Bahaya Air Putih Untuk Bayi

Bahaya Air Putih Untuk Bayi

Air putih memang adalah minuman terbaik untuk tubuh manusia dibandingkan minuman jenis lain seperti susu, teh, kopi bahkan minuman bersuplemen sekalipun. Namun, apa yang baik untuk orang dewasa belum tentu baik untuk Si Mungil Anda yang belum genap berusia 6 bulan.

Pemberian air putih pada bayi akan berdampak kurang baik bagi kondisi kesehatannya. Salah satu pengaruh buruk yang ringan terhadap pemberian air putih pada bayi adalah mengurangi asupan ASI atau susu formula sehingga berdampak pada kenaikan berat badan bayi Anda. Bahkan, kondisi yang lebih berat mungkin saja terjadi pada bayi yaitu keracunan air atau intoksikasi air yang mengakibatkan bayi menjadi kejang atau koma.

Keracunan air putih pada bayi ini terjadi ketika bayi terlalu banyak minum air dan mencairkan konsentrasi sodium dalam tubuh bayi dan juga bisa mengganggu keseimbangan elektrolit dan menyebabkan jaringan membengkak. Walaupun kejadiannya tidak sering tetapi saya berharap jadi perhatian Ibu dan orang tua.

Terlalu banyak mencampurkan air putih pada susu formula bayi tidak hanya mempunyai resiko keracunan air pada bayi tetapi bayi juga akan kekurangan nutrisi karena sudah kenyang oleh air. Anda harus hati-hati ketika mencampurkan air putih dengan susu formula, baca baik-baik petunjuk dan ikuti sesuai ukuran yang ada.

Dalam beberapa kasus atau bayi menderita gastroenteritis, dokter akan merekomendasikan Anda untuk memberinya minuman elektrolit untuk mencegah dehidrasi.

Berikut 4 bahaya bila bayi diberi air putih menurut penjelasan Dr. Utami Roesli, Sp.A., MBA., CIML, IBCLC, dari Sentra Laktasi Indonesia:


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

Berikut Beberapa Bahaya Minum Air Putih Untuk Bayi Yang Berusia Dibawah 6 Bulan

Menyebabkan Infeksi Bakteri
Memberikan air putih pada bayi yang berusia dibawah 6 bulan beresiko terhadap infeksi bakteri. Terlebih lagi jika Anda tidak memperhatikan sumber air tersebut dan proses pengolahannya. Gangguan kesehatan yang mungkin ditimbulkan yaitu pada pencernaan dan terjadinya penurunan imun si kecil.
Hal ini kemungkinan diakibatkan oleh bakteri atau kuman dan mikroorganisme lainnya yang terdapat dalam air sehingga mengganggu kinerja dari system imun si kecil yang belum berfungsi secara sempurna. Maka dai itu sebaiknya hindari pemberian air putih sebab kebutuhan cairan sudah bisa terpenuhi hanya dengan ASI saja.

Mengganggu Perkembangan Otak Bayi                        
Pada usia dibawah 6 bulan, ginjal bayi belum berfungsi dengan baik sehingga jika air putih masuk maka tidak akan terjadi proses penyaringan air seni dengan baik. Hal ini tentunya akan mencemari darah dan elektrolit tubuh ikut terbuang.
Jika elektrolit banyak terbuang maka hal ini akan berdampak buruk terhadap organ-organ vital seperti paru-paru, ginjal, jantung dan bahkan akan mengganggu aktivitas otak sehingga hal ini menghmbat perkembangan otak si kecil.

Merusak Ginjal
Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa bayi dibawah 6 bulan belum memiliki fungsi organ tubuh yang baik. Jika terus-terusan diberi air putih maka hal ini berarti memaksakan ginjal untuk bekerja ekstra. Padahal sebenarnya ginjal belum memiliki kemampuan untuk hal tersebut sehingga lama kelamaan akan terjadi kerusakan.

Keracunan
Pada kondisi yang lebih parah, bisa memicu terjadinya keracunan pada bayi. Hal ini akibat sisa metabolisme yang larut dengan air tidak bisa disaraing dengan baik oleh ginjal mengingat fungsinya belum optimal.

Demikian beberapa bahaya akibat air putih pada bayi sebelum usia 6 bulan. Cukup berikan ASI saja hingga usianya menginjak 6 bulan supaya tumbuh kembang si kecil tidak terhambat.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*