalamnya. Masih banyak pilihan buah buahan yang lebih aman dan tidak menimbulkan masalah bagi kesehatan janin.

Kandungan Gizi

Kandungan gizi yang ada pada buah durian :

  • Zinc, untuk menjaga kesehatan organ mata dan jaringan kulit
  • Fosfor, mampu menjaga fungsi otot dan saraf agar tetap stabil
  • Magnesium, mengatur tingkat kadar gula dalam darah agar tetap normal
  • Kalsium, manfaat kalsium dapat meningkatkan kekuatan dan  kepadatan tulang serta persendian
  • Lemak yang berguna untuk cadangan energi ketika tubuh dalam keadaan dehidrasi.
  • Asam amino triptofan, dapat mencegah insomnia dan meningkatkan kesehatan saraf
  • Karbohidrat, untuk melancarkan proses metabolisme dan melindungi kesehatan jaringan sel
  • Flavonoid, dapat mengurangi kerusakan sel dan sebagai penetralisir efek buruk radikal bebas
  • Protein,dapat mengangkut oksigen dalam otot dan menjaga daya tahan tulang serta kulit
  • Serat, dapat mencegah terjadinya batu ginjal dan batu empedu dan melancarkan buang air besar
  • Asam folat, manfaat asam folat untuk pembentukan sel darah merah agar terhindar dari munculnya sel sel kanker
  • Potassium, dapat mengatur keseimbangan keasaman dalam tubuh dan mengoptimalkan fungsi ginjal
  • Zat besi, Membantu pembentukan hemoglobin dengan cepat dan melindungi fungsi otot seluruh tubuh

Berikut ini bahaya durian bagi ibu hamil yang harus diketahui :

1. Bayi Lahir Secara Prematur
Ibu tentu saja tidak ingin melahirkan bayi prematur? Oleh sebab itu, ada baiknya ibu membatasi konsumsi durian. Durian yang dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan bayi lahir secara prematur. Bayi prematur tentu saja tidak boleh disepelekan, selain peluang hidupnya sedikit, bayi prematur akan terkena komplikasi misalnya saja adalah komplikasi paru-paru, jantung dan masih banyak lagi lainnya.

2. Keguguran
Ibu yang sedang hamil muda dilarang keras untuk mengkonsumsi durian. Hal itu dikarenakan kandungan alkohol di dalam durian tersebut bisa mengakibatkan rasa panas di dalam perut atau rahim. Sudah dijelaskan sebelumnya jika janin yang ada di dalam kandungan tidak bisa bertahan dengan suhu tubuh yang panas. Suhu tubuh di dalam rahim yang panas akibat memakan durian tidak bisa diterima oleh janin yang ada di dalam kandungan, akibatnya adalah janin tersebut akan menggugurkan diri. Ibu pun akan mengalami keguguran.

3. Kontraksi
Efek habis memakan durian bisa memicu ibu mengalami kontraksi pada perutnya. Penyebabnya adalah senyawa bernama asam arachidonatlah yang merangsang pembentukan prostaglandin. Dimana senyawa itu mampu memicu kontraksi pada ibu yang sedang hamil. Kontraksi tersebut merupakan salah satu tanda akan melahirkan, jika ibu hamil belum saatnya melahirkan ada baiknya ibu segera memeriksakan diri ke bidan atau dokter.

4. Cacat Janin
Alkohol dalam durian jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menjadi penyebab janin cacat dalam kandungan. Kandungan alkohol yang tinggi pada durian secara perlahan tapi pasti akan merusak organ-organ penting janin, alkohol juga akan menghambat pertumbuhan organ janin. Jika organ vital janin terhambat pertumbuhan dan perkembangannya, janin akan memiliki organ yang tidak berfunsgi dengan maksimal. Organ yang tidak maksimal tersebut menyebabkan janin menjadi cacat.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

5. Mengalami Diabetes
Ibu yang mengkonsumsi terlalu banyak durian bisa terkena diabetes. Alasannya sangat simpel sekali, hal itu dikarenakan kandungan glukosa yang tinggi di dalam durian tersebut, bisa menyebabkan ibu diabetes. Diabetes adalah penyakit yang tidak boleh disepelekan sebab diabetes bisa memicu komplikasi kehamilan dan komplikasi saat proses persalinan. Jika sudah terkena diabetes, ibu yang akan kontrol kehamilan disuruh untuk selalu mengecek kadar gula darah di dalam tubuhnya.

6. Mengalami Hipertensi
Durian bisa menyebabkan hipertensi dalam kehamilan. Hal itu dikarenakan di dalam durian mengandung kolesterol tinggi. Kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh ibu hamil bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Pembuluh darah yang menyempit bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

7. Mengalami Kolesterol
Ibu yang sedang hamil tidak boleh menyepelekan penyakit kolesterol sebab, penyakit kolesterol bisa diturunkan ke janinnya. Orang yang terkena kolesterol bisa mengakibatkan nyeri badan sehingga tubuh ibu hamil akan terasa tidak nyaman. Kolesterol sendiri bisa memicu penyakit komplikasi lainnya misalnya saja jantung bahkan stroke. Kolesterol bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga aliran darah menuju jantung tidak lancar, tidak hanya itu saja kolesterol bisa menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras karena penyempitan pembuluh darah.

8. Mengalami Preeklamsia
Ibu hamil yang selalu mengalami hipertensi akibat makan durian bisa membuat ibu hamil terkena preeklamsia. Preeklamsia itu bisa ditandai dengan pembengkakan muka dan tangan ibu. Preeklamsia yang sudah parah bisa membuat seluruh tubuh ibu hamil mengalami penbengkakan. Pre eklamsia yang tidak segera diatasi bisa menyebabkan janin yang meninggal dalam kandungan dan kematian ibu.

9. Bayi dengan Berat Badan Besar
Kandungan kalori yang tinggi pada buah durian memungkinkan bayi akan mengalami berat badan yang besar. Kandungan glukosa yang tinggi pada durian juga bisa menyebabkan bayi di dalam kandungan memiliki berat badan besar. Jika sampai itu terjadi, kemungkinan untuk melahirkan normal sedikit sekali. Berat badan bayi yang besar memungkinkan ibu yang sedang hamil untuk melahirkan secara operasi caesar.

10. Janin Kekurangan Oksigen
Penyempitan pembuluh darah membuat aliran darah serta aliran oksigen di dalam tubuh ibu hamil tidak lancar begitu pula ke tubuh bayi. Hal tersebut bisa menyebabkan janin yang ada di dalam kandungan kekurangan oksigen. Jika janin kekurangan oksigen, janin akan lemas berada di dalam rahim ibu sehingga gerakannya menjadi tidak aktif.

11. Kekurangan Darah
Aliran darah ke janin yang tidak lancar membuat janin kekurangan sel darah merah. Sel darah merah tersebut sangat dibutuhkan bayi. Sel darah merah yang kurang membuat bayi terkena kelainan darah seperti anemia dan lain sebagainya. Jika bayi mengalami anemia, bayi harus mengalami transfusi darah ketika dilahirkan nanti.

Cara Mencegah Efek Buruk dari Buah Durian

  1. Makan buah manggis setelah durian – Makanlah buah manggis setelah anda mengkonsumsi durian karena kandungan gizi pada manggis mampu menetralisir efek panas yang bisa berubah menjadi racun bagi janin.
  2. Minum jus buah sirsak – Minumlah jus buah sirsak  setelah makan durian agar dapat mengendalikan  gas yang ada pada durian dil ambung anda, sehingga mencegah peningkatan asam lambung berlebih. Kandungan nutrisi yang ada pada sirsak menyehatkan organ tubuh janin dan bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan ibu hamil.
  3. Pilih durian tidak terlalu matang – Pilihlan durian yang berkulit hijau untuk dikonsumsi. Rasanya tetap lezat tetapi kadar gas, soda, glukosa, kolesterol dan bahaya alkohol didalamnya relatif sedikit.
  4. Minum air putih sebanyak mungkin – Imbangilah dengan minum air putih sebanyak-banyaknya agar organ tubuh tidak diserang oleh rasa panas. Timbunan gasnya yang akan menimbulkan sembelit dan menaikkan asam lambung.
  5. Hindari minuman beralkohol dan bersoda – Makan durian tidak boleh dibarengi dengan minuman alkohol dan minuman bersoda. Karena hanya akan mempercepat janin lahir secara prematur atau menimbulkan pendarahan yang diikuti oleh keguguran
  6. Hindari minum air kelapa dan kopi – Makan durian tidak boleh dibarengi dengan minum air kelapa dan minum kopi. Anti racun pada air kelapa akan berubah menjadi racun yang 2 kali lipat lebih berbahaya dari pada zat gas atau soda yang terkandung dalam durian. Sangat beresiko bagi perkembangan janin yang organnya sedang terbentuk.
  7. Jangan minum susu setelah makan durian – Manfaat susu bagi ibu hamil mempunyai kemampuan mentralisir racun yang ada pada tubuh misalnya pada penggunaan narkoba, tetapi tidak untuk durian. Ibu hamil atau siapa saja yang mengkonsumsi durian jangan minum susu, setelah selesai makan durian. Zat yang ada pada susu dapat berubah menjadi racun mematikan ketika berbenturan dengan kandungan gas, soda dan alkohol yang ada pada durian.
  8. Makan durian olahan – Buah durian yang sudah diubah menjadi makanan olahan akan menjalani beberapa proses pemanasan, pembumbuan dan proses pemerasan sari, sebelum menjadi makanan kemasan yang lezat dan siap disantap. Contohnya seperti Buah durian yang sudah menjadi kripik durian, ice cream durian, roti isi durian dan lain lain lebih aman dikonsumsi karena  efek gas, soda ,glukosa, kolesterol dan alkohol pada buah durian sudah berkurang akibat proses penguapan ketika pengolahan terjadi.
  9. Jangan tidur setelah makan durian –  Ibu hamil sering diserang kelelahan dan rasa kantuk yang tak dapat dihindari. Ibu hamil yang mengkonsumsi durian dalam jumlah sedikit tetap tidak diperbolehkan untuk langsung tidur walaupun rasa kantuk benar benar sulit dihindari. Dikarenakan gas yang ada pada buah durian akan cepat membuat asam lambung naik. Lebih baik berjalan jalan ringan diluar rumah atau mendengarkan musik dengan duduk santai.  Tunggulah dengan sabar selama kurang lebih 60 menit, setelah itu baru boleh beristirahat.

Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*