19 Jenis Makanan Baik Untuk Kesehatan Ginjal

Jenis Makanan Baik Untuk Kesehatan Ginjal

Walaupun ukurannya kecil, ginjal sangat berarti bagi kesehatan kita seperti menyaring darah, menghasilkan hormon, menjaga keseimbangan asam basa dan lainnya.

Ginjal adalah suatu organ terpenting dalam tubuh yang berfungsi untu menyaring serta menghilang kanĀ  Zat-zat yang berbahaya dari darah serta ginjal berfungsi sebagai pengatur ketika racun menginduksiĀ  pemebekuan .Ketika sesorang mengalami gangguan pada ginjal orang itu mungkin akan menderita dalam buang air kecil ,nyeri,dan terasa panas. Banyak sekali faktor yang menimbulkan gangguan ginjal tetapi salah satu faktor yang paling menonjol adalah faktor makanan .

Menjaga ginjal kita selalu sehat dan berfungsi baik adalah hal yang penting. Selain sebagai organ yang berfungsi menyaring berbagai zat berbahaya bagi tubuh, keberadaan ginjal juga sangat penting untuk menunjang proses sekresi dalam tubuh sehingga setiap orang dapat melakukan berbagai aktifitas fisik seperti olahraga dan lainnya dengan nyaman dan aman. Bahkan terganggunya kesehtaan ginjal dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan, seperti dehidrasi akut hingga resiko gagal ginjal. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi jenis-jenis makanan baik untuk kesehatan ginjal.

1. Putih Telur
Disadari atau tidak, dalam setiap putih telur yang kita konsumsi ternyata memiliki kandungan protein sehat yang sangat tinggi di dalamnya, dengan kadar fosfor yang rendah. Mereka yang mengalami masalah ginjal sangat disarankan untuk mengonsumsi protein dan mengurangi asupan fosfor. Dan di antara sekian banyak sumber protein, hanya putih telur yang memenuhi kriteria tersebut. Namun begitu, kuning telur tidak disarankan bagi penderita gangguan ginjal.

2. Kembang Kol
Kembang kol kaya akan kandungan glucosinolates, indoles, dan tiosianat yang berfungsi untuk menetralisir berbagai jenis racun dari dalam tubuh. Kehadiran zat-zat tersebut tentunya meringankan beban kerja ginjal sehingga terhindar dari kerusakan dini.

3. Paprika Merah
Paprika merah sangat di rekomendasikan bagi mereka yang mengalami masalah ginjal. Berbagai nutrisi dan substance yang terkandung dalam paprika merah berfungsi penting untuk mengurai sisa limbah dalam tubuh yang berpotensi berubah menjadi racun dan pemicu gangguan kesehatan dikemudian hari. Namun begitu, tidak semua jenis paprika baik untuk ginjal dan pastikan Anda hanya memilik paprika merah sebagai salah satu makanan baik untuk kesehatan ginjal.
Orang dengan atau tanpa penyakit ginjal harus menyertakan paprika merah dalam makanan mereka. Paprika ini rendah kalium dan kaya akan vitamin (A, C dan B6), asam folat dan serat yang menjaga ginjal sehat dan juga mencegah beberapa jenis kanker.

4. Kubis
Salah satu jenis sayuran yang biasa kita temukan dalam sop ataupun capcai ini ternyata mengandung Phytochemical yang berfungsi untuk menangkap radikal bebas yang dapat merusak sel ginjal. Untuk mendapat manfaat maksimal hendaknya Anda tidak mengolah kubis hingga terlalu matang dan usahakan untuk mengukusnya saja agar kandungan pentingnya tidak hilang.

5. Ikan
Omega 3 yang terdapat dalam ikan berfungsi penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Omega 3 dibutuhkan untuk melindungi ginjal dari berbagai zat korosif serta kandungan protein dalam ikan berguna untuk meningkatkan proses regenerasi sel dalam organ ginjal itu sendiri. Adapun jenis ikan yang disarankan diantaranya salmon, herring, mackerel, tuna, dan lain-lain.


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |

6. Jus Buah dan Sayur
Beberapa jenis buah-buahan juga termasuk dalam makanan baik untuk kesehatan ginjal. Namun tidak sembarang buah, hanya buah tertentu saja yang memiliki kandungan penting untuk menjaga kesehatan ginjal seperti apel, cherry, berries, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang tidak suka mengonsumsi buah secara raw, maka bisa mengakalinya dengan membuat jus buah.

7. Bawang putih
Bawang putih merupakan makanan super yang memiliki anti-oksidan dan anti-pembekuan yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Bawang putih juga mengurangi kadar kolesterol jahat dan peradangan dalam tubuh.

8. Berries
Berries seperti stroberi, cranberry, raspberry dan blueberry sangat ramah pada ginjal. Berries mengandung anti-inflamasi yang mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kandung kemih.

9. Kecambah
Kecambah membersihkan ginjal dan mengurangi kemungkinan batu ginjal. Lebih baik dikonsumsi mentah daripada dimasak terlebih dahulu.

10. Apel
Anggur, ceri dan apel adalah buah-buahan yang sehat yang baik untuk detoksifikasi dan membersihkan ginjal. Anda harus rutin menyantap apel setiap harinya.

11. Minyak zaitun
Kita semua tahu bahwa minyak zaitun adalah salah satu minyak terbaik yang baik untuk jantung. Minyak zaitun mengandung anti-inflamasi asam lemak yang menurunkan oksidasi dan berkhasiat pada ginjal.
12. Bawang merah
Bawang dikonsumsi untuk menyembuhkan batu ginjal secara alami. Bawang merah berfungsi sebagai penawar racun dan membersihkan ginjal.
13. Ceri
Ceri kaya akan vitamin dan rendah protein. Jadi, ceri dianjurkan untuk mengurangi kadar kalium dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan ginjal.

14.Stroberry
Stroberi kaya akan dua jenis Zat fenol: anthocyanin dan ellagitannins. Anthocyananins adalah Zat yang memberi stroberi warna merah dan merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi struktur sel tubuh dan mencegah kerusakan oksidatif. Stroberi merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C dan mangan dan sumber yang sangat baik dari serat.Stroberry dikenal untuk memberikan perlindungan jantung, serta anti-kanker dan komponen anti-inflamasi.

15.Anggur merah
Anggur merah mengandung beberapa flavonoid yang memberikan warna kemerahan pada kulit anggur. Flavonoid membantu melindungi terhadap penyakit jantung dengan mencegah oksidasi dan mengurangi pembentukan bekuan darah. Resveratrol, flavonoid yang ditemukan dalam anggur, juga dapat merangsang produksi oksida nitrat yang membantu merilekskan sel-sel otot di dalam pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah. Flavonoid ini juga memberikan perlindungan terhadap kanker dan mencegah peradangan pada saluran kemih.

Itulah rangkuman tentang makanan yang baik untuk ginjal untuk selebihnya tinggal anda yang menentukan apakah anda ingin menjaga ginjal tetap sehat ataupun membiarkan nya tanpa terkontrol,serta saya saran kan anda untuk berkonsultasi kedokter jika anda ingin merubah pola makan anda secara besar-besaran ,Selain itu informasi ini hanya di gunakan untuk tujuan menambah wawasan dan kesadaran kita akan penting nya kesehatan.Tetaplah menjaga asupan makan dengan seimbang serta bergizi dapat mencegah penyakit jauh-jauh hari.
Anda bisa mengonsumsi salah satu atau beberapa dari daftar makanan di atas demi kesehatan ginjal Anda. Sayangi ginjalmu untuk kesehatan yang lebih baik.

 


Hemat Pengeluaran BBM Anda Dengan Alat Penghemat BBM Revolusioner Terbukti BBM lebih Irit sampai dengan 30%!!!, mesin lebih halus dan bertenaga....
Minicon Penghemat BBM | Cara Kerja Minicon | Testimoni Minicon |



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*